Cara Minta Instagram Mengenang Akun Orang yang Sudah Meninggal

Bagaimana cara minta Instagram mengenang akun orang yang sudah meninggal? Gampang banget kok. Coba saja tutorialnya di sini.

Saat seseorang meninggal? Pasti bakal banyak orang yang datang buat mengucapkan bela sungkawa ke akun Instagram-nya. Nggak cuma keluarga dekat, bahkan teman online (yang bahkan kita nggak pernah bertemu) pun mungkin bakal ikut datang mengucapkan bela sungkawa.

Buat mengenang penggunanya yang sudah meninggal, Instagram kini telah menyediakan program memorialization. Selain untuk mengenang akun Instagram orang yang sudah meninggal, program ini juga menjamin akun tersebut aman dari serangan hacker yang ingin memanfaatkannya (khususnya buat akun milik orang terkenal).

Konten apa saja yang tetap bisa dilihat orang lain? Walau sudah dikenang, akun orang meninggal akan tetap menampilkan gambar profil, foto dan video yang pernah diunggah sebelumnya, sampai komentar almarhum juga tetap bisa dilihat.

Nggak cuma itu, nama pengguna orang yang sudah meninggal juga nggak bakal muncul lagi di tempat-tempat seperti halaman Explore / Jelajahi.

Nah pertanyaannya, bagaimana cara meminta Instagram untuk mengenang akun orang yang sudah meninggal? Yuk simak caranya.

  • Hubungi Instagram lewat formulir di Pusat Bantuan Instagram (kamu nggak wajib punya akun Instagram untuk memproses permintaan memorialization).
  • Isi nama lengkap dan alamat email-mu di kolom yang tersedia.
  • Isi juga nama lengkap dan akun Instagram almarhum.
  • Unggah bukti kematian di kolom “Bukti Kematian” (bisa URL atau foto surat kematian).
  • Isi tanggal dia meninggal.
  • Kalau perlu, sertakan informasi tambahan di kolom “Informasi tambahan lainnya” (opsional).
  • Kalau sudah, klik tombol “Kirim.”
Sumber : Pusat Bantuan Instagram

Apakah Instagram pasti bakal menyetujui permintaan memorialization? Belum tentu. Itu semua tergantung seberapa akurat bukti kematian yang kamu kirimkan. Instagram berhak untuk menyetujui atau menolak permintaanmu.

Untuk mencegah laporan palsu, biasanya proses ini akan memakan waktu yang cukup lama. Kalau misalnya terjadi penundaan, sabar dulu ya. Sebaiknya kamu tunggu saja prosesnya sampai selesai, dan jangan mengirim ulang formulir.

Oke, selamat mencoba!

%d blogger menyukai ini: