Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

5 Aplikasi File Manager Terbaik Pengganti Explorer

Untuk kamu yang sedang bosan dengan tampikan File Explore yang itu-itu saja dari jaman Jahiliyah, saya akan berikan beberapa aplikasi File Manager yang menurut saya terbaik. Bisa menjadi alternatif yang mungkin layak dipertimbangkan baik dari segi tampilan hingga fitur-fitur tambahannya.

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi serupa yang bisa anda stalking-in sendiri di google. Namun tidak mungkin kan kalau kamu secara liar mencari tanpa surat rekomendasi dari yang berpengalaman.. ๐Ÿ˜Ž ย Bisa-bisa yang terjadi malah sebel sendiri karena dikecewakan..

popculture.id

Oke, langsung aja ya.. Sekedar referensi awal, saya akan berikan 5 rekomendasi aplikasi yang bisa kalian coba.

Directory Opus

Directory Opus adalah aplikasi pertama yang layak kalian coba pertimbangkan, karena Directory Opus termasuk aplikasi senior yang sudah rilis sejak 1990, WOW.. dengan umur setua itu hampir tidak mungkin aplikasi ini tidak melakukan update dan upgrade.

Yang buat Directory Opus menarik adalah aplikasi ini tidak hanya memiliki 1 panel saja, melainkan terdapat 2 panel yang sudah pasti akan memudahkan kita jumping-jumping antar Folder bahkan Partisi yang sedang pantau.

Dengan panel ganda seperti ini akan memungkinkan kamu untuk melakukan aktifitas copy paste dengan cepat, dari ini saja sudah kelihatan keunggulannya dari File Explore Default bukan?!

Selanjutnya, Directory Opus juga sudah mendukung Zip, 7Zip, RAR dan archive lain. Ini juga merupakan keunggulan lain dari aplikasi senior ini. Kamu bisa langsung buka File Archive tersebut tanpa harus menginstall aplikasi tambahan seperti WinRar.

Kelebihan berikutnya ada pada FTP atau File Transfer Protocol, Directory Opus menggarap ini dengan bagus. Sehingga fitur tambahan ini bisa menjadi pertimbahan tambahan yang menurut saya sangat layak diapresiasi.

Dengan kekayaan fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini, tidak membuat tampilan aplikasi ini jadi ribet kok, malah terbilang simpel dan ramah anak-anak baru. So, bagi kamu yang mau coba nggak usah ragu, langung gas aja..

Q-Dir

Nah, aplikasi kedua kita adalah Q-Dir, alias Quad-Directory Explorer. Jika sebelumnya Directory Opus punya 2 Panel, Q-Dir ini hadir sebagai kompetitornya yang dibekali dengan fitur 4 Panel. Kamu tidak perlu newtab 4 kali untuk membuka 4 panel ini, karena panel-panel tersebut sudah menjadi fitur default Q-Dir.

Panel-panelnya pun editable loh, kamu bisa custom sendiri ukuran mereka dengan skala prioritas kerjaanmu jadi panel yang paling besar misalnya. Jika kamu ingin lebih maksimal mengoperasikan 4 panel ini, mulailah menggunakan dengan menggunakan layar PC yang sedikit besar.

Jika kamu sudah mencoba Q-Dir, saya yakin kamu bakalan menemukan semua fitur standar aplikasi Explorer bawaan Wiindows. Jadi tidak perlu khawatir merasa kehilangan ya..

Fitur tambahan lain yang dimiliki Q-Dir adalah pewarnaan File dan Folder, fitur ini akan sangat berguna untuk kamu yang ingin bergerak lebih cepat mencari destinasi tanpa harus membaca satu-satu nama filenya.

Lalu untuk mendukung kecepatan penggunaan kamu, Q-Dir juga dibekali dengan fitur folder Favorite sebagai cara cepat akses, ya kalau di Explorer semacam shortcut lah..

Yang membuat Q-Dir ini unik adalah aplikasi ini bisa berjalan portable, yang artinya kalian bisa gunakan bahkan melalui USB Drive saja. Keren bukan??

XYplorer

Nampaknya multi panel adalah fitur wajib yang harus ada pada File Manager ya, sama seperti 2 Aplikasi di atas, pengganti Explorer yang akan saya rekomendasikan kali ini juga memiliki panel ganda, dialah Xyplorer.

Namun yang membuat aplikasi ini berbeda adalah panelnya support Horizontal layaknya sebuah browser, jadi untuk kamu yang ingin tampil beda Xyplorer bisa jadi solusi terbaik saat ini.

Selain itu, XYplorer juga memiliki segudang fitur yang akan sangat membantu kamu berpindah dan bekerja lebih cepat. Misalnya seperti halnya tombol cepat keyboard, pewarnaan file seperti halnya Q-Dir, dan penyempurnaan fitur sortir dan search yang lebih canggih dari file Explorer bawaan windows.

Files App / Aplikasi Files

Hampir sama dengan pendahulunya, Windows Explorer, aplikasi Files App memiliki tampilan yang sangat mirip. Tapi jika kamu merasa bosan, jangan kuatir Files App memungkinanmu untuk mengubah tema langsung dari setting bawaannya.

Files App dinilai cukup sempurna karena memiliki ratusan kontributor yang ikut bantu support dan ide update upgrade. Jadi bisa dibilang, aplikasi ini memiliki banyak perhatian. Sehingga bug, updgrade, update masih sangat mungkin berkembang.

Nah, selengkapnya kamu bisa kepoin sendiri lewat link ini ya aplikasi files.

    %d blogger menyukai ini: