Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Apa Perubahan di ROG Phone dengan Update Android 9?

rog phone android 9 game center
Anom Penulis

Yep, ponsel gaming ASUS ROG Phone sudah mendapat update Android 9. Ini artinya ada beberapa perubahan menarik. Apa saja perubahan yang ada?

Adaptsi sistem operasi Android selalu lambat berjalan. Tidak jarang pembaruan terbaru sekelas sistem ini baru hadir setahun setelah dirilis oleh Google. Ada beberapa merek menerapkan pembaruan dengan cepat di seri ponsel tertentu. Sayangnya, harus kita akui ROG Phone sedikit lambat.

popculture.id

Bukan hal yang terlalu buruk juga. Dari sisi fungsi toh semua tetap berjalan normal. Malah kadang agak lambat lebih baik selama update itu sudah benar-benar stabil. Ya, daripada terburu-buru tapi banyak kendala? Betul kan?

Lalu apa saja perubahan yang terjadi di ROG Phone dengan Android 9 Pie ini?

Pembaruan Android 9

Menurut catatan perubahan resmi dari ASUS, pembaruan itu meliputi:

  1. Upgrade sistem ke Android 9 Pie.
  2. Menghapus ZeniMoji, Melaporkan lokasi di Safeguard, setelan animasi Cuaca, dan Pengisian daya AI.
  3. Upgrade Game Center menjadi Armoury Crate.
  4. Menambah “Adaptive Brightness”, “Adaptive Battery”, “New Notification”, “Status Bar Icon manager”, “Screen Recorder”, dan “Local Backup” di Setelan.
  5. Upgrade Game Genie panel dengan desain dan fitur baru.
  6. Menambah fitur Android 9, yaitu gestur “Swipe up on Home button”.
  7. Mendukung perkiraan 24 jam di aplikasi Cuaca.
  8. Optimalisasi aplikasi Mobile Manager, Contact, File Manager, Calculator, Clock, Gallery, Weather.
  9. Optimalisasi fungsi “Do not disturb” di Game Genie untuk blokir notifikasi dan ringtone alarm, juga blokir panggilan / panggilan WeChat / panggilan QQ.

Dari sekian banyak perubahan yang terjadi, mungkin yang paling mencolok adalah perubahan Game Center menjadi Armoury Crate dan desain baru Game Genie.

Armoury Crate & Game Genie

Apa arti perubahan Game Center menjadi Armoury Crate. Yah, yang jelas, kini fitur ini sudah sama dengan yang ada di ROG Phone 2. Secara penampilan juga lebih keren. Misalnya mendukung tampilan slide untuk koleksi game.

rog phone armoury crate
Tampilan Armoury Crate

Begitupun di Game Genie. Tampilannya lebih keren dan punya lebih banyak fungsi. Misalnya mengatur terang layar langsung dari situ, yang sesuai dengan fungsi “Lock Brightness”. Sebelumnya, kita harus mengatur terang layar dari Quick Setting (yang berarti banyak swipe).

rog phone game genie
Tampilan Game Genie

Status Bar Icon Manager dan Gesture

Sekarang kita bisa mengatur ikon yang muncul di bilah status dengan lebih mudah. Ya, ada banyak dukungan ikon di sana. Kita bisa memilih mana yang penting (sering kita butuhkan) dan mana yang tidak. Pilihan gestur untuk navigasi memang sebelumnya sudah ada. Tapi sekarang kita mendapat pilihan baru.

status bar dan gestur rog-phone
Tampilan Status Bar Icon Manager dan Gesture Navigation

Perubahan Lain

Perubahan lain sebenarnya cukup banyak. Namun sebagian besar merupakan pengalihan fungsi. Misalnya AI Charging (pengisian daya AI) yang dihapus untuk memakai fitur Adaptive Charging dari Google. Walau begitu, kamu tetap bisa mengatur sistem pengisian daya lewat aplikasi Battery Care.

Nah, ada beberapa perubahan lain yang saya temui, namun tidak disebut di Catatan Perubahan. Misalnya: Dukungan mode gelap untuk Setelan dan perubahan setelan Volume.

Setelan Volume sekarang mengikuti sistem Android 9. Yang menyebalkan, kalau sebelumnya kita bisa mengakses dengan cepat ke-3 tuas volume (ringtone, speaker, dan alarm), kini kita harus masuk ke Setelan untuk mengubahnya. Kurang intuitif.

Bagaimana dengan kendala? Hm, sejauh ini belum ada kendala berat yang terjadi. Yah, ada beberapa sih. Misalnya, saya harus mengatur ulang setelan Hotspot (beserta perangkat yang bisa memakainya) beberapa kali sampai berfungsi normal. Lalu saya juga belum bisa melalukan pencarian di halaman Setelan.

Anyway, yang namanya pembaruan tetap saja penting dan menarik. Karena hal ini membuat kita tetap sesuai dengan kondisi umum yang ada saat ini. Kapan ROG Phone endapat pembaruan Android 10? Kita tunggu saja.

    %d blogger menyukai ini: