5 Aplikasi Ebook Android Terbaik Saat Ini

aplikasi ebook android

Baca buku atau novel adalah salah satu hobi saya. Oleh sebab itu, aplikasi ebook reader menjadi salah satu aplikasi yang harus ada di handphone saya. Kali ini, saya mau membahas beberapa aplikasi ebook Android terbaik.

Sebelum masuk ke daftar aplikasi ebook Android tersebut, saya mau membicarakan fitur yang biasanya membuat sebuah ebook reader berkualitas.

  1. Mendukung pengaturan format ebook dan penggunaan aplikasi.
    Contohnya: Mengatur besar dan jenis huruf, jarak spasi dan margin, fungsi swipe, tema gelap/terang, dll.
  2. Mendukung pengaturan koleksi buku, seperti update buku termasuk integrasi dengan layanan cloud atau sumber ebook lain.
    Misalnya, kalau kita menyimpan koleksi ebook di Dropbox, kapanpun kita ingin membaca, kita tinggal mengunduhnya langsung ke dalam aplikasi.
  3. Mendukung daftar isi dan pembatas buku (bookmark).
    Kalau kita sering berpindah-pindah ebook (bosan itu wajar kok), tentunya kita ingin menandai sampai di mana kita membaca.
  4. Sinkronisasi penyimpanan pengaturan dan bookmark di cloud.
    Dengan sinkronisasi ini, kamu bisa berganti perangkat dengan mudah (handphone baru?), tanpa harus sibuk mengatur dan berburu halaman terakhir yang dibaca.
  5. Menandai kalimat, membuat catatan, dll.
    Yang ini terus terang jarang saya lakukan (saya biasanya baca buat hiburan saja). Tapi mungkin ada yang membaca buku referensi, dan ingin menandai bagian penting. Siapa tahu?

Baca juga: Bagaimana Memilih Aplikasi Terbaik dari Bursa


Jadi mari kita lihat saja jajaran aplikasi ebook terbaik Android ini.

1. Moon+ Reader

Tak pelak lagi, Moon+ Reader adalah salah satu aplikasi ebook reader favorit di Android. Aplikasi ini mendukung berbagai format ebook, seperti epub, mobi, pdf, fb2, dll, memiliki pengaturan halaman lengkap (termasuk day/night mode), pengaturan gestur, backup/restore data via DropBox, dan membuat catatan.

aplikasi ebook android moon reader

Tampilan Moon+ Reader

Pengaturannya cukup kompleks. Butuh beberapa kali percobaan untuk bisa menemukan paduan font, margin, warna, dll yang sesuai keinginan. Tapi kalau sudah menemukan, Moon+ Reader nyaman digunakan.

Salah satu yang saya suka dari Moon+ Reader adalah kalau kita menambahkan ebook baru ke folder utama, aplikasi ini akan secara otomatis melakukan update koleksi buku. Yang agak mengecewakan, walau pun tersedia lokasi download ebook gratis (Project Gutenberg, Feedbooks, dll), Moon+ Reader tidak menawarkan akses langsung ke koleksi kita di cloud.

Moon+ Reader tersedia dalam versi komersial dan gratis. Versi komersialnya, Moon+ Reader Pro bisa didapat dengan harga Rp67.000.

DOWNLOAD


2. Aldiko Book Reader

Aldiko Book Reader juga merupakan salah satu aplikasi ebook reader yang populer. Aldiko juga mampu membaca berbagai format ebook, seperti epub dan pdf, mendukung pengaturan tampilan font dan halaman, mengatur gestur, juga fungsi lainnya. Aldiko memberikan akses ke toko buku Feedbooks. Di sana kita bisa download ebook gratis maupun komersial.

aplikasi ebook android aldiko book reader

Tampilan Aldiko Book Reader

Aldiko juga punya banyak pengaturan (walau tidak sekompleks Moon+ Reader). Sebagai contoh, kita bisa mengatur warna teks dan background untuk day/night mode, tapi tidak bisa mengatur warna sendiri (tidak ada slider RGB).

Yang saya suka, Aldiko Book Reader menyediakan akses ke layanan cloud. Dengan mudah kita bisa mengunduh ebook dari Dropbox atau Google Drive. Bisa juga menambahkan layanan cloud lain seperti OneDrive. Yang kurang saya suka, Aldiko kadang agak lambat digunakan. Baik mengimpor ebook (dari microSD card misalnya), atau ketika animasi mengganti halaman diaktifkan.

Aldiko tersedia dalam versi komersial dan gratis. Aldiko Book Reader Premium bisa didapat dengan harga Rp67.000,-.

DOWNLOAD


Baca: Aplikasi Keyboard Terbaik untuk Android dan iOS


3. eBoox Book Reader

Aplikasi ebook Android yang satu ini mungkin yang paling sederhana di antara semuanya. Walau punya pengaturan huruf dan halaman, pengaturannya tidak banyak dan tidak rumit. Sayangnya, aplikasi ini tidak (mungkin belum) memiliki integrasi dengan layanan cloud. Koleksi ebook harus diunduh dan diimpor ke aplikasi ini terlebih dahulu. Toh eBoox tetap menyediakan lokasi untuk download ebook gratis, seperti Project Gutenberg dan FB2BOOKS.

aplikasi ebook android eboox

Tampilan eBoox Book Reader

Lucunya, di sini saya menentang persyaratan saya sendiri. Karena saat ini, aplikasi ebook reader inilah yang saya gunakan untuk membaca novel. Alasannya sederhana. Saya suka dengan tampilannya. Walaupun pengaturan halamannya tidak banyak, hasilnya sesuai dengan keinginan saya. Sejauh ini, digunakan juga enak.

Aplikasi eBoox bisa didapat secara gratis di Play Store. Kelihatannya aplikasi ini masih cukup baru. Tapi cukup mendapat rating yang bagus.

DOWNLOAD


4. FBReader: Favorite Book Reader

FBReader juga merupakan salah satu aplikasi ebook reader favorit. Secara umum aplikasi ini memiliki fitur seperti aplikasi ebook Android lain. Pengaturan huruf dan halaman, gestur, dll. Aplikasi FBReader memiliki beberapa plugin tambahan untuk mendukung beberapa fungsi. Misalnya untuk tampilan rak buku (FBReader Premium mendapatkannya tanpa iklan).

aplikasi ebook android FBreader

Tampilan FBReader

Kelebihan FBReader menurut saya ada di kemampuannya memperbarui daftar koleksi otomatis kalau ada buku ditambahkan ke folder buku. Lalu, sumber untuk download ebook gratis juga cukup banyak. Sedangkan yang saya kurang suka dari aplikasi ini adalah selain tidak terlalu cepat, menu aplikasi kurang bersahabat.

FBReader tersedia secara komersial dan gratis. FBReader Premium saat ini sedang diobral dengan harga Rp6000.

DOWNLOAD


Baca juga: Buku yang Layak Dibaca di Tahun 2017


5. eReader Prestigio: Book Reader

Aplikasi ebook reader ini juga merupakan salah satu yang populer. eReader Prestigio juga mendukung banyak format ebook (juga audio book), mendukung pengaturan huruf dan halaman, pilihan tema, dll. Aplikasi ini memiliki toko buku (dan download ebook gratis), juga integrasi dengan beberapa layanan cloud (Google Drive, OneDrive, Dropbox).

aplikasi ebook android ereader prestigio

Tampilan eReader Prestigio

Yang saya suka adalah integrasi langsung dengan layanan cloud, dan tampilannya yang bagus. Yang saya kurang suka, aplikasi ini cukup berat. Lalu ada pilihan scan device, yang cukup oke, tapi tidak bisa dipilih dari folder apa. Jadi ada kemungkinan file yang bukan ebook juga akan terbaca.

eReader Prestigio bisa didapat secara gratis di Play Store.

DOWNLOAD


Itulah beberapa aplikasi ebook Android yang saya anggap bisa disebut sebagai yang terbaik. Memang ada banyak aplikasi ebook reader lain. Mungkin kamu juga punya pilihan sendiri. Kalau kamu memang sudah mencoba banyak aplikasi seperti ini, dan punya aplikasi ebook favorit, jangan malu-malu untuk berbagi. Selamat membaca.

Ada komentar?