Cara Cek Apakah “Save Game” PC Tersimpan Online (Cloud)

mass effect andromeda PC

Hm, kamu punya desktop/laptop gaming baru? Cool. Tapi mungkin kamu punya pertanyaan. Apakah data save game tersimpan di cloud? Apakah progress game di komputer lama bisa kamu teruskan di komputer baru?

Pertanyaan yang cukup wajar. Apalagi kalau game yang kamu mainkan itu single-player dan punya jalan cerita cukup panjang. Mengulang dari awal pasti malas ya?

Jawaban sederhana untuk pertanyaan itu adalah bisa. Yah, sebenarnya tergantung pengembang game apakah mereka memanfaatkan fitur penyimpanan cloud dari layanan bersangkutan (Steam, Origin, Epic Games, dll). Tapi untungnya, sebagian besar game mendukung penyimpanan cloud.

Lalu, bagaimana mengetahui kalau data “save game” kita tersimpan di cloud atau tidak? Mari kita lihat fiturnya di tiap layanan.

Steam

Steam memang masih menjadi layanan game paling populer di dunia. Steam juga menjadi layanan game PC yang memiliki dukungan pembelian dengan sistem pembayaran lokal (kamu bisa mengisi Steam Wallet dengan transfer bank).

Kalau kamu main game dengan layanan ini, kamu bisa cek apakah game bersangkutan mendukung penyimpanan Steam Cloud atau tidak.

Cara cek dukungan Steam Cloud di game

  1. Di aplikasi Steam, masuk ke ‘Library‘.
  2. Klik kanan pada salah satu game koleksimu.
  3. Tekan ‘Properties…‘ dari pilihan yang ada di menu.
  4. Di bagian ‘General’ kamu akan melihat apakah ada dukungan penyimpanan Steam Cloud atau tidak.
save game di steam cloud

Secara bawaan, pilihan Steam Cloud sudah aktif. Di sana kamu juga bisa melihat berapa besar ukuran file save game (Stored) dan berapa kapasitas penyimpanan cloud yang tersedia (Available).

Epic Games Store

Epic Games Store merupakan salah satu layanan game yang populer. Terutama karena mereka rajin memberikan game gratis. Misalnya seperti “Control” dan “Nioh” yang pernah ditawarkan gratis.

Epic Games Store juga memiliki fitur penyimpanan di cloud. Kalau kamu punya game di layanan ini, kamu juga bisa mengeceknya.

Cara cek cloud save Epic Games Store

  1. Di aplikasi Epic Games Store, tekan pilihan ‘Library‘ di bagian kiri.
  2. Tekan tombol menu di sebelah judul game bersangkutan.
  3. Pada menu yang muncul bisa kamu lihat pilihan ‘Cloud Save‘.
save game cloud epic games

Berbeda dengan Steam, tidak ada informasi soal besar file atau kapasitas cloud. Tapi kamu bisa tenang dan bisa meneruskan permainan jika kamu ganti komputer.

Origin

Origin merupakan layanan game dari Electronics Art (EA). Jadi jika kamu memiliki game yang diterbitkan oleh EA, kemungkinan besar kamu akan memakai Origin. Bahkan jika game itu kamu beli di Steam.

Origin juga memiliki dukungan penyimpanan cloud. Bahkan jika kamu membeli game terbitan EA di Steam, kemungkinan besar save game secara online akan memakai cloud dari Origin. Contohnya “Mass Effect Andromeda” yang saya beli di Steam.

Cara cek Cloud Saves di Origin

  1. Di aplikasi Origin, masuk ke ‘My Game Library‘ (di sidebar).
  2. Klik kanan pada game bersangkutan.
  3. Tekan ‘Game Properties‘ di menu yang muncul.
  4. Tekan tab ‘Cloud Saves‘ di menu atas.
  5. Kamu akan melihat pilihan penyimpanan cloud.
save game online origin

Informasi di Origin sama dengan di Steam. Kamu bisa melihat berapa ukuran penyimpanan data game beserta kapasitas yang tersedia. Secara bawaan, pilihan Cloud Save di Origin sudah aktif.


Seperti kamu lihat, kalau kamu memiliki game dari layanan Steam, Epic Games, dan Origin, save game yang kamu lakukan akan tersimpan di cloud secara bawaan. Dengan begitu, kamu tetap bisa meneruskan progress permainan walau kamu memakai komputer desktop/laptop baru.

Semoga informasi ini berguna. Selamat main game!

%d blogger menyukai ini: