5 Aplikasi Editor Foto Terbaik untuk Android

aplikasi editor foto android adobe lightroom

Apa aplikasi editor foto terbaik di Android? Sebuah pertanyaan yang muncul ketika seseorang mulai menggeluti mobile photography.

Aplikasi edit foto merupakan peralatan yang berguna. Di era digital, kamu pasti membutuhkannya. Bahkan, kami menganggapnya sebagai aplikasi wajib di smartphone.

Ada begitu banyak aplikasi fotografi di Play Store. Mulai dari aplikasi kamera, edit foto profesional, sampai dengan efek khusus (mengubah jadi seperti lukisan, beautycam, dll).

Tapi kalau menyebut aplikasi editor foto terbaik, berarti aplikasi itu harus bisa membuat foto menjadi lebih bagus. Meliputi berbagai tool edit standar (seperti Photoshop), bisa digunakan untuk berbagai keperluan (tidak hanya berdasar tren), dan mudah digunakan.


Baca juga: 5 Website untuk Edit Foto Online Gratis


Pixlr

Pixlr merupakan aplikasi editor foto populer. Aplikasi ini juga punya banyak fitur editing. Seperti crop, rotate, double exposure, mengatur pencahayaan, blur, sharpen, dll. Kalau kamu ingin lebih dari itu, Pixlr juga memberikan tool seperti brush, filter, frame, dan edit teks.

Di samping peralatannya yang banyak, Pixlr juga enak digunakan. Misalnya menggelapkan bagian foto dengan tool brush menggunakan jari. Kontrolnya mudah, dan kita bisa melihat perbedaan sebelum dan sesudah edit foto.

DOWNLOAD

Snapseed

Aplikasi editor foto buatan Google ini sudah terkenal kemampuannya. Snapseed memiliki banyak tool edit foto. Mulai dari mengolah pencahayaan foto, mengatur detil foto, healing brush, perspektif, dll.

Snapseed juga memiliki sistem “stack” yang bekerja seperti layer di Photoshop. “Stack” merupakan daftar tindakan edit yang kita lakukan. Asiknya, kita bisa bebas melakukan edit ulang “stack” untuk mencari hasil yang paling keren.

DOWNLOAD

Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom adalah dua program pengolah gambar populer untuk desktop. Untuk Android, Adobe memiliki beberapa aplikasi edit foto. Adobe Photoshop Lightroom adalah yang layak dipilih.

Seperti nama besarnya, Adobe Photoshop Lightroom memiliki banyak tools untuk edit foto. Mulai dari yang mendasar seperti brightness, contrast, highlight, shadows, sampai menggunakan curve, split toning, dehaze, dan lens correction.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sedikit berbeda dan tidak “semudah” aplikasi lainnya. Adobe Photoshop Lightroom mungkin juga “tidak cepat” dalam proses editing. Tapi hasil editnya boleh diacungi jempol.

DOWNLOAD


Baca juga: 6 Fitur Dasar Edit Foto Instagram


Fotor

Fotor juga sebuah aplikasi editor foto populer. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur editing, mulai dari mengatur pencahayaan, memilih kondisi (scenes), berbagai efek, dan mengatur detil foto. Selain tools edit foto tersebut, Fotor juga menawarkan fitur lain seperti frame, menambah teks, stiker, atau pixelate.

Dari segi fotografi sendiri, edit foto Fotor mungkin tidak sehalus aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, aplikasi kelengkapan fitur dan kemudahannya membuat aplikasi ini layak jadi pilihan.

DOWNLOAD

Photo Editor by Aviary

Aplikasi ini sudah beredar cukup lama. Seperti aplikasi lain, Photo Editor by Aviary juga menawarkan berbagai fitur. Ada pencahayaan, kontras, temperatur, saturasi, color balance, dll. Di samping itu juga ada fitur kosmetik, berbagai efek, stiker, menambah tulisan di foto, dll.

Aviary sekarang dimiliki oleh Adobe. Sebelumnya, platform edit foto ini sempat dimiliki oleh Autodesk yang terkenal dengan produk seperti Maya, AutoCAD, dll. Kalau perusahaan besar mempercayainya, kenapa kita tidak?

DOWNLOAD

%d blogger menyukai ini: