Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

4 Aplikasi Anti Maling HP Android, Bisa Lacak HP yang Hilang!

Indri Penulis

Punya aplikasi anti maling HP Android penting banget lho. Soalnya aplikasi ini bisa bantu kamu untuk lacak HP Android yang hilang.

Siapa sih yang mau kalau HP-nya sampai hilang dicuri orang? Tapi nggak ada dong. Tetapi kenyataanya itu bisa terjadi pada siapa saja. Makanya nggak adalah salahnya buat punya aplikasi anti maling HP di perangkatmu.

popculture.id

Sebenarnya Google sih sudah menawarkan keamanan Android bawaan, termasuk salah satunya adalah opsi yang disebut Find My Device untuk melacak HP yang hilang. Tapi beberapa aplikasi dari pihak ketiga yang hebat juga ada banyak kok.

Sebagai alternatif, kali ini saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi anti maling HP Android selain Find My Device dengan berbagai fitur ‘tokcerrr’ di dalamnya.

Anti Theft Alarm

Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mencegah terjadinya pencurian HP Andriod. Walau begitu, aplikasi ini juga dibekali fitur ‘pasca-pencurian’ seperti pelacak lokasi HP dan juga penghapus data dari jarak jauh.

Seperti namanya, Anti Theft Alarm akan membunyikan alarm keras dalam keadaan tertentu. Contohnya, kamu bisa atur agar aplikasi ini membunyikan alarm saat seseorang mengambil / mencuri HP ketika sedang di-charge, saat posisi HP bergeser, saat kamu menjatuhkan HP, atau ketika orang lain mengganti kartu SIM. Kamu juga bisa mengaktifkan alarm jarak jauh kalau HP benar-benar sudah hilang.

McAfee Mobile Security

McAfee mungkin paling terkenal dengan aplikasi antivirusnya. Tapi mereka juga menyediakan aplikasi Android dengan fitur anti maling lho.

Apa saja fitur anti maling yang ada di aplikasi ini? Kamu bisa pakai fitur keamanan kunci perangkat, Thief Cam, dan juga fitur untuk menghapus aplikasi dari jarak jauh.

Lalu bagaimana cara kerja McAfee Mobile Security? Jadi saat ada orang salah memasukkan kode PIN sebanyak tiga kali, ponsel tersebut mengunci dirinya sendiri sampai kamu memasukkan kata sandi utama. Menariknya, aplikasi akan otomatis mengambil foto si pelaku lewat fitur Thief Cam saat ia salah memasukkan PIN.

Aplikasi ini juga punya fitur untuk menemukan HP. Kamu bisa melihat lokasi ponsel di peta, membunyikan alarm dari jarak jauh, sampai melakukan pelacakan lokasi ‘langkah demi langkah.’

CrookCatcher

CrookCatcher dirancang khusus untuk membantumu mendapatkan kembali HP yang hilang, sekaligus memberimu kepuasan dengan menangkap identitas pencuri HP-mu yang sedang beraksi secara real-time.

Saat seseorang membuka kunci ponselmu dengan PIN yang salah, aplikasi ini akan mengambil foto orang tersebut dan segera mengirim gambar tersebut via email ke kamu. Email tersebut akan berisi gambar, koordinat dan akurasi GPS, perkiraan alamat jalan, dan juga peta.

Satu hal yang bikin aplikasi ini beda dengan yang lainnya adalah dia sangat hemat baterai. Aplikasi ini hanya akan menyala saat kode yang salah dimasukkan, dan ia tak akan berjalan di latar belakang seperti aplikasi anti maling lainnya.

Prey

Prey adalah aplikasi pelacak anti maling HP yang juga bisa melacak keberadaan laptop, tablet, atau perangkat elektronik yang kompatibel lainnya.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan premium. Versi gratisannya memungkinkan kamu untuk melacak sampai tiga perangkat yang hilang sekaligus. Cuma, versi gratisan akan membatasi kamu pada satu zona keamanan saja.

Sedangkan versi premium-nya jelas lebih canggih. Dengan biaya langgan $5/bulan, kamu bisa menambahkan geo-fencing, tindakan zona kontrol, kunci layar jarak jauh, pesan peringatan, riwayat lokasi, dan dukungan untuk pelacakan lewat GPS, triangulasi WiFi, dan GeoIP.

Itu tadi beberapa aplikasi anti maling HP Android. Yuk mulai sekarang lindungi HP Android-mu pakai aplikasi-aplikasi anti maling. Yah kita sih nggak pernah berharap kehilangan HP, cuma kan kita nggak tahu keadaan besok bakal seperti apa. Ya kan?

    %d blogger menyukai ini: