Aplikasi Files, Solusi Buat yang Kurang Puas Sama Explorer Windows

Buat kalian yang merasa bosan dengan file Explorer bawaan windows, kalian wajib coba aplikasi canggih satu ini, Aplikasi Files atau dikenal juga dengan Files App. Kamu bisa langsung men-download-nya secara gratis melalui Windows Store atau Website aslinya di files.community.

Tidak perlu khawatir, kamu tidak akan kehilangan fitur File Explorer bawaan kok, karena kamu akan menemukan semua fitur yang ada di File Explorer pada Aplikasi File (Files App). Justru sebaliknya, Aplikasi alternatif ini malahan lebih kaya fitur yang aku yakin kamu bakal suka.

Aplikasi ini dirancang dan dikembangkan oleh ratusan kontributor yang secara aktif memberi masukan dan saran professional untuk menjadikan aplikasi Files (Files App) lebih sempurna. Ohiya, jika berkenan kamu juga ikut gabung sebagai kontributor loh..

Kelebihan Aplikasi Files (Files App)

Secara tampilan default Files App tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan File Explorer bawaan dari Windows. Namun jika kamu merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu aja terlebih dengan warna kuningnya yang menjenuhkan, kamu bisa langsung pencet tombol gear yang terdepat di pojok kanan atas dan cari kolom Appearance. Di sanalah kamu bisa menemukan kelebihan Files App yang pertama yakni Custom Theme.

Kelebihan kedua adalah FilePreview, berbeda dengan File Explore bawaan pada umumnya, File Preview yang dimiliki Files App memuat informasi yang cukup detail. Jadi dengan begini kamu tidak perlu melakukan klik kanan properties untuk mengetahui informasi file tersebut.

Fitur file preview yang terdapat pada Aplikasi Files juga sudah mendukung semua jenis file, bahkan folder. Jelas pada Explorer Windows belum support untuk melakukan preview sebuah folder, jika kamu coba aktifkan sidebar dan mengarahkan pada Folder, file preview pada Explorer Windows tidak akan menampilkan apapun.

Layaknya sebuah browser, aplikasi Files (Files App) ini mendukung Multitask Tab dengan tampilan yang melintang horizontal di kolom atas, namun tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa mengoperasikan multitask-nya dengan lebih dari satu Windows. Dengan ini kamu sudah mengetahui kelebihan ketiga yakni Multitask With Tabs.

Selanjutnya, yang menjadi primadona para pengguna Files App adalah kelebihannya yang keempat yaitu Tagged Files & Folders. Fitur ini sangat bermanfaat jika ingin menemukan file yang sering kamu buka dengan cepat. Tanpa bingung membaca satu persatu nama files idaman, kamu bisa memberikan tanda atau tag pada file tersebut. Misal dengan menambahkan warna Orange menyala di samping nama File.

Nah, dengan penambahan tag tersebut, kamu tinggal scroll dengan cepat dan stop jika sudah menemukan lingkaran Orange yang sudah sudah di-setting tadi.

Namun sebelum menggunakan fitur ini, kamu harus mengaktifkannya secara manual terlebih dahulu melalui logo gear atau setting. Mungkin karena fitur ini masih masuk dalam kategori Experimental, jadi after installation fitur tag ini belum secara otomasis aktif. Tapi sejauh ini, penggunaan fitur ini masih sangat aman, dengan kata lain aman-aman aja.

    %d blogger menyukai ini: