5 Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp, Beserta Keunggulannya

Sebelum adanya perkembangan teknologi secanggih sekarang ini, dulu ketika orang saling berkomunikasi melalui smartphone dalam bentuk teks, pasti yang mereka gunakan adalah Short Message Service (SMS).

Namun seiring dengan kemajuan internet, SMS sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan dan orang-orang beralih ke aplikasi chatting.

Mengapa seperti itu? Hal ini karena aplikasi chatting hanya memanfaatkan sedikit kuota internet dan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan menggunakan SMS, yang membutuhkan beberapa ratus rupiah pulsa setiap kali mengirim pesan.

Dan sekarang ini banyak sekali aplikasi chatting untuk Android  di Google Play Store yang nampaknya sama baiknya.

Namun hal tersebut tak selama benar, karena meskipun menawarkan fitur chatting, pasti ada perbedaan antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lain, baik dari segi keunggulan maupun kekurangan.

Tanpa basa basi lagi, berikut adalah 5 aplikasi chatting terbaik selain WhatsApp yang bisa kamu gunakan.

Viber

Sumber Gambar : wikiHow

Sebelum adanya Whatsapp, aplikasi Viber ini dulu juga sempat populer. Meskipun Viber sekarang memang tak sepopuler Whatsapp, namun aplikasi ini termasuk kedalam salah satu aplikasi chatting terbaik.

Viber ini bisa dibilang sebagai aplikasi kolaborasi antara Blackberry Messager dengan WhatsApp. Dan hampir semua fitur yang ada pada WhatsApp, dimiliki juga oleh Viber.

Beberapa fitur keunggulan yang ada pada Viber adalah panggilan suara, panggilan video, unsend pesan, dan tentunya fitur pesan terenkripsi end-to end.

Jika suatu saat nanti kamu bosan dengan WhatsApp, kamu juga bisa mencoba aplikasi Viber ini.

DOWNLOAD

Telegram

Sumber Gambar : BT.com

Aplikasi chating yang kedua ini merupakan aplikasi chatting yang mempunyai banyak sekali fitur menarik dan unik didalamnya.

Jika pada aplikasi chatting yang lainnya kamu hanya bisa unsend pesan, namun didalam Telegram ini kamu juga bisa mengedit pesan yang telah kamu kirim.

Selain itu, Telegram juga bisa diandalkan untuk menjaga pesan rahasia, karena pesan tersebut bisa seketika hilang. Gimana keren bukan?

DOWNLOAD

Snapchat

Sumber Gambar : Her.ie

Jika kamu salah satu pengguna Instagram, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan aplikasi Snapchat.

Hampir mirip dengan Instagram, Snapchat merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang sekaligus bisa digunakan untuk mengirim pesan.

Namun bedanya dengan Instagram, Snapchat ini tidak bisa menyimpan konten yang telah kamu bagikan layaknya di Instagram.

Setelah konten yang kamu pilih dibagikan, maka otomatis selang beberapa jam akan hilang, itulah sebabnya mengapa Snapchat tidak begitu membebani media penyimpanan.

DOWNLOAD

Kik

Sumber Gambar : www.kik.com

Apakah kamu suka berkenalan dengan orang-orang baru? Jika iya, maka aplikasi Kik ini wajib kamu coba.

Kik merupakan aplikasi perpesanan yang khusus dirancang untuk kamu yang senang bergaul dan berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia.

Aplikasi Kik ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat grup apa saja sesuai dengan hobi penggunanya.

Tentu sangat seru kan bisa berkenalan dengan orang baru yang memiliki kesamaan hobi dengan kita?

DOWNLOAD

WeChat

Sumber Gambar : Jing Daily

Kemudian yang kelima adalah WeChat. Aplikasi chatting ini memiliki salah satu fitur yang menarik yaitu Nеаrby Реорlе.

Hanya dengan shake ponselmu, maka kamu bisa langsung terhubung dengan orang yang lokasinya berada didekatmu. Jadi aplikasi WeChat ini juga sangat memungkinkanmu untuk mendapatkan teman baru.

Selain itu, WeChat juga mempunyai fitur lain selayaknya aplikasi chatting pada umumnya. Beberapa diantaranya seperti fitur раnggilаn vidео, реsаn suаrа, mеngirim stikеr, mеmbuаt gruр chat, dаn fitur mеnаrik lаinnyа.

DOWNLOAD

Diantara beberapa plilihan aplikasi chatting di atas, mana nih yang menjada pilihan favoritmu?