Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Android 13, OS Anyar Idaman Pengguna TWS

Android 13, OS Anyar Idaman Pengguna TWS

Belum lama ini, Google menginformasikan kepada seluruh user android tentang update OS terbarunya, yakni Android 13 atau disebut juga Tiramisu. OS ini digadang-gadang bakal banyak sekali memberikan keuntungan terutama pada pengguna TWS.

Update pada fitur bluetooth adalah yang paling menarik perhatian saya karena baterainya yang super awet buat dengerin musik dan juga fitur-fitur tambahannya. Mungkin karena saya suka dengerin musik pakek TWS ya.

popculture.id

Lantas apa yang dihadirkan di Android 13 perihal TWS? Yuk kita simak penjelasannya.

Bluetooth LE Audio

Keunggulan Android 13 ini atas TWS adalah pada fitur optimalisasi audio nirkabel, yang kerap kali disebut dengan Low Energi Bluetooth (LE Audio) atau Audio Bluetooth Rendah Energi. Tentu saja update terbaru ini bedasarkan riset terhadap maraknya pengguna TWS.

Codec LC3

Fungsi dari LE Audio ini adalah untuk menjamin pengguna dapat menerima audio kualitas tinggi tanpa menguras tenaga baterai. Kurang lebih begini cara kerjanya, pada dasarnya yang membuat baterai lebih boros adalah streaming dengan bitrate tinggi.

Teknologi bluetooth lama (SBC) berjalan pada bitrate 240-345 kbps. Memang akan menawarkan kualitas suara jernih, tapi baterai lah yang akan menjadi korbannya.

Nah, berbeda dengan teknologi LE Audio pada Android 13, ia hanya berjalan dengan bitrate 160 kbps dengan kualitas suara yang lebih jernih. Inilah yang dinamakan teknologi codec LC3, atau disebut juga Low Complexity Communications Codec.

Multi Stream Audio

Multi-Stream-Audio

Kelebihan lain yang dimiliki Bluetooth LE Audio pada Android 13 ini adalah sudah mendukung Multi-Stream Audio.

Jika kamu termasuk pengguna TWS juga, kamu pasti tahu jika ingin mem-pairing kanan dan kiri, kedua earbud harus terpairing terlebih dahulu barulah pairing headset utama ke hape. Jadi sinkronasi kanan kiri sebenarnya bukan dari bluetoothmu, melainkan bluetooth earbud. Walhasil TWS yang menjadi penghubung akan lebih boros baterai juga.

Nah Bluetooth LE Audio lebih canggih dari itu, karena bluetooth dari hape sudah mampu terkonek ke 2 atau 3 headset dan mengirim audio secara bersamaan ke semua TWS yang terpasang.

Teknologi ini membuat kita sangat diuntungkan karena kita tidak harus membeli TWS kanan kiri dalam satu modul, melainkan bisa pakai 2 TWS yang berbeda. Fitur inilah yang dinamakan dengan Multi Stream Audio.         

Auracast

Keunggulan ketiga dari bluetooth Android Tiramisu adalah fitur Auracast, merupakan fitur yang memungkinkan para user menikmati musik tanpa harus terhubung atau terpairing. Cara kerja fitur broadcast audio ini cukup simpel, yakni scan QR Code saja. Jadi semua orang bisa menikmati siarannya tanpa batasan jumlah.


Bagaimana guys, sudah tidak sabar menunggu kehadiran si Tiramisu? Terkait kapan perilisan versi global Android 13, kita tunggu info resminya bersama ya.

    %d blogger menyukai ini: