Rekomendasi 5 Aplikasi Android Anti Maling untuk Mudik Lebaran

1-----------Dtnext

Mendekati waktu lebaran, tentunya tidak bisa jauh-jauh dari kegiatan mudik. Salah satu kegiatan yang bisa dibilang menyita banyak waktu. Dan terpaksa meninggalkan rumah tercinta tanpa pengawasan.

Tentu kalian pasti tidak mau bukan, kalau rumah didatangi oleh tamu yang tidak diundang? Bukannya membawa kabar gembira, tamu tak diundang seperti maling, perampok atau yang lainnya justru akan membawa kabar duka untuk kalian. Tidak jarang membuat pemilik rumah bakal merasa was-was meninggalkan rumah. Yang terjadi, mudik menjadi tidak tenang dan nyaman.

Tapi jangan khawatir guys, karena di zaman modern ini kalian tidak perlu lagi khawatir soal keamanan rumah atau barang-barang berharga di dalamnya. Karena dengan adanya gadget dan berbagai aplikasi, kalian nanti bisa memantau keadaan di rumah kapan dan dimanapun kalian berada. Bahkan, saat ini sudah ada banyak aplikasi smartphone yang akan membantu kalian untuk mengamankan rumah dari ancaman perampok dan lain sebagainya.

Berikut ini kami berikan 5 rekomendasi aplikasi smartphone anti maling buat kalian. Apa saja sih? Simak yuk guys.

AtHome Camera

Sumber gambar: CNX Software

Aplikasi ini berfungsi untuk bisa mendukung serta meningkatkan sistem keamanan dalam rumah kalian nanti. Selain itu, Athome Camera juga bisa digunakan di berbagai platform seperti di smartphone, PC, maupun tablet. Selain bisa digunakan untuk monitoring keadaan di rumah, kalian nanti juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengawasi bayi, hewan peliharaan, dan yang lainnya.

Tapi untuk bisa digunakan secara maksimal, kalian harus download satu aplikasi lagi yang namanya AtHome Video Streamer, dengan dukungan aplikasi tambahan semacam ini, kalian setiap waktu akan mendapatkan laporan baik itu berupa video, foto, maupun GIF saat ada seseorang atau terjadi hal yang mencurigakan masuk ke rumah.

Ada beberapa fitur utama yang ada dalam aplikasi ini. Seperti teknologi pengenalan wajah yang nanti bisa membantu membedakan wajah anggota keluarga kalian dengan yang tidak (penyusup). Kemudian ada juga teknologi bernama Mode Night Vision yang nantinya bisa menghasilkan gambar serta video yang bisa lebih jelas dalam kondisi yang minim pencahayaan. Masih ada lagi video time lapse yang dapat mempersingkat waktu 24 jam menjadi beberapa menit. Dan masih ada banyak lagi fitur-fitur di dalamnya.

Salient-Eye

Sumber gambar: CNET

Aplikasi ini terbilang yang paling simpel. Lho kok bisa begitu? Sebab untuk cara penggunaannya kalian tidak wajib mendaftar terlebih dahulu. Secara otomatis pada saat ada sesuatu yang terlihat mencurigakan memasuki rumah atau ruangan pribadi kalian, maka Salient-Eye akan mengirim foto ke email atau SMS. Bahkan walaupun kalian tidak sadar, aplikasi cerdas ini tetap terjaga walaupun smartphone dalam keadaan terkunci atau mati sekalipun.

Di dalamnya ada banyak fitur unggulan yang ditawarkan. Seperti pemberitahuan berupa alarm, peringatan sms serta email yang nanti bisa kalian atur sendiri sesuai selera. Dan yang paling penting adalah penggunaannya yang lebih mudah dibanding aplikasi lainnya. Mereka juga bisa tetap tahan kalian gunakan walaupun sampai 10 jam tanpa harus menggunakan suplai baterai.

WardenCam

Mungkin buat kalian yang masih punya smartphone Android jadul, aplikasi WardenCam ini yang paling cocok untuk memantau rumah ataupun ruangan rahasia supaya tetap aman. WardenCam berjalan lancar untuk Android versi 2.3 ke atas. Dan hanya bermodalkan konektivitas internet, maka aplikasi satu ini bisa langsung mengirimkan foto, video, ataupun audio saat terjadi hal mencurigakan di rumah.

Bahkan WardenCam ini juga telah terintegrasi dengan Google Drive dan juga Dropbox. Sehingga kalian nanti bisa langsung membuka file audio, video, atau juga foto yang sebelumnya sudah dikirim aplikasi ke smartphone kapanpun kalian mau.

Terdapat beberapa fitur unggulan WardenCam misal seperti bisa kalian gunakan melalui koneksi WiFi, 3G, 4G, dan juga LTE. Terdapat sebuah cloud gratisan bisa kalian gunakan untuk menyimpan semua file foto, video, maupun audio. Selain itu, setup yang ada bisa mengatur beberapa mode kamera dalam satu sistem sekaligus. Dan masih ada banyak lagi fitur lainnya. Cukup menarik bukan?

Alfred Home Security Camera

Sumber gambar: APKPure

Hampir sama dengan Athome Camera, aplikasi ini selain bisa kalian gunakan untuk memantau kondisi dalam rumah atau ruangan. Kalian nanti juga bisa menggunakannya untuk keperluan mengawasi bayi, hewan peliharaan atau yang lainnya.

Saat mendeteksi adanya gangguan atau hal mencurigakan di dalam rumah, aplikasi ini akan langsung mengirimkan sebuah laporan berupa alarm atau video yang tersimpan secara otomatis dalam cloud.

Untuk fitur andalan yang ada dalam aplikasi ini diantara lain, dapat streaming video secara langsung dimanapun kalian berada. Alfred Home Security Camera mempunyai sensor gerak yang bisa digunakan untuk mendeteksi benda atau orang asing. Ditambah lagi dengan cloud gratisan yang bisa kalian gunakan nanti untuk menyimpan foto atau video yang dikirimkan aplikasi ke smartphone sebagai laporan kalau ada apa-apa.

Yang terakhir ada kamera 360 yang bisa mencakup area lebih luas ditambah dengan 2 lensa zoom, jadi memungkinkan untuk melihat benda yang sangat kecil dan lebih detail. Sangat menarik ya guys.

IP Webcam

Sumber gambar: Trick777

Hampir sama dengan aplikasi di atas, IP Webcam ini mempunyai fungsi yang hampir sama. Tapi kelemahannya adalah jika kalian ingin menggunakan IP Webcam secara maksimal, maka masih dibutuhkan aplikasi tambahan. Tapi kelebihannya adalah dalam merekam video sama sekali tidak ada hambatan. Bahkan IP Webcam sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta orang lho.

Berbicara mengenai fitur yang ada di dalamnya, aplikasi satu ini menawarkan mudahnya mengunggah video ke Dropbox, FTP, SFTP serta email dengan menggunakan Filoader Plugin. Selain itu, IP Webcam juga mendukung banyak format rekaman video misalnya dalam bentuk MOV, MPEG4, WebM, atau MKV. Terdapat pula dukungan cloud, deteksi suara, sensor gerak, serta night vision.

Nah itu tadi ya rekomendasi aplikasi untuk memantau keadaan di rumah. Simpel banget guys, karena dengan menggunakan aplikasi bantuan seperti itu, kalian nanti bisa menghemat lebih banyak budget. Karena tidak perlu lagi membeli kamera CCTV. Jadi, kalian bisa mudik lebaran dengan aman tanpa harus was-was akan keadaan di rumah.

Ada komentar?