5 Aplikasi 3D Grafis Terbaik Yang Cocok Untuk Pemula

Bagi kalian para desainer atau animator pemula yang sedang bingung mencari aplikasi 3D Grafis terbaik, saya akan berikan 5 rekomendasi. Aplikasi 3D di daftar ini cocok digunakan untuk bereksperimen, dan yang pasti gratis ya….

Blender

aplikasi 3d blender

Jika kalian masih amatir menggunakan aplikasi 3D, maka Blender adalah aplikasi yang tepat. Karena disamping free, tutorialnya mudah banget ditemukan di Google. Mungkin karena Blender memiliki komunitas yang lumayan kuat, sehingga banyak yang share-share tutor di blog atau YouTube-nya.

Aplikasi ini tersedia di platform windows, Mac dan Linux. Jadi, kalian tidak usah khawatir dengan device yang kalian miliki ya..  Lalu buat kalian yang mau coba pakai Blender, tidak perlu ragu gaes, gaskeun! Aplikasi ini sangat ringan kok dan memiliki kualitas hasil yang maksimal.

Dari segi fitur, Aplikasi satu ini bisa digunakan untuk membuat animasi 3D, Obyek 3D, bahkan untuk edit video. Menurut pendapat pribadi saya, aplikasi Blender ini akan menjadi barometer apakah kalian berbakat di dunia desain atau apakah kalian cukup mampu mengoperasikan aplikasi 3D grafis atau tidak.

Vectary

Berbeda dengan Blender, Vectary adalah tools 3D yang berbasis online, dengan kelengkapan cloud storage dan yang pasti gratis. Kalian tinggal buka situs di browser kemudian create desain untuk konten web, VR atau AR dalam hitungan menit saja.

Meski tools ini terbilang sederhana dan ramah, tetapi ada beberapa komentar negatif yang muncul dari para creator, mulai kurang lengkap lah, hasil akhir berbeda lah, dan bla bla bla.. baiknya kalian coba sendiri saja ya dan berikan komentar kalian.

TinkerCAD

Sama halnya dengan Vectary, TinkerCAD juga berbasis web online dan cukup pupuler di kalangan simulator-simulator desain terutama dalam hal 3D bangunan.  

Hal yang penting kalian ketahui tentang TinkerCAD adalah aplikasi 3D Grafis ini dibuat oleh developer yang sangat terkenal yakni AutoDesk, yang notabene sebagai pemilik aplikasi yang telah menjadi rujukan utama para desainer, AutoCAD.

Daz Studio

Aplikasi 3D Grafis terbaik selanjutnya adalah Daz Studio yang merupakan software yang digemari Animator dari fitur renderingnya.

Sedangkan bagi desainer amatir, Daz Studio adalah aplikasi yang banyak disukai karena mudah dioperasikan dan dibekali dengan tutorial interaktif yang sangat membantu kalian belajar secara otodidak.

Oh iya, software Daz Studio tersedia di OS Windows dan juga MAC.

SketchUp Free

Lagi-lagi aplikasi 3D Grafis terbaik jatuh kepada tools berbasis web, dialah SketchUp Free, software ini hadir di tahun 2017 yang merupakan hasil upgrade dari SketchUp Make dan adik dari SketchUp Pro.

Seperti halnya dengan labelnya, Free, fitur dari software ini dinilai kurang lengkap untuk sekelas software 3D Grafis, tapi menurut saya sudah sangat cukup jika kalian mau create desain pribadi, atau keperluan mencetak gambar 3D.

    %d blogger menyukai ini: