5 Aplikasi Fintech Paling Populer di Indonesia

aplikasi fintech

Finansial teknologi atau yang sering disebut fintech merupakan salah satu sektor startup yang saat ini sedang digandrungi, terlebih di Indonesia. Bagaimana tidak, layanan keuangan berbasis digital memang dianggap cukup menjanjikan. Terlebih pihak pemerintah juga telah menganggap bahwa layanan yang ada pada startup fintech ini dapat memajukan perekonomian digital sebuah negara. Siapa saja bisa menggunakan layanan ini. Terlebih layanan yang diberikan dapat membuat transaksi menjadi lebih praktis dan sederhana, pasti masyarakat akan semakin suka.

Lalu apa saja sih aplikasi fintech yang ada di Indonesia? Berikut ini merupakan beberapa aplikasi fintech paling popular yang ada di Indonesia.

DOKU

startup fintech

Sebelum ada Go-Pay, aplikasi ini sudah eksis terlebih dahulu. DOKU bisa disebut sebagai aplikasi yang cukup senior di Indonesia. Aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2007 ini memiliki layanan keuangan dengan fitur yang user friendly.

Pengguna tidak hanya bisa menerima dan mengirim tagihan saja, namun DOKU juga akan membantu pengguna dalam mengontrol jumlah pengeluaran dengan cara memisahkan menjadi 2 kategori, yakni tabungan dan uang belanja. Tabungan tersebut nantinya bisa disimpan pada deposito. Bisa juga dalam bentuk tabungan berjangka pada masing-masing pengguna.

Go-Pay

Awalnya Go-Jek memang bukan startup fintech. Namun salah satu fitur pembayarannya, yakni Go-Pay, telah banyak digunakan oleh masyarakat. Kamu yang sering menggunakan layanan Go-Jek pasti sudah tidak asing lagi menggunakan Go-Pay.

Dengan menggunakan Go-Pay, sekarang kamu tidak hanya bisa membayar ongkos transportasi online saja. Namun juga bisa digunakan untuk membayar berbagai keperluan lainnya, seperti membeli pulsa, membeli token listrik, membeli makanan, membeli tiket nonton di bioskop, dan masih banyak lainnya.

CekAja.com

Aplikasi fintech selanjutnya yang populer di Indonesia adalah CekAja.com. Ternyata CekAja.com merupakan startup dari anak perusahaan Grup C88 Financial Technologies yang berasal dari Malaysia.

Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan keuangan digital, seperti kredit kendaraan bermotor dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga mempunyai fitur kartu kredit yang bisa memberikan informasi secara update mengenai seputar layanan finansial.

Bareksa.com

Bareksa.com merupakan aplikasi yang bisa memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi tentang produk reksadana, obligasi, info saham, dan invesasi secara lebih detail. Manajemen investasinya pun disusun dengan kebutuhan setiap pengguna. Startup yang satu ini juga sudah mendapatkan izin resmi dari pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

KitaBisa.com

aplikasi fintech

Aplikasi startup fintech yang satu ini memiliki konsep yang berbeda karena ada misi sosialnya. Mungkin kamu sudah sering mendengar nama Kitabisa.com. Menawarkan platform crowdfunding online pertama di Indonesia, sehingga siapa saja bisa menggalang dana secara terbuka. Sudah banyak orang yang terbantu berkat penggalangan dana di Kitabisa.com, lho! Keren kan?

Itu tadi beberapa aplikasi fintech yang saat ini sedang populer di Indonesia. Mana nih aplikasi fintech favoritmu? Tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu sebagai pengguna juga harus bijak saat menggunakan. Jangan sampai karena urusan finansial menjadi semakin mudah, eh malah terlena untuk boros.