Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Akhirya Qualcomm Resmi Umumkan Hadirnya Komputasi Snapdragon 8cx

Kali ini Qualcomm akan dipastikan  semakin mantap untuk terjun ke pasar bisnis PC. Hal ini pun dibuktikannya saat hari terakhir pagelaran Snapdragon Tech Summit 2018 kemarin.

Perusahaan asal Amerika tersebut telah resmi memperkenalkan Snapdrgaon 8cx  miliknya. Chipset ini pun menjadi patform 7nm pertama di dunia yang digunakan untuk mendukung perangkat PC.

popculture.id

SVP Compute Products Qualcomm Inc, Sanjay Mehta menyatakan, jika saat ini perangkat PC masih memiliki beberapa masalah. Mulai dari daya tahan baterai, koneksi internet, hingga keamanannya.

Sumber Gambar : Android Authority

Itulah sebabnya mengapa Qualcomm resmi memperkenalkan produk terbarunya ini untuk menunjang kemampuan PC yang lebih baik.

Berdasarkan pernyataan Senior Director Product Management, Miguel Nunes, Snapdragon 8cx ini merupakan sebuah chipset terkencang yang pernah di produksi Qualcomm.

Bahkan tak tanggung-tanggung, chipset ini adalah produk paling ekstrem yang pernah dibuat oleh Qualcomm sendiri.

Penasaran apa saja keunggulan Snapdragon 8cx ini? Yuk langsung simak ulasannya dibawah ini!

Keunggulan dari Snapdragon 8cx.

Salah satu pihak Qualcommm telah mengklaim bahwa produk terbarunya ini telah menyertakan optimasi yang jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Snapdragon 8cx ini juga telah menjadi yang terbaik di lini produk komputer Qualcomm. Jadi untuk masalah kualitas dan performanya tidak bisa diragukan lagi.

Chipet besutan Qualcomm ini tidak hanya menawarkan performa yang begitu apik, namun baterai yang tahan lama, konektivitas internet yang penuh, hingga desain perangkat tanpa kipas pun turut menjadi nilai plus dari Snapdragon 8cx ini.

Sumber Gambar : Lowyat.NET

Snapdragon 8cx didukung oleh Kryo 495, yaitu sebuah CPU tercepat yang dirancang oleh Qualcomm Technologies.

Kryo 495 ini menawarkan cache yang lebih besar dari generasi sebelumnya, yaitu sebesar 10 MB.

Dan untuk masalah GPU, Snapdragon 8cx ini telah menggunakan Adreno 860. Menurut penuturan pihak Qualcomm,GPU ini merupakan GPU paling cepat yang pernah dibuat oleh Qualcomm.

Selain itu, GPU Adreno 860 ini juga menjanjikan performa dua kali lipat lebih cepat dari generasi yang sebelumnya.

Karena chipset ini di desain khusus untuk pengguna internet yang selalu terhubung, Qualcomm akhirnya turut menyematkan model LTE X24 yang sudah mendukung gigabit LTE.

Daya Tahan Baterai Meningkat

Sumber Gambar : Digital Trends

Dan selanjutnya kita akan membahas dari sisi daya tahan baterainya. Qualcomm ternyata telah menjanjikan penggunaan baterai hingga mencapai satu hari lebih.

Snapdragon 8cx ini juga telah mendukung pengisian daya baterai yang super cepat, yaitu Qualcomm Quick Charging 4+.

Bahkan bukan itu saja, Snapdragon 8cx ini juga dilengkapi dengan teknologi audio Qualcomm Aqstic yang telah menawarkan audio bluetooth nirkabel berkualitas tinggi.

Seperti yang telah disampaikan salah satu pihak Qualcomm, produk ini juga sudah mendukung akses ke dua asisten virtual, seperti Cortana dan Amazon Alexa.

Dengan berbekal dukungan dari generasi kedua USB 3.1 Type C dan generasi ketiga PCI-E, membuka kesempatan untuk lebih banyak peripheral yang dapat terhubung.

Sumber Gambar : Expert Reviews

Perangkat yang telah dibekali dengan Snapdragon 8cx ini, juga dapat terhubung dengan dua monitor 4K HDR.

Snapdragon 8cx ini juga telah mendukung berbagai aplikasi, baik itu untuk produktivitas maupun untukk hiburan.

Dan sebagai tambahannya, sebuah peragkat dengan Snapdragon 8cx akan mendapat dukungan secara penuh dari Windows 10 Enterprise.

Untuk saat ini, Produk Snapdragon 8cx masih dalam tahap percobaan pada konsumen atau perusahaan rekaman.

Harapannya pun, produk ini akan dapat digunakan secara komersial pada kuartal ketiga di tahun 2019.

    %d blogger menyukai ini: