Aplikasi Alternatif Adobe Photoshop Yang Layak Dicoba

Foto: Matan Segev | Pexels

Adobe Photoshop adalah program yang paling populer untuk mengedit foto, membuat desain, atau mengolah gambar. Tapi tidak semua bisa dan mau berlangganan program itu. Lalu, apa aplikasi alternatif Adobe Photoshop yang bisa kita pakai?

Untuk kebutuhan profesional, tidak banyak yang bisa menandingi Photoshop. Apalagi kalau kamu mencari alternatif yang gratis. Yah, bagaimanapun program ini memang aplikasi profesional.

Untungnya sudah ada beberapa aplikasi alternatif yang beredar. Secara mengejutkan, aplikasi tersebut juga sangat memadai. Mungkin tidak menyamai, tapi sebagian besar berfungsi serupa.

Program atau aplikasi yang kami bahas di sini merupakan pengolah gambar berbasis raster. Kalau kamu ingin tahu yang berbasis vector, mungkin bisa baca artikel ‘Aplikasi Desain Grafis Online Gratis Terbaik‘.

Apa saja aplikasi alternatif Photoshop yang layak dicoba?

GIMP

Aplikasi GIMP (foto: freewarefiles)

GIMP adalah program pengolah gambar berbasis raster open source dan gratis. Selama bertahun-tahun, program ini sudah dianggap sebagai pengganti Photoshop.

GIMP memiliki kelengkapan yang cukup lengkap, seperti layer, setelan warna, mengatur obyek, brush, dll. Program ini juga memiliki dukungan plugin pihak ketiga.

GIMP hadir di berbagai platform, mulai dari Windows, macOS, dan GNU/Linux.

Download GIMP

Krita

Penampilan Krita (foto: Krita)

Krita juga sebuah program pengolah gambar raster open source dan gratis. Sedikit berbeda dengan GIMP, Krita lebih fokus pada fungsi menggambar/melukis dan animasi.

Sebagai program untuk menggambar, Krita memiliki fitur yang menarik. Misalnya brush stabilizer, brush engine untuk kustomisasi brush, pop-up color palette, dll. Program ini juga punya fungsi layer (beserta mask), dukungan berkas Photoshop (PSD), dukungan gambar HDR, dll.

Krita hadir di Windows, macOS, dan Linux.

Download Krita

Photo Pea

Aplikasi Photopea (foto: Zapier)

Photo Pea adalah aplikasi pengolah gambar online (berbasis web). Jadi, kamu tidak terikat platform saat memakainya. Tinggal buka situs web Photo Pea dan berkarya.

Photo Pea lebih berfungsi sebagai editor foto, walau juga memiliki fungsi menggambar. Aplikasi ini memiliki layer (beserta mask), blend mode, brush, seleksi obyek, pengaturan warna, dll. Oya, Photo Pea juga mendukung convert ke berbagai format, seperti dari Sketch ke PSD.

Photo Pea bisa kamu pakai gratis (ada iklan di sisi kanan). Namun kamu bisa upgrade ke akun berlangganan (per 3 bulan).

Kunjungi Photo Pea

Photo Pos Pro

Penampilan aplikasi Photo Pos Pro (foto: Photo Pos Pro)

Photo Pos Pro adalah salah satu aplikasi alternatif Photoshop yang populer. Aplikasi ini lebih condong ke fungsi editor foto.

Beberapa fitur yang dimilikinya, antara lain: Menghapus latar belakang foto, menghapus obyek yang mengganggu, efek foto, efek untuk teks, dll. Photo Pos Pro juga memiliki dukungan untuk menggambar atau menggunakan tekstur dan pola.

Aplikasi Photo Pos Pro tersedia untuk Windows. Penggunaan di Mac membutuhkan emulator aplikasi Windows.

Download Photo Pos Pro