Aplikasi Email Hop Mengubah Email Seperti Chatting

aplikasi email hop android

Apa yang bisa diharap dari sebuah aplikasi email? Mengatur inbox? Mengelola banyak akun sekaligus? Integrasi dengan berbagai layanan? Bagaimana dengan tampilan yang membuat email terlihat seperti obrolan biasa? Itulah terobosan dari aplikasi email Hop.

Memang, di era smartphone ini kita lebih sering memilih menggunakan aplikasi chatting daripada email. Selain obrolan berjalan lebih alami, tampilan aplikasi chatting nampak lebih santai daripada aplikasi email. Email seringkali terlihat terlalu resmi, kaku, dan rumit.

Hop mengubah hal tersebut. Saat membaca dan membalas email, tampilannya tampak seperti WhatsApp, Line, Skype, dll. Dalam balon percakapan!

tampilan aplikasi email hop iPhone

Tampilan aplikasi email Hop iPhone

Hebatnya, hal ini tidak membuat Hop kehilangan fungsi sebagai aplikasi email. Aplikasi ini masih memiliki fitur-fitur email klasik.


Baca juga: Visme: Membuat Presentasi dan Infografis dengan Mudah


Fitur Aplikasi Email Hop

Mari kita urutkan fiturnya agar lebih mudah dibaca.

  • Mendukung banyak akun (Google, Outlook, Exchange, dll)
  • Inbox gabungan
  • Prioritas — Mengutamakan email penting berdasar percakapan.
  • Tampilan seperti aplikasi chatting
  • Fungsi pengelolaan email: Snooze, jadwal ulang, arsip, blok email, menandai sudah/belum dibaca, dll.
  • Melihat lampiran (attachment) tanpa harus membuka email satu persatu.
  • Fungsi pencarian
  • Memberi tanda kalau email yang kamu kirim sudah dibaca, dan kalau penerima langsung membalas (typing…).
  • Pengaturan inbox, quick swipe, terjemahan, tanda tangan (signature) notifikasi, dll.
  • Fungsi kalender
  • Mendukung email grup, dengan tampilan percakapan, dan fungsi seperti email.
  • Mendukung layanan cloud.
  • Mendukung balasan cepat.
  • Punya koleksi animasi¬†GIF.
  • Berbagi lokasi.

Dari fitur di atas, bisa kita lihat aplikasi email Hop cukup powerful. Cukup? Ah, lebih dari cukup sebenarnya.

Kalau kita buka salah satu percakapan, dan melihat ¬†ke dalam pilihan details & setting, akan terlihat pengaturan email, semua lampiran yang ada, dan riwayat balas-membalas email. Jadi, kalau ingin melihat kronologis “secara email” bisa lebih mudah.


Tampilan Aplikasi Email Hop

Di sisi inilah Hop menunjukkan kelebihannya. Hop adalah sebuah revolusi aplikasi email. Tampilan aplikasi ini mengubah perilaku email klasik menjadi sesuatu yang terasa alami.

Toh¬†kita bisa mengubah tampilannya seperti email biasa ketika membalas email. Ada tombolnya di sebelah kanan bidang ketikan. Ini cukup membantu kalau misalnya kita ingin menggunakan nuansa yang lebih–ahem–resmi.

tampilan aplikasi email hop android

Tampilan aplikasi email Hop Android

Dengan dukungan gestur swipe, navigasi Hop mudah dilakukan. Baik berpindah antar percakapan email, berpindah akun, berpindah antar fungsi (email, kalender, grup, kontak), dll. Tampilannya yang bersih dan simpel juga membantu melihat daftar email dengan cepat.

Oya, Hop juga menampilkan email berformat HTML (biasanya newsletter) dengan baik.


Baca juga: Franz: Banyak Aplikasi Chatting di Satu Tempat


Performa dan Pengalaman Penggunaan

Sejauh yang saya gunakan, aplikasi ini berjalan lancar dan cepat. Yah, belum ada masalah sama sekali.  Apakah Hop sudah sedemikian bagus? Belum juga.

Sejujurnya, saat menggunakan aplikasi email Hop ini kadang ada perasaan canggung. Bukan dalam arti buruk. Namun, format yang seperti percakapan ini sering membuat lupa kalau kita sedang membalas email.

Untuk yang belum terbiasa, mungkin akan sedikit kesusahan mengatur penggunaan aplikasi ini. Karena tampilannya yang bersih, banyak pilihan tersembunyi. Lalu pilihannya sendiri memang banyak. Jadi, sekali lagi, butuh sedikit waktu untuk menatanya sesuai dengan yang kita inginkan.

Saya juga menemui bahwa Hop untuk Android masih belum bisa menambahkan undangan acara (event) yang dikirim lewat lampiran langsung ke kalender. Hm, bisa jadi saya yang belum menemukan caranya. Nanti akan saya tanyakan.


Aplikasi email Hop bisa didapat dengan gratis baik untuk Android dan iOS. Aplikasi ini menerima rating yang baik di bursa aplikasi kedua platform tersebut. Kalau ingin mencoba, silakan unduh dari tautan di bawah ini.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

Ada komentar?