Aplikasi Action Note: Mencatat Cepat dari Notification Center

Anom Penulis

Bicara soal aplikasi notes atau catatan di Windows, yang teringat pertama kali mungkin OneNote. Tapi ada satu aplikasi catatan keren yang mencuri perhatian. Aplikasi itu adalah Action Note.

Action Note merupakan aplikasi catatan cepat dengan fitur istimewa. Dengan aplikasi ini kita bisa membaca catatan, atau bahkan membuat catatan langsung di notification center, tanpa harus membuka aplikasi. Hal ini dimungkinkan oleh fitur actionable notification di Windows 10 Mobile.

Selain fitur tersebut, Action Note memiliki fitur standar aplikasi catatan cepat. Saya sebut catatan cepat karena memang fiturnya tidak selengkap OneNote. Toh, kadang kita butuh aplikasi seperti ini.

Action Note mendukung menandai catatan dengan flag, pengaturan kategori dengan warna, menambah attachment foto, dan pin ke Start Screen (dengan live tile). Aplikasi ini juga mendukung pengaturan lebih lanjut. Seperti pilihan penyimpanan otomatis, sinkronisasi antar perangkat (dengan aplikasi Action Note di komputer), dan pilihan urutan catatan. Singkat kata, fitur yang memudahkan kita membaca catatan dengan cepat.

Sayangnya, masih ada beberapa fitur yang saya anggap cukup bernilai yang belum hadir di Action Note. Salah satunya adalah membuat daftar, baik dengan poin-poin, dengan nomer atau membuat centang. Hal ini cukup penting kalau kita mencatat sesuatu yang harus dilakukan. Aplikasi catatan sejenis yang mengeksekusi hal ini dengan baik adalah Flat Notes.

Tapi toh tetap saja, bisa membaca catatan langsung di notification center, sekaligus attachment foto yang ada di dalamnya merupakan kelebihan yang unik. Begitupun fitur langsung mencatat di sana (maafkan, saya salah menulis action center di gambar).

Patut disebutkan bahwa catatan yang muncul di notification center terbatas jumlah karakternya. Jadi kalau agak panjang, catatan itu akan terpotong, dan kita tetap harus membuka aplikasi untuk melihatnya. Hal ini bisa dimaklumi, karena notification center memang bukan untuk melihat tulisan yang panjang. Namanya juga pemberitahuan.

Akan menarik untuk melihat perkembangan aplikasi ini ke depannya. Misalnya, penambahan fitur menyimpan halaman website dari Microsoft ke aplikasi ini, atau memindahkan (share) catatan ke OneNote untuk dilanjutkan di sana. Yah, banyak kemungkinannya.

Jadi, untuk kalian yang sering membuat catatan, apalagi yang pendek-pendek, silakan coba aplikasi ini. Action Note bisa di-download gratis, dengan IAP di dalamnya.

    %d blogger menyukai ini: