3 Rekomendasi Aplikasi Kamera CCTV PC Terbaik

aplikasi cctv

PC atau laptop saat ini memang hampir semua telah dilengkapi dengan webcam. Ada pula yang dilengkapi dengan IP camera.

Dua elemen tersebut memungkinkan PC dapat dijadikan sebagai CCTV. Sebuah webcam bisa digunakan sebagai kamera pengintai.

Untuk bisa menggunakan webcam sebagai kamera pengintai, dibutuhkan aplikasi tambahan agar dapat mengkonfigurasi secara otomatis webcam.

Ada banyak aplikasi CCTV untuk PC yang dapat digunakan. Aplikasi tersebut akan merekam video, memberitahu pengguna melalui email, dan melakukan tindakan lain ketika mendeteksi gerakan mencurigakan.

Dengan menggunakan webcam, pengguna bisa membuat CCTV rumahan untuk memantau bagian rumah. CCTV webcam tidak akan menghabiskan uang, layaknya ketika kalian memasang CCTV canggih.

Pada kesempatan ini, kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi CCTV untuk PC pada kalian. Beberapa aplikasi CCTV tersebut antara lain:

Camera Viewer Pro

Sumber Gambar : CCTV Forum

Aplikasi hadir dengan keseimbangan yang tepat, dan dilengkapi pula dengan berbagai fitur yang membuatnya mudah digunakan.

Camera Viewer Pro menjadi salah satu aplikasi terbaik dalam penggunaan dan sumber daya sistem. Bila mayoritas aplikasi CCTV akan menghabiskan banyak daya CPU, maka berbeda dengan Camera Viewer Pro.

Aplikasi ini sangat cerdas, dan hanya akan menggunakan 0% – 1% penggunaan CPU selama proses pemantauan. Hal ini juga bisa kalian sesuaikan melalui pengaturan aplikasi.

Pada waktu instalasi aplikasi, Frame Rate secara default adalah 1. FPS yang lebih tinggi akan memberi hasil rekaman yang lebih halus. Namun pengguna masih harus menurunkan tingkat sensitivitas dan ambang batas.

Yang menjadi kelemahan dari aplikasi adalah, pengembangan aplikasi telah dihentikan. Hal tersebut berarti tidak akan ada lagi pembaharuan terhadap peforma aplikasi.

Download

BACA JUGA
Rekomendasi 5 Aplikasi Android Anti Maling untuk Mudik Lebaran

Netcam Studio

Aplikasi ini dibuat oleh developer yang membuat WebcamXp dan Webcam 7, yaitu Moonware Studios.

Developer tersebut telah berhasil mengembangkan produk baru, yang hampir serupa dengan perangkat lunak webcam mereka sebelumnya. Yang berbeda adalah, kini mereka menerapkan arsitektur dan penggunaan grafis yang baru.

Netcam Studio dilengkapi banyak fitur menarik. Bila kalian tengah mencari aplikasi CCTV dengan banyak fitur, maka Netcam Studio dapat menjadi solusinya.

Netcam Studio mempunyai fitur deteksi audio, pengenalan plat, sinkronisasi rekaman ke Cloud dan NAS. Yang perlu diingat adalah, aplikasi ini masih dalam versi beta.

Mungkin pada waktu pemasangan, kalian akan menemukan beberapa masalah. Bila ingin memasang aplikasi tanpa kendala, kalian dapat memasang custom satu modul saja.

Sebelum memasang aplikasi, kami sarankan untuk memasang .NET Framework 4 dan Visual Studio 2012 C++. Pada versi gratis, terdapat watermark logo Netcam Studio di bagian bawah video.

Download

iSpy

Sumber Gambar : iSpy Connect

iSpy merupakan sebuah aplikasi kamera keamanan open source, yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti ‘Monitoring Audio.’

Fitur tersebut jarang ditemukan dalam aplikasi CCTV lainnya. Karena fitur tersebut, iSpy dapat digunakan untuk mengawasi bayi yang tengah tidur, mesin, pengasuh, hewan peliharaan, pegawai, dll.

Walaupun dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, namun terdapat beberapa fungsi mendasar dalam aplikasi iSpy.

Terdapat akses remote streaming dan email alert. Keduai fitur tersebut hanya bisa didapatkan dalam aplikasi versi premium.

Bukan hanya itu saja, terdapat beberapa hambatan bila pengguna ingin memutar hasil rekaman. Sebab secara default pemutaran rekaman menggunakan player yang harus terintegrasi dengan iSpy.

Untuk melakukan hal tersebut, pengguna wajib mendaftar akun iSpy terlebih dahulu. Dengan begitu, rekaman dapat diputar pada media player komputer.

Download

Itulah 3 rekomendasi aplikasi CCTV untuk PC yang dapat kalian coba. Semoga informasi tersebut bermanfaat, dan bisa membantu meningkatkan keamanan dalam rumah.

Ada komentar?