Aplikasi Otentikasi 2 Faktor (2FA) Terbaik Di Android dan iPhone

desain: Freepik & Studiogstock

Salah satu cara untuk mengamankan akun supaya tidak dibajak adalah dengan menggunakan otentikasi 2 faktor (2FA). Berikut ini beberapa aplikasi 2FA terbaik yang bisa kamu pakai di smartphone milikmu, baik itu Android maupun iPhone.

Saat ini kita mungkin memiliki berbagai macam akun. Mulai dari email sampai media sosial. Kita juga mungkin mengaksesnya dari berbagai perangkat. Entah itu di aplikasi di smartphone dan laptop atau juga melalui browser. Beum lagi dari berbagai lokasi, seperti di kantor, sekolah, di rumah, dll.

Dengan begitu, sebenarnya keamanan kita cukup rentan. Untuk itulah pentingnya mengaktifkan otentikasi 2 faktor pada akun yang kita punya.

Apa itu 2FA?

Otentikasi 2 faktor (dalam bahasa Inggris Two-factor authentication atau disingkat 2FA) adalah metode keamanan melalui kombinasi konfirmasi 2 langkah. Biasanya meliputi: Sesuatu yang kita ketahui dan sesuatu yang kita punya.

Contoh sederhana adalah ketika kita menerima sms yang berisi kode untuk kita masukkan dalam kolom isian di dalam aplikasi. Hal ini meliputi: kode sebagai sesuatu yang kita ketahui, dan handphone sebagai sesuatu yang kita miliki.

Untuk mempermudah proses itu, kita bisa memanfaatkan aplikasi 2FA. Jadi tidak semata-mata bergantung pada sms. Kode acak akan muncul dalam aplikasi tersebut (yang akan berganti dalam waktu tertentu) dan bisa kita isi ketika masuk ke akun milik kita.

2fa
Proses 2FA

Dengan begitu, orang tidak bisa masuk sembarangan ke akun kita, karena harus ada konfirmasi kode dari aplikasi 2FA itu. Karena kode itu acak dan berganti, orang juga tidak bisa menyimpannya. Berbeda dengan kata kunci alias password.

Saat ini hampir semua akun β€” termasuk Apple, Facebook, Google, Instagram, Microsoft, dll β€” sudah mendukung 2FA. WhatsApp pun punya 2FA, namun sistemnya sedikit berbeda, yaitu dengan PIN.

Aplikasi 2FA Terbaik

Berikut beberapa aplikasi 2FA yang layak kamu pakai. Silakan pilih salah satunya.

Microsoft Authenticator

aplikasi 2fa microsoft authenticator
Aplikasi Microsoft Authenticator

Aplikasi Microsoft Authenticator cocok untuk kamu yang memakai layanan Microsoft, seperti Outlook, Office, OneDrive, dll. Ketika kamu login ke akun Microsoft lewat browser dan memasukkan password, aplikasi akan memunculkan notifikasi untuk proses verifikasi di smartphone.

Selain itu aplikasi ini juga bisa dipakai untuk layanan lain, seperti media sosial. Aplikasi akan memunculkan PIN khusus secara acak yang bisa kamu masukkan sebagai konfirmasi. Saat artikel ini ditulis, Microsoft Authenticator mendapat rating 4,8 di App Store dan 4,6 di Play Store.

Download (Android)

Download (iOS)

Authy

Aplikasi Authy

Authy merupakan aplikasi 2FA yang populer. Sama seperti aplikasi otentikasi 2FA lain, Authy akan menampilkan PIN acak sebagai verifikasi. Aplikasi ini juga mendukung backup di cloud, akses offline, sinkronisasi berbagai perangkat, dll.

Tentu, Authy juga mendukung berbagai akun dan layanan, termasuk media sosial. Saat artikel ini ditulis, Authy mendapat rating 4,7 di App Store dan 4 di Play Store.

Download (Android)

Download (iOS)

Google Authenticator

Aplikasi Google Authenticator

Kalau kamu pengguna Android, mungkin 2FA untuk akun Google sudah bisa kamu gunakan tanpa aplikasi ini. Tapi bukan berarti tidak berguna. Kamu bisa memakainya untuk leyanan atau aplikasi lain.

Aplikasi Google Authenticator juga akan memberi kode atau nomor PIN sebagai verifikasi ketika kamu masuk akun milikmu di perangkat lain. Termasuk juga kalau kamu membuka akun media sosial di browser. Yang menarik, saat artikel ini ditulis, Google Authenticator mendapat rating 2,5 di App Store dan 4 di Play Store.

Download (Android)

Download (iOS)

 

%d blogger menyukai ini: