Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Apa Arti Simbol di Status Bar Windows 10 Mobile?

Anom Penulis

Apakah ada yang bertanya-tanya apa saja arti simbol di di bagian atas layar handphone kita? Kali ini kami mau membahas sedikit mengenai hal itu. Tepatnya–tentu saja–mengenai simbol di status bar Windows 10 Mobile.

Di bagian paling atas layar, yang biasa disebut status bar, memang terdapat banyak simbol atau ikon. Tidak semua terlihat. Ada yang hadir secara permanen, ada yang hanya muncul dalam kondisi tertentu.

popculture.id

Selain itu, tidak semua aplikasi menunjukkan status bar handphone. Kadang ada yang menutupinya. Kita bisa melihatnya kalau menurunkan Action Center. Terkadang status bar juga akan muncul sebentar kalau ada informasi spesifik yang hadir. Biasanya seiring dengan notification toast/banner.

Secara umum, simbol di Windows 10 Mobile sudah berbeda dengan di Windows Phone 8.1. Simbol tersebut didominasi dengan bentuk garis (outline icon), dan garisnya lebih tipis.

Tiap simbol memiliki variasinya masing-masing, tergantung pada kondisi yang ada. Mari kita lihat lebih jauh arti simbol atau ikon di Windows 10 Mobile.

Simbol Sinyal Seluler

Dalam kondisi normal simbol sinyal seluler selalu terlihat. Terkadang akan muncul tanda panah di bagian kiri atas ikon sinyal seluler (lihat ikon wifi). Tanda itu menunjukkan sedang ada proses transfer data yang berjalan.

Simbol sinyal seluler akan berganti menjadi ikon airplane mode kalau mode tersebut diaktifkan. Begitu juga, ikon tersebut akan diganti dengan simbol tidak ada kartu SIM (), kalau memang kartu SIM tidak dimasukkan (atau tidak terbaca).

Selain itu, sebenarnya masih ada simbol sinyal seluler lain, yaitu saat koneksi dilakukan melalui jaringan pribadi maya atau VPN, yang akan muncul kalau kita menggunakannya.

Biasanya informasi kualitas koneksi data ini selalu terlihat. Namun terkadang tulisan ini menghilang dari sebelah simbol sinyal seluler, dan berpindah ke sebelah kanan nama provider kita. Hal ini terjadi saat kita menggunakan koneksi wifi.

Simbol Koneksi WIFI

Dalam kondisi normal, simbol wifi () tidak terlihat. Simbol ini akan nampak saat handphone terhubung dengan koneksi wifi. Seperti simbol sinyal seluler, terkadang muncul juga tanda panah di bagian kiri atas simbol wifi (lihat gambar). Hal ini menunjukkan sedang ada proses transfer data.

Simbol wifi akan berganti menjadi simbol personal hotspot () kalau mode tersebut diaktifkan, dan kita menggunakan handphone Windows untuk berbagi koneksi internet (jadi sumber wifi).

Sama seperti simbol sinyal seluler, simbol wifi juga punya variasi untuk jaringan pribadi maya atau VPN yang akan muncul kalau kita menggunakannya.

Simbol Quiet Hours

Simbol quiet hours atau waktu/jam tenang akan muncul kalau handphone memasuki waktu tenang yang sudah ditentukan. Dalam kondisi normal, simbol ini tidak terlihat.

Quiet hours diatur melalui fitur Cortana. Karena fitur Cortana belum tersedia di wilayah Indonesia, maka quiet hours beserta simbolnya tidak akan muncul.

Simbol Bluetooth

Simbol Bluetooth () akan muncul saat terhubung dengan perangkat lain atau terjadi transfer data melalui koneksi Bluetooth. Dalam kondisi biasa, simbol ini tidak muncul.

Simbol Notifikasi

Simbol notifikasi atau pemberitahuan akan muncul saat ada pemberitahuan baru di Notification Center. Simbol akan hilang saat kita membuka layar Notification+Action Center. Simbol ini tidak terlihat dalam kondisi biasa.

Simbol Dering

Simbol getar akan muncul saat nada dering dimatikan–tekan tombol volume, tap simbol dering –tapi fungsi getar aktif. Sementara simbol dering nonaktif akan muncul dalam kondisi nada dering nonaktif, dan fungsi getar juga nonaktif. Simbol dering sendiri tidak muncul di status bar Windows 10 Mobile.

Simbol Lokasi

Simbol lokasi akan muncul saat aplikasi mengakses informasi lokasi handphone. Pada kondisi biasa, simbol ini tidak muncul.

Simbol Mode Mengemudi

Simbol Mode Mengemudi akan muncul saat handphone terhubung melalui bluetooth dengan perangkat handsfree (seperti headset atau konsol di mobil) dan mode mengemudi aktif.

Simbol Baterai

Simbol Baterai akan selalu nampak di sebelah kanan status bar. Kondisinya akan berubah seiring perubahan daya yang ada di baterai handphone. Saat fitur penghemat baterai aktif, maka simbol battery saver akan muncul menggantikan simbol biasanya. Begitu juga saat kita mengisi baterai, simbol mengisi daya atau charging akan muncul menggantikan simbol biasanya.

Simbol Jelajah / Roaming

Simbol jelajah atau roaming akan muncul saat handphone sedang berada di luar wilayah layanan seluler (jaringan dari provider yang kita gunakan). Variasinya adalah simbol jelajah domestik.

Itulah arti simbol atau ikon di status bar Windows 10 Mobile secara umum. Jangan lupa ingatkan saya kalau ada informasi yang terlupa atau malah salah.

    %d blogger menyukai ini: