5 Aplikasi Alternatif Sejenis Adobe Lightroom

adobe lightroom classic

Apa kamu sedang mencari aplikasi alternatif sejenis Adobe Lightroom? Hm, kalau iya, tidak ada salahnya menyimak bahasan kami berikut ini.

Adobe Lightroom adalah program pengelola dan pengolah gambar yang populer. Walau tidak memiliki fitur yang mendetil (fitur manipulasi foto) seperti Photoshop, program ini langsung memikat banyak pengguna, terutama fotografer.

Lightroom ini memiliki fitur mengelola berbagai gambar atau foto, seperti ekspor/impor, membuat koleksi, mengelompokkan berdasar metadata, dll. Program ini juga bisa mengolah gambar dengan fokus meningkatkan kualitas foto digital. Salah satu yang membuat Lightroom terkenal adalah kemampuannya mengolah berbagai format foto, khususnya format RAW, dan tetap tidak merubah berkas aslinya.

Adobe Lightroom merupakan program profesional dengan sistem langganan. Walau memang sudah terbukti berkualitas, tidak sedikit juga yang mencari program alternatifnya.

Lalu, apa saja aplikasi alternatif Adobe Lightroom yang layak dicoba?

1. Capture One Pro

Penampilan Capture One Pro

Capture One merupakan aplikasi pengolah gambar yang juga punya kemampuan membuat katalog dan memproses gambar RAW. Aplikasi ini mendukung format RAW dari berbagai kamera, juga berbagai format gambar lain, seperti TIFF dan JPEG.

Program ini memiliki fitur yang komplit. Mulai dari mengatur pengolahan dasar seperti level, curve, structure, color balance, skin tones editing, dan HDR, sampai layer dan masking.

Capture One adalah aplikasi komersial ($299 atau langganan $20/bulan) dengan 30 hari masa percobaan gratis. Aplikasi ini mendukung Windows dan macOS.

Download (Windows/macOS)

2. On1 Photo RAW

Penampilan aplikasi On1

ON1 adalah aplikasi editor dan pengelola foto. Sebagai aplikasi yang mampu mengolah gambar RAW, ON1 memiliki fitur yang banyak. Bahkan mereka menyebutkan selain sebagai alternatif Lighroom, aplikasi ini juga punya peralatan seperti Photoshop.

Beberapa fitur menarik meliputi dual modul (browse dan edit), riwayat dan informasi pengolahan pada sebuah foto, layer, text tool, AI Quick Mask, HDR, portrait tool, dll. ON1 juga mendukung migrasi dari dan ke Lightroom atau ke penyimpanan cloud. Tentunya pengolahan foto tidak mengganggu berkas asli.

ON1 merupakan program komersial dengan harga $79.99 atau versi Plus Pro dengan berlangganan $129/tahun. Ada masa percobaan gratis selama 30 hari. Aplikasi ini mendukung Windows dan macOS.

Download (Windows/macOS)

3. Darktable

darktable, aplikasi alternatif adobe lightroom
Penampilan aplikasi Darktable

Darktable adalah aplikasi pengolah gambar open source. Aplikasi ini memiliki dua fungsi utama, yaitu lighttable untuk mengelola foto, dan darkroom untuk mengolah gambar.

Aplikasi ini juga mengolah gambar tanpa mengganggu berkas asli. Selain itu, Darktable juga mendukung pengelolaan warna profesional, mendukung berbagai format gambar (termasuk RAW), memiliki banyak modul pengolahan, dan mendukung berbagai platform (Windows, macOS, Linux).

Aplikasi ini bisa digunakan gratis.

Download (Windows/macOS/Linux)

4. RawTherapee

rawtherapee, aplikasi alternatif adobe lightroom
Penampilan aplikasi RawTherapee

Seperti namanya, RawTherapee merupakan aplikasi khusus untuk mengolah gambar dengan format RAW (tapi juga mendukung berkas lain), tanpa merusak berkas aslinya. Aplikasi ini mampu menangani berkas gambar dengan jumlah banyak dan juga tersedia untuk berbagai platform.

Beberapa fitur RawTherapee yang layak disebut adalah: Punya file browser (ada 1:1 preview!), batch image adjustment, mengatur exposure dan curve, sharpening dan noise reduction, white balance, penyesuaian distorsi dan perspektif, dll.

Aplikasi ini bisa digunakan gratis.

Download (Windows/macOS/Linux)

5. Lightzone

aplikasi alternatif lightroom lightzone
Penampilan Lightzone

Lightzone merupakan aplikasi pengelola dan pengolah gambar digital open source. Seperti yang lain, aplikasi ini mendukung pengolahan gambar RAW layaknya kamar gelap. Salah satu fitur unik Lightzone adalah penggunaan stack, bukan layer.

Beberapa fitur yang ada di aplikasi ini meliputi tonal control (brightness, contrast, shadows, dll), Edit dengan seleksi berbasis vector dan piksel, dll. Aplikasi ini juga melakukan edit gambar tanpa merusak berkas asli.

Karena open source, Lightzone bisa digunakan secara gratis. Kamu hanya perlu mendaftar di komunitas tersebut.

Download (Windows/macOS/Linux)