Aplikasi iMovie 3.0 Boyong Fitur Anyar Storyboards dan Magic Movie

Indri Penulis

Apple memperkenalkan versi terbaru aplikasi iMovie 3.0. Aplikasi ini memboyong serangkaian fitur yang memudahkan siapapun berbagi cerita dengan video.

Apa saja fitur baru yang disajikan oleh aplikasi iMovie 3.0? Ada dua fitur baru yang diboyong iMovie 3.0, mereka berdua adalah fitur Storyboards (papan cerita) dan Magic Movie.

Fitur Storyboards membantu calon konten kreator dan pembuat film untuk bejalar mengedit, serta meningkatkan storytelling skills mereka dengan template siap pakai (contoh template untuk video DIY, tutorial masak, ulasan produk, eksperimen sains, dll).

Sementara Magic Movie secara instan bisa dipakai untuk membuat video dari klip dan foto, sekaligus memolesnya sampai jadi. Magic Movie mampu menambahkan efek transisi, efek animasi, sampai musik ke hasil edit.

Untuk lebih jelasnya soal kedua fitur di atas, kamu bisa cek ulasan kami berikut ini.

Storyboards

Seperti yang saya sebutkan tadi, Storyboards cocok banget buat konten kreator atau pembuat film pemula. Fitur ini akan membantu pemula belajar mengedit dan meningkatkan storytelling skill mereka.

Tenang, fitur ini nggak akan membiarkan kamu bikin mengedit film dari nol kok. Justru sebaliknya, kamu bisa memilih lebih dari 20 storyboards populer seperti untuk tutorial memasak, Q&A, ulasan produk, laporan berita, dll.

aplikasi imovie 3.0

Setiap storyboards punya daftar gambar, yang akan mengatur klip untuk menceritakan narasi tertentu. Sedangkan setiap placeholder akan menyertakan gambar mini ilustratif, bersama dengan beberapa tips merekam klip agar lebih menarik.

aplikasi imovie 3.0

Walaupun sudah menyediakan beberapa template video siap pakai, tapi pengguna Storyboards masih tetap bisa bereksperimen kok. Pengguna bisa memberikan sentuhan tampilan video yang berbeda. Contohnya dengan membuat judul dan transisi, opsi tata letak judul, font, filter, sampai menambahkan palet warna sesuai selera.

Terus gimana soal audio-nya? Tenang, fitur ini sudah dibekali kemampuan untuk mengatur panjang audio/musik sesuai durasi video. Kamu juga bisa menggunakan tools intuitif seperti trim, split, clip speed, dan volume clip untuk mengatur audio.

Magic Movie

Sesuai namanya, Magic Movie akan membantumu menciptakan video yang indah (lengkap dengan judul, transisi, dan musiknya) hanya dengan beberapa ketukan.

Untuk membuat Magic Movie, kamu cukup memilih album atau foto apapun dari ponselmu. Kalau sudah, Magic Movie nanti akan langsung mengidentifikasi bagian terbaik dari rekaman dan membuat proyek.

aplikasi imovie 3.0

Magic Movie menyediakan dua opsi pengeditan video buatmu. Pertama, kamu bisa memangkas bagian video tertentu supaya durasinya lebih pendek. Lalu yang kedua, kamu bisa melakukan pengeditan proyek ke tahap yang lebih lanjut. Di sana kamu bisa menambahkan beberapa sentuhan magic ke video seperti mengubah tampilan dan nuansanya.

Ketersediaan

Aplikasi iMovie 3.0 beserta dua fitur barunya telah resmi diluncurkan, dan sudah bisa diakses lewat pembaruan gratis di App Store untuk perangkat yang menjalankan iOS 15.2 dan iPadOS 15.2 atau versi lebih baru.

    %d blogger menyukai ini: