Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Aplikasi Android Untuk Penulis

Banyak orang di dunia ini yang memiliki hobi menulis, bahkan sebagian orang memang menjadikan hobi menulisnya sebagai pekerjaan.

Sekarang sudah ada begitu banyak penulis dengan bakat menulisnya yang sangat luar biasa, dan tentunya berpenghasilan cukup lumayan dari menulis.

popculture.id

Sebelum adanya perkembangan teknologi secanggih sekarang, salah satu kendala untuk menjadi penulis adalah tidak adanya sarana untuk menuangkan ide-idenya tersebut.

Namun dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, rasanya hal tersebut tidak lagi menjadi masalah.

Smartphone dengan sistem Android yang kita miliki, dapat membantu untuk menyalurkan ide-ide tersebut, tentunya dengan dukungan aplikasi yang cocok untuk menulis.

Berbicara mengenai aplikasi menulis, sekarang memang sudah begitu banyak aplikasi menulis yang berserakan di Playstore, namun tidak semua aplikasi memiliki kemampuan yang memadai.

Nah, beberapa aplikasi di bawah ini seringkali digunakan oleh para penulis untuk membantu menyalurkan ide-idenya.

Dengan menggunakan aplikasi Android di bawah ini, akan lebih menghemat biaya, tempat, sekaligus waktu.

Microsoft Word

Sumber Gambar : File-Extensions.org

Yang pertama dan yang paling sering digunakan adalah Microsft Word, selain tersedia di laptop maupun komputer, aplikasi Microsoft Word ini sekarang juga mendukung untuk versi Android.

Microsoft Word untuk versi Android ini menampilkan beberapa menu yang memang dikhususkan hanya untuk penulisan yang standar saja.

Menu-menunya meliputi. untuk menyimpan, mengedit, membuka, mengatur jarak spasi, dan memilih jenis tulisan untuk menambah variasi.

DOWNLOAD

WPS Office

Sumber Gambar : TechRepublic

Untuk aplikasi yang kedua ini bisa dibilang mirip dengan Microsoft Office. Jika didalam Microsoft Office tersedia aplikasi seperti Micrsoft Word, Microsift Excel, dan Microsoft Power Point, maka di aplikasi WPS Office ini juga menyediakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Aplikasi WPS Office ini akan sangat memabantu para penulis, apalagi dengan dilengkapinya berbagai fitur-fitur seperti fitur untuk menyisipkan gambar, membuat aneka bentuk, menggaris bawahi teks, dan masih banyak lagi berbagai fitur lainnya.

Selain itu WPS Ofiice ini juga mendukung semua format dokumen, sepert doc, docx, pdf, ppt, dan txt.

DOWNLOAD

Evernote

Sumber Gambar : Evernote Help & Learning

Yang ketiga adalah aplikasi Evernote, aplikasi ini digunakan untuk menata atau mangatur dokumen-dokumen penting agar menjadi lebih rapi.

Mungkin bagi seorang penulis, mendapatkan ide yang secara tiba-tiba adalah hal yang sangat biasa, dan evernote ini bisa kamu gunakan untuk mencatat ide yang tiba-tiba muncul tadi.

Selain itu kamu juga bisa menyusun paragraf hingga menyimpan gambar, video, dan audio dengan menggunakan aplikasi evernote ini.

DOWNLOAD

JotterPad

Sumber Gambar : 2 App Studio

Berikutnya adalah aplikasi Jotterpad, aplikasi yang satu ini juga harus diperhitungkan, karena fungsinya yang tak kalah menarik dengan aplikasi-aplikasi menulis pada umumnya

Menyajikan tampilan yang bersih, membuat kamu akan lebih fokus untuk menuangkan ide-ide yang semakin menarik.

Dan untuk format penyimpanan dokumen pada aplikasi JotterPad ini adalah txt, jadi kamu tak perlu khawatir saat membukanya pada perangkat lunak pengolahan kata di aplikasi yang berbeda.

DOWNLOAD

Tesaurus

Sumber Gambar : apkgk.com

Dan aplikasi yang kelima ini biasanya digunakan bukan untuk menulis, melainkan lebih digunakan untuk mencari persamaan kata.

Bagi para penulis yang lebih menyukai menulis puisi, maka aplikasi Tesaurus ini sangat wajib dimiliki. Karena aplikasi ini dapat menambah pembendaharaan kata untuk dijadikan larik-larik puisi yang lebih indah.

Dengan aplikasi ini , puisi yang kamu ciptakan akan lebih berwarna dan tentunya bahasa yang kamu gunakan akan lebih puitis.

DOWNLOAD

    %d blogger menyukai ini: