3 Aplikasi Cache Android Terbaik

Masing-masing Smartphone mempunyai suatu sistem penyimpanan data yang berguna untuk memudahkan prosesor bekerja. Salah satunya ialah data cache. Pasti dalam tiap-tiap aplikasi smartphone Android kita pasti punya data cache.

Tapi apa kalian mengetahui apa sih sebenarnya cache itu? Lalu apakah cache harus di hapus dari smartphone atau tidak? Nah kalau kalian belum tahu apa cache yang sebenarnya, kami akan berikan penjelasan sederhana ke kalian.

Apa itu cache

Secara sederhana cache merupakan data yang sifatnya sementara. Mereka disimpan dalam suatu sistem penyimpanan internal yang ada dalam smartphone. Data cache ini nanti yang akan mencatat apa saja aktivitas kalian pada saat menggunakan sebuah aplikasi. Cache sendiri mempunyai kegunaan untuk membuat kinerja smartphone kalian saat mengakses sebuah aplikasi jadi lebih cepat.

Misalnya, kalian membuka sebuah aplikasi browser. Lalu mengakses suatu situs misalnya Facebook. Kalian pasti sebelumnya akan menuliskan alamat web di kolom pencarian bukan? Setelah itu kalian akan login untuk masuk ke akun Facebook. Proses login ini otomatis akan menyimpan password kalian. Kemudian saat di Facebook kalian akan membagikan foto ke kronologi, maka otomatis Facebook akan membuka galeri foto kalian.

Nah semua aktivitas yang kalian lakukan selama berselancar di Facebook ini nanti akan disimpan dalam data cache.

[irp posts=”45055″ name=”Download Cepat Bukan Segalanya. Ping Juga Sangat Berarti”]

Jadi ketika besok-besok kalian membuka browser untuk mengakses Facebook lagi, kalian tidak perlu menulis alamat web secara lengkap serta login. Hal tersebut karena data kalian sebelumnya sudah tersimpan dalam cache. Jadi, akses ke Facebook juga lebih cepat.

Sampai sini sudah paham kan apa yang dimaksud dengan cache?

Apakah cache harus dihapus?

Data cache memang sangat bermanfaat untuk menghemat waktu serta meningkatkan kecepatan smartphone dalam mengakses sebuah aplikasi. Tapi, jangan senang dulu ya. Karena jika data cache terlalu banyak, justru sebaliknya. Hal tersebut akan membuat kinerja smartphone jadi lebih lemot karena memori internal sudah terlalu penuh.

Dan untuk menanggulangi hal ini, kalian bisa menghapus data cache secara rutin. Tidak perlu setiap hari kalian melakukan ini kok. Bisa kalian lakukan setidak dua hari sekali atau bahkan seminggu sekali. Atau kalian nanti bisa menghapus semua data cache ketika merasa smartphone sudah mulai lemot digunakan.

Cara menghapus cache dari smartphone

Ada dua cara mudah dalam menghapus cache yang bisa kalian lakukan. Dengan menggunakan cara manual maupun menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Menghapus Cache Tanpa Aplikasi

  1. Buka pengaturan di smartphone Android kalian. Lalu, setelah itu kalian masuk Menu Apps. Silakan pilih aplikasi mana yang ingin kalian hapus cache
  2. Setelah kalian masuk ke menu aplikasi, tap pilihan Clear Cache. Setelah itu semua data cache dalam aplikasi yang sebelumnya kalian pilih akan terhapus. Nah ketika kalian membuka aplikasi, maka kalian akan seperti membuka aplikasi untuk pertama kalinya.

Mungkin sekilas cara ini akan terlihat merepotkan. Karena kalian harus menghapus satu per satu cache yang ada dalam aplikasi. Tapi jika kalian merasa itu terlalu repot dan ingin cara yang simpel, bisa coba tips yang kedua.

Menghapus Cache Dengan Aplikasi

Dengan menggunakan aplikasi tambahan, hal tersebut akan membuat proses menghapus cache jadi lebih mudah dan cepat. Nah kami punya beberapa rekomendasi aplikasi yang nanti bisa kalian coba guys.

CCleaner

Aplikasi ini bisa kalian gunakan. CCleaner akan menampilkan manajemen proses yang terjadi dalam ponsel kalian. Aplikasi ini juga akan mengoptimalkan history yang ada dalam browser Android kalian. Tidak hanya itu saja. Aplikasi ini bahkan bisa membantu menghapus file sampah yang ada dalam memori kalian.

DOWNLOAD

Smart Booster

Salah satu rekomendasi aplikasi yang bisa buat posel kalian ngebut adalah Smart Booster. Aplikasi yang satu ini mempunyai banyak tools yang sangat bermanfaat. Apalagi jika soal membersihkan RAM.

Smart Booster akan menyingkirkan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Smart Booster juga bisa membersihkan semua proses yang menumpuk dalam smartphone. Kartu SD juga tidak luput dari pembersihan aplikasi ini. Smart Booster akan membersihkan kartu SD dari folder yang tidak terpakai.

DOWNLOAD

Clean Master

Dengan menggunakan aplikasi ini, kami jamin smartphone kalian nanti pasti akan bisa dibersihkan dari cache, file sampah, history pencarian, dan hingga aplikasi yang sudah di-uninstall sebelumnya.

Selain itu, masih ada banyak fitur yang bisa kalian gunakan dalam aplikasi satu ini guys. Salah satunya adalah adanya History Eraser yang akan menolong kalian untuk menghapus serta menghilangkan file residual dengan mudah.

DOWNLOAD

Nah itu tadi guys penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan cache dan bagaimana cara menghapusnya. Semoga penjelasan tentang cache itu tadi bisa membantu kalian ya guys. Semoga bermanfaat.