5 Aplikasi Android Lite yang Cocok Digunakan Smartphone Low-End

Indri Penulis

Smartphone merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh setiap orang, terlebih dalam dunia yang serba cepat saat ini.

Hal tersebut didukung dengan banyaknya produsen smartphone, yang secara konsisten meluncurkan produk baru setiap tahun.

Tentunya berbagai smartphone baru yang dirilis, dibuat dengan berbagai spesifikasi tinggi atau high-end. Hal tersebut membuat smartphone high-end dapat digunakan untuk memainkan banyak game, atau memasang banyak aplikasi di dalamnya.

Namun, sayangnya tidak semua orang di dunia mempunyai kesempatan untuk mempunyai smartphone kelas atas. Salah satu yang melatarbelakangi hal tersebut adalah, harga smartphone kelas atas yang mahal.

Oleh karena itu, tidak heran bila hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan smartphone spek rendah atau low-end. Smartphone low-end tentunya lebih berat bila digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi terkini.

Tapi hal ini sebenarnya dapat disiati, yaitu dengan menggunakan aplikasi berukuran kecil atau Lite ke dalam smartphone spek rendah.

Berikut telah kami rangkum 5 aplikasi Lite Android yang cocok digunakan untuk smartphone low-end. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

Facebook Lite

Sumber Gambar : Daily Social

Hingga saat ini, Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia. Karena banyaknya pengguna, perusahaan kemudian meluncurkan aplikasi yang lebih ramah bernama Facebook Lite.

Facebook Lite mempunyai ukuran kurang dari 2MB. Dalam versi Lite, Facebook menghilangkan beberapa animasi visual, serta menggunakan user-interface yang lebih sederhana.

Hal tersebut Facebook lakukan, agar Facebook Lite bisa berjalan dengan baik dalam smartphone low-end sekalipun.

Namun walaupun merupakan versi Lite, tapi hampir semua fitur dari aplikasi Facebook biasa, terdapat dalam aplikasi Facebook Lite.

Bahkan pengguna dapat mengakses kontek dari Messenger di Facebook Lite, tanpa perlu mengunduh aplikasi Messenger itu sendiri.

Download

Instagram Lite

Sumber Gambar : Fstoppers

Instagram didaulat sebagai salah satu media sosial yang menghabiskan banyak kuota dan memori. Karena terdapat banyak keluhan mengenai hal tersebut, Facebook selaku induk perusahaan aplikasi ini, kemudian meluncurkan Instagram Lite.

Seperti namanya, aplikasi satu ini mempunyai UI yang tidak rumit dan ukuran cukup kecil. Selain itu, Instagram Lite lebih hemat kuota serta RAM.

Terdapat beberapa fitur penting yang ada dalam aplikasi Instagram biasa, terdapat dalam aplikasi versi Lite ini. Seperti fitur mengunggah foto, melihat story, hinga menelusuri timeline.

Hanya ada dua fitur yang tidak disertakan dalam Instagram Lite. Yaitu fitur berbagi video ke timeline maupun story, serta mengirim pesan melalui DM.

Download

Messenger Lite

Sumber Gambar : The Verge

Bukan hanya aplikasi Facebook saja yang mempunyai versi Lite. Namun Messenger juga telah dibuat ke dalam versi Lite.

Apabila dalam aplikasi Facebook Lite tidak terdapat fitur melakukan panggilan, maka Messenger Lite dapat melakukan tugas tersebut.

Selain dapat digunakan sebagai media chatting, aplikasi ini juga bisa menyematkan fitur panggilan audio maupun video.

Semua fitur mengagumkan Messenger Lite, disusun dari dalam user interface yang sederhana. Messenger Lite mempunyai ukuran hanya 8MB.

Download

YouTube Go

Sumber Gambar : YouTube

YouTube menjadi salah satu media streaming paling terkenal di dunia. Sama dengan aplikasi Instagram, YouTube juga terkenal cepat menghabiskan kuota.

Untuk dapat mengatasi keluhan pengguna mengenai hal tersebut, maka YouTube pada akhirnya merilis versi Lite dari aplikasi mobile mereka, yang diberi nama YouTube Go.

Aplikasi YouTube Go tetap dapat berjalan dengan baik walaupun dalam smartphone spek rendah. Selain itu, aplikasi ini juga terbukti sangat hemat kuota. Selain dapat digunakan streaming seperti biasa, YouTube Go juga menyediakan fitur mengunduh video.

Dari berbagai fitur menarik yang dimilikinya, terdapat satu fitur menarik. Yaitu pengguna dapat membagikan video yang telah diunduh via koneksi lokal. Dengan begitu, tidak akan ada kuota yang terkuras banyak.

Download

Google Maps Go

Sumber Gambar : Engadget

Maps Go merupakan sebuah aplikasi progressive-web. Hal tersebut membuat aplikasi ini membutuhkan browser seperti Chrome akan dapat dijalankan.

Walupun merupakan versi Lite dari Google Maps, namun Maps Go mempunyai fitur lumayan lengkap. Seperti dapat memberikan informasi terkait lalu lintas, hingga jadwal transportasi umum.

Maps Go didesain seringan mungkin, supaya dapat dijalankan dengan lancar dalam semua smartphone. Meskipun mempunyai berbagai manfaat, namun Maps Go mempunyai kekurangan.

Kekurangan Maps Go seperti kurangnya jumlah peta, serta tidak dapat memberikan info lokasi secara real-time.

Download

Itulah 5 aplikasi versi Lite yang cocok digunakan dalam smartphone spek rendah. Walaupun tidak lengkap seperti aplikasi versi asli, namun tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi versi Lite di atas.

    %d blogger menyukai ini: