Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Akhirnya Notepad Mendapat Pembaharuan Dari Microsoft

Selama beberapa tahun, Windows telah mempunyai banyak perubahan. Akan tetapi, meskipun banyak perubahan, ternyata masih ada beberapa aplikasi bawaan sistem operasi tersebut yang hingga kini masih belum mendapatkan update.

Setelah sebelumnya Paint mendapatkan update terbaru, yaitu dengan diberikan aplikasi Paint 3D yang lebih modern dan kaya akan fitur di dalamnya. Dan kini dikabarkan jika Notepad akan turut mendapat update untuk pertama kali sepanjang perkembangan Windows selama ini.

Notepad merupakan sebuah text editor simple yang sudah ada semenjak Windows 1.0, atau sekitar tahun 1985. Fungsi Notepad dari dulu hingga sekarang masih sama. Mayoritas pengguna memanfaatkan Notepad untuk membuat tulisan pendek. Tidak jarang Notepad digunakan untuk membuka file di komputer, sekaligus melihat script di dalamnya.

Dari awal, Notepad memang dibuat tanpa proses yang rumit. Tidak ada kode bahasa pemrograman di dalamnya, sehingga Notepad hanya berjalan sesuai dengan format yang ditulis di dalamnya. Windows adalah platform yang rajin memberikan pembaharuan terhadap pengguna. Namun dari semua aplikasi bawaan yang dimiliki Windows, hanya Notepad yang tidak pernah update.

Dona Askar dan Brandon LeBlanc, sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan program Windows Insider, akhirnya berbagi daftar aplikasi yang akan update. Aplikasi tersebut antara lain, Edge PDF reader, Microsoft Edge, Windows Defender Application Guard.

Namun selain beberapa aplikasi tersebut, ada yang menarik. Karena setelah sekian lama, Notepad akhirnya hadir dalam versi update. Hal tersebut dilakukan sesuai permintaan pengguna, karena ternyata selama ini masih banyak orang yang menggunakan Notepad, baik untuk meng-edit teks sederhana atau membuat cacatan tertentu.

Sumber Gambar : Softpedia

Notepad versi baru dapat diakses bagi pengguna Windows 10 build 17713. Dibandingkan dengan dulu, Notepad hanya bisa digunakan untuk menulis dan kemudian menyimpannya. Dengan adanya pembaharuan, membuat Notepad mempunyai kemampuan lebih.

[irp posts=”45573″ name=”9 Aplikasi Menulis Alternatif MS Word Terbaik”]

Digadang-gadang Notepad mengadaptasi beberapa fitur dari Microsoft Word, seperti dapat melakukan wrap around find and replace, yaitu kemampuan mengingat nilai yang masuk sebelumnya. Hal ini akan membantu pengguna saat mengakses kotak dialog find.

Sumber Gambar : Winpoin

Sekarang pengguna dapat menyorot beberapa kata atau frasa. Kemudian saat kotak dialog find dibuka, otomatis kata yang telah disorot akan tampil di dalamnya. Kemampuan ini hampir sama dengan Microsoft Word dan WordPad.

Selain fitur wrap around find and replace, terdapat fitur text zooming. Text zooming dapat diakses dengan memilih menu View > Zoom.

Atau tekan Ctrl + Plus untuk memperbesar, dan Ctrl + Minus untuk memperkecil tulisan. Pengguna juga dapat menggunakan roda gulir pada mouse untuk text zooming.

Sedangkan Ctrl + 0 dapat digunakan untuk mengembalikan level zoom menjadi normal. Untuk menghapus kata sebelumnya, dapat dilakukan dengan menekan Ctrl + Backspace. Ini dibuat supaya pengguna bisa mengetik dan meng-edit dengan lebih cepat.

Masih ada beberapa peningkatan yang ada dalam Notepad. Misalnya seperti menampilkan nomor baris dan kolom, bahkan pada saat word-wrap diaktifkan. Notepad juga telah memiliki kinerja bagus dalam membuka file berukuran besar.

Hal tersebut wajar, karena selain untuk mengetik teks sederhana, Notepad juga sering digunakan sebagai sarana belajar HTML bagi pemula.

Sayangnya Notepad versi terbaru hanya bisa didapatkan oleh member Insider Windows 10. Sedangkan untuk pengguna seri Windows sebelumnya tidak bisa mendapatkannya. Bagi member Insider Windows Fast Ring, bisa download build terbaru. Sehingga dapat bermain dengan berbagai fitur terbaru Notepad.

    %d blogger menyukai ini: