Inilah 4 Aplikasi Android Sains yang Wajib Diunduh Mahasiswa

Sains adalah ilmu pengetahuan yang hampir selalu ditemui dalam semua aspek kehidupan manusia. Sains hampir sama dengan teknologi yang sering digunakan dalam setiap lini kehidupan.

Sains dan teknologi memang selalu berdampingan, dan selama ini sudah banyak hal tercipta dengan perpaduan antara teknologi dan sains.

Sains sendiri memang sudah dipelajari sejak anak masih di bangku SD. Hanya saja sains yang dipelajari anak hanya sekitar ilmu pengetahuan alam. Sementara itu, sains adalah ilmu pengetahuan yang sangat luas dan mencakup banyak hal.

Ketika seseorang sudah menjadi mahasiswa, sains juga tetap dipelajari. Hanya saja dalam lingkup mahasiswa, sains yang diajarkan mencakup hal yang lebih luas.

Untuk menambah wawasan baru seputar sains, maka mahasiswa bisa membaca di buku atau materi-materi online. Namun agar materi yang dipelajari lebih terstruktur, maka sebaiknya kalian menggunakan aplikasi khusus sains.

Berikut ini ada beberapa aplikasi sains yang bisa mahasiswa gunakan untuk menambah wawasan.

Google Science Journal

Sumber Gambar : Gizmodo

Sebenarnya hingga kini masih banyak orang yang belum tahu, bahwa Google sebenarnya sudah lama menyediakan aplikasi agar pengguna bisa melakukan percobaan di laboratorium kampus.

Google Science Journal akan bekerja melalui berbagai sensor yang ada di smartphone. Kemudian aplikasi ini akan melakukan eksperimen ilmiah.

Setelah melakukan eksperimen, Google Science Journal akan menampilkan hasil yang bisa kalian catat langsung. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menuliskan rencana eksperimen kedepan.

Google Science Journal juga bisa digunakan untuk membuat beragam perkiraan sains, dapat dimanfaatkan untuk merangkum data dari berbagai percobaan yang sudah dilakukan.

Download

What’s Invasive

Istilah Invasive mungkin masih asing bagi beberapa orang, namun bagi mahasiswa sains istilah ini tentu sangat familiar. Spesies invasif tertentu akan sangat mengganggu ekosistem.

Karena itulah muncul aplikasi What’s Invasive ini. Aplikasi ini akan membantu pengguna menemukan tempat tinggal asli dari hewan, maupun tumbuhan yang dimaksud.

What’s Invesive bahkan bisa menampilkan daftar tanaman, atau hewan yang sebelumnya telah diidentifikasi oleh National Park Service, maupuan badan pengelolaan lain.

Tidak sampai disitu, pengguna juga bisa membantu para ahli dalam menentukan spesies invasif. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan foto atau catatan pengamatan melalui GPS dan geotag.

Download

[irp posts=”67399″ name=”5 Aplikasi Komedi Terbaik Android”]

Isotope

Sumber Gambar : YouTube

Seperti namanya, aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang mengambil jurusan farmasi, kimia atau sejenisnya. Hal ini karena Isotope dapat menentukan banyak hal yang berkaitan dengan tabel periodik.

Dimulai dari massa berat, informasi seputar nama unsur, konfigurasi, titik leleh, titik didih, nomor atom, atau informasi lain yang berkaitan dengan elemen tersebut.

Setidaknya Isotope menyediakan 118 elemen. Sementara untuk fitur tambahan lain, kalian bisa upgrade aplikasi ke versi Pro. Namun nanti akan ada biaya berlangganan sebesar $1,99.

Download

Curiosity

Sumber Gambar : YouTube

Curiosity merupakan aplikasi ringan yang bisa digunakan untuk menonton, membaca, hingga membuat reaksi dari setiap konten yang dihadirkan.

Aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai fakta menarik seputar sains. Uniknya, fakta-fakta tersebut selalu diperbaharui secara berkala.

Curiosity tidak hanya menyediakan beragam informasi tentang Sains, namun aplikasi ini juga menyediakan informasi lain seputar astronomi, matematika dan psikologi.

Pengguna tidak perlu khawatir tentang kebenaran yang dibeberkan dalam aplikasi ini. Sebab Curiosity mengutip semua informasi dari sumber relevan seperti Universe Today, NASA, atau sumber terpercaya lainnya.

Dengan fakta tersebut, kalian bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru yang sudah jelas darimana sumbernya.

Download

More Stories
Huawei Nova 3i Resmi Hadir di Indonesia