Apa Beda Modem dan Router? Ini Penjelasannya

modem router

Hari gini masih ada yang nggak tahu beda modem dan router? Hm, nggak salah juga kok. Kedua benda itu toh sering disebut bersamaan. Jadi wajar kalau suka bikin bingung. Karena memang beti, beda tipis.

Oleh karena itu, kami β€” diiringi niat yang luhur β€” hendak membahas perbedaan antara modem dan router. Siapa tahu berguna bagi yang belum mengenalnya. Bagaimanapun pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang.”

Sebagai pengantar, istilah kedua benda ini mungkin sering kamu dengar ketika membahas koneksi internet. Entah koneksi di rumah, di kantor, co-working space, atau bahkan perangkat yang siap dibawa ke mana saja.

Nah, mari kita berkenalan dengan dua makhluk yang mungkin tidak begitu manis ini, sehingga tahu beda modem dan router. Oh ya, kami tidak akan membahas detil teknis. Hanya perbedaan umum saja, supaya fungsi kedua perangkat lebih jelas.

Apa itu Modem?

Penjelasan yang paling sederhana mungkin seperti ini: Modem adalah perangkat yang menghubungkan internet dengan perangkat yang kamu gunakan. Modem mengubah sinyal yang datang dan pergi menjadi format yang sesuai, sehingga memungkinkan tranfer data melalui koneksi internet.

Proses perubahan sinyal yang membawa data itu meliputi proses yang disebut modulasi dan demodulasi. Itu sebabnya namanya modem. Berasal dari “modulator-demodulator”. Jelas kan?

Seiring perkembangan jaman, terdapat banyak jenis modem. Ada yang untuk koneksi dengan kabel (ethernet), ada yang nirkabel alias wireless, ada yang untuk kecepatan 4G LTE, dll.

Kemudian perangkat utama yang membentuk sebuah modem sebenarnya berupa kepingan (chip). Inilah yang memungkinkan smartphone milikmu bisa terhubung di internet. Di dalam chipset sebuah smartphone, selain terdapat keping CPU dan GPU, juga terdapat modem. Misalnya modem Snapdragon X50 yang terdapat di chipset Snapdragon 855+.

Jadi, tanpa modem, perangkat komputer atau smartphone milikmu tidak akan bisa terhubung ke internet. Biasanya, modem hanya menghubungkan satu perangkat dengan jaringan internet. Di titik inilah kemudian router hadir.

Apa itu Router?

Router adalah alat yang menghubungkan dan mengirim data antar perangkat. Pada dasarnya, sebuah router mengatur alur dan lalu lintas data ke berbagai perangkat. Itulah asal nama perangkat ini (route = rute, jalan).

Demikianlah router bisa membuat jaringan lokal yang terdiri dari berbagai perangkat melalui koneksi nirkabel Wi-Fi. Lokasi fisik tempat orang bisa mengakses internet dengan Wi-Fi ini yang kita kenal dengan istilah hotspot.

Kalau berbagai perangkat itu mau terhubung ke jaringan internet, maka router pun harus terhubung dengan modem. Sehingga data dari internet masuk melalui modem ke router lalu baru diantar ke perangkat bersangkutan (misalnya laptop).

Nah, yang menarik, transfer data di jaringan lokal ini bisa dilakukan tanpa menggunakan internet. Misalnya kamu ingin memindah file dari laptop satu ke laptop lain atau ke ponsel.

Lalu, saat ini juga ada yang disebut dengan mesh router, yaitu beberapa router yang ditempatkan di beberapa lokasi yang membentuk sebuah jaringan saling terkait/tersambung. Sehingga sinyal Wi-Fi bisa lebih optimal sampai ke perangkatmu. Sebagai contoh, kalau kamu punya rumah besar, kamu bisa meletakkan mesh router di berbagai ruangan. Jadi kamu tetap bisa mendapat sinyal Wi-Fi bagus di dapur, walau modem ada di ruang depan.

Modem/Router

Jadi dengan keterangan di atas, kamu sudah bisa melihat beda antara modem dan router. Namun, seiring berkembangnya waktu dan teknologi, batas di antara kedua perangkat ini menipis, bahkan mungkin hilang. Saat ini, banyak modem yang juga berfungsi sebagai router. Apalagi yang berupa perangkat nirkabel (wireless).

Yang perlu kamu ingat, perangkat modem/router ini biasanya juga punya beberapa jenis tergantung jangkauan sinyal, jumlah perangkat yang bisa terhubung, dan beberapa hal teknis lain.

%d blogger menyukai ini: