Anima – Game Action RPG Seru Seperti Diablo

anima action rpg game android

Ada sebuah game action RPG menarik untuk Android yang bernama Anima: The Reign of Darkness. Game ini memiliki permainan seperti Diablo atau Baldur’s Gate dan, asiknya, gratis dan bisa dimainkan offline.

Diablo dan Baldur’s Gate merupakan dua nama besar di dunia game, khususnya untuk genre RPG. Keduanya menyajikan petualangan dengan cerita menarik dan permainan dungeon crawler hack ‘n slash yang seru.

Nuansa action RPG seperti itu langsung tampak ketika kita melihat game Anima ini. Ada berbagai peta yang bisa ditelusuri, musuh yang beragam (termasuk boss fight), dan perkembangan skill dan kelengkapan karakter.

Gameplay Anima

anima dungeon crawler
Permainan Anima

Saat kamu mulai bermain, kamu akan diminta menentukan basis kemampuan. Apakah skirmish (melee, petarung), sorcery (magic, penyihir), atau archery (ranged, pemanah). Masing-masing kelas memiliki kemampuan dan bonusnya sendiri.

Seperti game acrion RPG pada umumnya, kemampuan tersebut bisa dikembangkan. Baik melalui skill tree saat naik level, maupun dengan kelengkapan, seperti armor, senjata, perisai, aksesori, dll. Kelengkapan ini bisa kamu dapatkan melaluo loot ataupun berdagang.

perlengkapan hero di game anima
Kelengkapan hero

Kamu akan memulai petualangan dengan sebuah quest. Tugas ini akan bertambah seiring jalannya permainan. Melalui berbagai quest kamu akan menelusuri lebih dari 30 dungeon dan berbagai secret level.

Hands-on Anima

Boleh dibilang kalau Anima memang membawa nuansa dan elemen game action RPG klasik. Walau perkembangan permainan saya juga belum jauh, saya bisa membayangkan petualangan yang cukup panjang.

Ada satu hal yang menurut saya penting untuk disebutkan. Yaitu ritme permainan. Dengan tren game battle royale yang berkembang saat ini atau game MOBA yang juga populer, game RPG seperti ini terasa cukup lambat.

Jangan salah. Bukan berarti hal itu jelek. Hanya saja, kalau kamu lebih suka game dengan ritme secepat MOBA atau battle royale, mungkin game ini bukan permainan yang tepat untuk kamu. Tapi kalau kamu suka menelusuri berbagai wilayah, mencari loot box atau rahasia lain, game ini layak kamu coba.

Hal berikutnya yang menjadi perhatian saya adalah tampilan grafis. Yah, tampilannya memang keren dan realistis. Namun, walau tim developer menyebut kalau game ini dirancang khusus untuk perangkat bergerak (smartphone), ada beberapa elemen yang masih terlihat terlalu kecil. Misalnya teks dalam percakapan. Hm, bukan masalah besar juga sebenarnya.

Yang jelas, kalau kamu memang penggemar action RPG klasik, game Anima ini layak dicoba. Bisa jadi alternatif lain, selain Eternium, dan sambil menanti Diablo Immortal dirilis resmi. Game ini juga mendapat rating dan review bagus di Play Store, juga sering disarankan di forum r/AndroidGaming di Reddit.

Kalau berminat, silakan kunjungi Play Store melalui link di bawah ini. Gratis.

Download (Android)