Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Apa Itu Charger GaN dan Apa Keuntungan Pemakaiannya?

apa itu charger gan
Indri Penulis

Pernah dengar soal charger GaN? Nah kira-kira apa itu charger GaN dan apa keuntungan pemakaiannya? Mari kita kupas tuntas di sini!

Sebenarnya istilah charger GaN sudah muncul sejak tahun 2020, tepatnya dalam acara CES 2020 di mana charger tersebut mulai ‘berkeliaran’ dalam acara tersebut.

popculture.id

Sebenarnya Apa Itu Charger GaN?

GaN sebenarnya adalah singkatan dari Galllium Nitrida, suatu bahan yang mulai dipakai untuk semikonduktor dalam pengisi daya. Bahan yang satu ini sebenarnya sudah mulai digunakan untuk membuat LED sejak tahun 1990-an, dan GaN juga menjadi bahan populer untuk pembuatan susunan sel surya di satelit.

Apa Keuntungan Pemakaian Charger GaN?

Oke, sebelum saya jelasin soal fungsi GaN di dalam pengisi daya, saya bakal mengingatkan kamu soal fungsi utama dari sebuah pengisi daya. Jadi charger fungsi utamanya adalah mengisi daya ponsel, tablet, laptop, atau perangkat elektronik lain yang mengandalkan baterai untuk beroperasi.

Ketika baterai mentransfer daya ke perangkat, sebenarnya telah terjadi reaksi kimia di dalamnya. Awalnya, charger akan mengambil arus listrik untuk membalikkan reaksi kimia tersebut.

Selanjutnya charger akan menyalurkan daya ke baterai secara terus-menerus selama ia dicolokkan ke sumber listrik. Seiring berjalannya waktu, hal ini dapat mengakibatkan pengisian daya yang berlebihan dan menimbulkan kerusakan.

Charger modern mungkin sudah dibekali sistem pemantauan yang bisa menurunkan arus ketika baterai hampir terisi penuh. Sistem ini dapat meminimalkan kemungkinan pengisian daya yang berlebihan.

Selama beberapa dekade, bahan silikon dipercaya untuk pembuatan berbagai jenis charger. Bahan ini dianggap mampu menghantarkan listrik dengan baik dibanding bahan lain seperti tabung vakum.

Tapi kelemahannya, bahan silikon bisa menimbulkan panas berlebih. Sehingga kalau nggak mau terjadi konslet, charger silikon harus dibuat berukuran besar agar komponen di dalam charger tidak saling berdekatan.

Nah di sinilah keunggulan GaN mulai terlihat. GaN sangat berbeda dengan silikon. GaN adalah bahan seperti kristal yang bisa menghantarkan tegangan jauh lebih tinggi. Arus listrik diklaim mampu melewati komponen yang terbuat dari GaN lebih cepat daripada silikon, sehingga proses pengisian pun bisa lebih cepat dan efisien.

Selain itu pengisi daya yang terbuat dari bahan GaN dipercaya mampu menghasilkan lebih sedikit panas. Karena bisa meminimalisir panas, maka setiap komponen yang ada di dalam charger bisa disusun berdekatan. Ending-nya, charger bisa dikemas dalam bodi yang lebih kecil dan ramping dengan tetap mempertahankan kemampuan daya serta standar keamanan.

Hm.. Untuk saat ini mungkin bahan GaN umumnya lebih mahal daripada jenis silikon. Tapi karena ia mampu menyajikan peningkatan efisiensi, serta pengurangan pada bahan tambahan seperti heatsink, filter dan elemen sirkuit, maka hal itu tidak menjadi masalah besar. Selain itu karena Pengisi daya GaN bisa mengisi daya lebih cepat, jadi pengguna akan lebih hemat tagihan listrik deh.

Terus, charger GaN bisa didapatkan di mana? Jujur sampai saat ini, charger GaN masih belum tersebar luas. Tapi beberapa perusahaan telah berhasil mendebutkan charger dengan bahan GaN. Katakanlah seperti Anker, RAVPower, Belkin, dll.

    %d blogger menyukai ini: