Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

4 Aplikasi Android Untuk Menambah Performa

smartphone Android

Banyak orang menyukai smartphone Android. Selain karena harganya yang bervariasi, bisa dibilang ponsel-ponsel Android memiliki kualitas yang cukup garang. Dengan harga yang dipatok tidak terlalu tinggi, kamu bisa mendapatkan smartphone dengan hardware dan software berkualitas.

Namun sayangnya, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh sistem operasi ini. Tentunya semua tidak ada yang sempurna, kan? Biasanya smartphone Android tidak cukup kebal terhadap ruang penyimpanan. Ada banyak file sisa atau aplikasi yang dapat menghabiskan sumber daya.

popculture.id

Lalu bagaimana sih agar kamu bisa menjaga smartphone Android ini? Tentunya agar kondisinya tetap berjalan dengan baik. Ada beberapa aplikasi yang bisa membuat kinerja smartphone Android semakin optimal. Yuk, simak!

Clean Master

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar aplikasi yang satu ini. Clean Master berguna untuk membersihkan beragam file sampah yang ada pada smartphone. Tak hanya itu saja, ponsel ini juga dapat meningkatkan kinerja smartphone Android.

Ada 4 fitur utama yang disematkan pada aplikasi ini, antara lain dapat membersihkan file sampah dengan menghapus cache dan file sisa yang telah dihapus agar membuat ruang penyimpanan terbebas, Phone Boost yang bisa membersihkan aplikasi yang berjalan di background untuk mempercepat kinerja smartphone, mendeteksi virus dan ancaman lain yang berbahaya, hingga battery saver yang bisa mematikan aplikasi-aplikasi penguras daya baterai.

Pada fitur phone boost juga terdapat beragam fitur yang dapat membantu, seperti Game boost untuk mengelola sumber daya saat bermain game, Autostart Manager untuk mengatur aplikasi yang berjalan secara otomatis, hingga Cool Down CPU yang dipakai untuk meringankan kerja CPU.

DOWNLOAD

SD Maid

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan ialah SD Maid. Aplikasi ini bisa menghapus file yang dirasa tidak perlu, sehingga smartphonemu bisa selalu rapi dan bersih.

Ada beragam fitur yang bisa digunakan untuk mengelola aplikasi dan file pada SD Maid, yaitu System Cleaner untuk menghapus file yang dirasa tidak perlu, Corpse Finder untuk menghapus data aplikasi yang telah diinstall, Database untuk menghapus file database dari aplikasi yang telah dihapus, hingga App Cleaner untuk menghapus aplikasi lama yang sudah tidak digunakan. Tak hanya itu saja, ada juga fitur ‘search’ yang dipakai untuk mencari nama file yang diinginkan.

DOWNLOAD

Greenify

Greenify bisa dipakai untuk membatasi aplikasi. Greenify akan menganalisis aplikasi mana saja yang bermasalah pada smartphone. Nantinya aplikasi tersebut akan disorot, kemudian memungkinkan untuk meng-hibernasi aplikasi bermasalah tersebut.

Pada saat kamu menjalankan aplikasi ini, maka akan muncul menu “app analyzer” yang merupakan daftar aplikasi yang sedang berjalan pada background sekaligus daftar aplikasi yang mungkin bisa memperlambat kerja smartphone-mu. Kamu hanya tinggal klik aplikasi mana saja yang akan dihibernasi, kemudian klik tombol “Zzz”, maka selesai.

DOWNLOAD

Avast Cleanup & Boost

Mungkin jika melihat namanya, kamu sudah paham bahwa aplikasi ini sering digunakan untuk membasmi virus. Avast Cleanup & Boost digunakan sebagai pembersih file sampah dan aplikasi yang tidak terpakai pada ponsel. Beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini antara lain Safe Clean yang bisa membersihkan data tidak penting (system cache, file-file instalasi, gallery thumbnail, hingga file sisa), Remove Junk yang dipakai untuk melakukan analisa dan membersihkan seluruh data yang dibutuhkan, hingga manajemen aplikasi yang bisa meng-uninstall aplikasi sekaligus memonitor berapa banyak memori internal yang terpakai.

DOWNLOAD

Itu tadi beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja Android. Tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Aplikasi mana yang selama ini kamu gunakan?

    %d blogger menyukai ini: