3 Alasan Kenapa WiFi di HP Lemot Sendiri yang Jarang Diketahui

Indri Penulis

Penasaran nggak sih kenapa WiFi di HP kamu bisa lemot? Padahal di HP lain nggak lemot. Daripada penasaran, temukan jawabannya di sini yuk!

Zaman sekarang mayoritas orang sudah beralih dari menggunakan HP jadul ke HP cerdas alias smartphone. Nah kunci supaya smartphone bisa digunakan secara maksimal adalah dengan menghubungkannya ke internet baik lewat paket data/WiFi.

Sayangnya semua nggak semudah itu ferguso. Paket data yang habis atau WiFi lemot kadang membuat pemakaian smartphone jadi nggak sedap. Nah momen yang tambah bikin sebal adalah pas WiFi di HP kamu lemot, sedangkan WiFi di HP lain lancar jaya.

Hehe daripada emosi, yuk kita lihat alasan utama kenapa WiFi di HP kamu bisa lemot sendiri, dan gimana cara supaya kamu bisa meningkatkan kecepatan WiFi di HP.

kenapa wifi lemot di hp

Kamu Terhubung ke Jaringan yang Lambat

Salah satu alasan paling jelas kenapa WiFi di ponselmu lemot adalah karena kamu terhubung ke jaringan yang lambat. Di rumah, kecepatanmu akan terpengaruh saat aplikasi dan perangkat lain memonopoli bandwidth-mu. Streaming film, mengunduh game, atau menginstal pembaruan OS, semuanya bisa menyebabkan pelambatan dalam pemakaian internet secara umum.

Kalau di WiFi publik, kecepatan yang kamu peroleh bisa bervariasi. Apalagi kalau terhubung ke jaringan gratisan, jelas kecepatan yang kamu dapatkan bakal kecil karena sudah pasti jaringan ini bakal dipakai banyak orang.

Lalu bagaimana solusi untuk masalah ini? Kamu bisa mengatur prioritas jaringan WiFi di HP Android / iPhone-mu. Hal ini akan memaksa HP-mu untuk selalu terhubung ke salah satu jaringan pilihanmu, kapan pun kamu berada dalam jangkauan WiFi tersebut. Selain itu saat kamu mengatur prioritas jaringan, HP-mu hanya akan menjadikan WiFi gratisan sebagai pilihan terakhir.

Pakai VPN Lemot

Pernah/sering pakai VPN pas WiFi-an untuk menyamarkan identitasmu? Kalau iya, kamu perlu memperhatikan jenis VPN yang dipakai. Kenapa? Karena ada beberapa VPN yang justru bisa memperlambat koneksi internet di HP-mu.

Aplikasi VPN gratisan biasanya menawarkan kinerja yang buruk. Kalau kamu menginstal VPN gratisan, coba nonaktifkan VPN tersebut untuk sementara dan lihat hasilnya, apakah koneksi WiFi yang kamu terima berubah cepat atau nggak. Kalau berubah cepat, sebaiknya kamu ganti jenis VPN (lebih yahud kalau pakai VPN berbayar).

Ponselmu Lemot

Alasan yang terakhir ini mungkin disebabkan karena ponselmu yang sudah mulai lemot. Koneksi WiFi-mu mungkin bagus, jangkauan data selulermu sempurna, dan kamu berada di jaringan yang cepat. Tapi mungkin HP-mu tidak bisa mengikuti apa yang kamu minta.

Persyaratan sumber daya aplikasi dan situs web berjalan setiap waktu. Jadi walau kecepatan internetmu sebenarnya bagus, kamu mungkin masih menganggapnya lemot. Bisa jadi perangkat HP-mu mungkin membutuhkan waktu untuk merender halaman web, atau kesulitan menangani grafik dalam game online.

Masalah ini biasanya terjadi pada HP yang menjalankan OS jadul. Nggak cuma itu, daftar aplikasi yang kamu instal di HP juga berpengaruh lho. Terlalu banyak aplikasi yang mengunduh dan menyinkronkan data di layar belakang bisa menghabiskan terlalu banyak bandwidth, dan inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa WiFi di HP kamu bisa lemot sendiri.

    %d blogger menyukai ini: