Rekomendasi Aplikasi Medsos di Widget Homescreen / Beranda

Indri Penulis

Aplikasi widget buat Homescreen lagi ngetren lho. Kabar bagusnya, ada juga beberapa aplikasi medsos yang bisa dipasang di widget Homescreen.

Popularitas media sosial berbasis widget yang bisa ditempatkan di layar Homescreen / Beranda saat ini memang tengah meningkat. Apalagi sejak Apple meluncurkan platform widget untuk iPhone lewat iOS 14 di tahun 2020.

Awalnya, widget cuma memungkinkan pengguna untuk lebih mempersonalisasi tampilan layar Homescreen / Beranda mereka, dengan widget dan ikon aplikasi tertentu yang cocok dengan background mereka. Tapi seiring berjalannya waktu, pengembang sadar kalau widget nggak cuma bisa untuk dekorasi layar utama. Lebih dari itu, widget juga bisa berfungsi sebagai alat untuk menghubungkan pengguna dengan media sosial mereka.

Maka dari itu, nggak heran kalau sekarang mulai ada pengembang yang menciptakan widget aplikasi media sosial buat Homescreen. Widgetwidget ini punya fungsi yang beragam, tapi secara umum mereka bisa kamu pakai buat memeriksa notifikasi di media sosial tanpa perlu membuka aplikasinya.

Nah, sekarang saya akan bocorkan beberapa aplikasi medsos yang mendukung widget Homescreen / Beranda. Apa saja aplikasinya? Mari kita lihat.

Locket

Locket adalah aplikasi yang rilis tahun 2021. Walau masih aplikasi seumur jagung, tapi Locket berhasil menghadirkan inovasi unik, yakni hadirnya dukungan widget di layar utama. Aplikasi media sosial berbasis widget ini memungkinkan pengguna mengirim foto ke orang lain tanpa perlu membuka aplikasi utama.

Sayangnya seiring berjalannya waktu, popularitas Locket makin pudat. Pasalnya selain sudah banyak pesaing yang hadir, rival-rivalnya juga menawarkan berbagai inovasi yang gila.

BeReal

BeReal ini punya konsep yang sangat unik. Aplikasi ini mendorong penggunanya untuk mengambil foto dalam waktu dua menit setelah menerima notifikasi. Tidak ada filter apapun di aplikasi ini. Saat kamu menerima notifikasi, aplikasi akan langsung membuka kamera default dan kamu harus foto selfie nggak peduli gimana keadaan aslimu saat itu.

Ya memang sesuai namanya sih, aplikasi ini ingin agar semua penggunanya ‘nggak hidup dalam bayang-bayang filter.’ Jadi foto semua orang yang kamu lihat di BeReal, adalah bentuk asli mereka di dunia nyata. No tipu-tipu deh..

Pada Februari 2022, BeReal dapat ide menggunakan layar utama utama menangkap reaksi teman terhadap postingan pengguna, yakni dengan meluncurkan fitur yang disebut ‘WidgetMojis.’ Fitur ini memungkinkan BeReal untuk menampilkan foto teman di pembaruan widget langsung ke layar beranda, ketika memberikan reaksi pada foto pengguna.

LiveIn

LiveIn adalah aplikasi yang diluncurkan Januari 2022. Punya cara kerja yang hampir mirip seperti Clubhouse, aplikasi medsos Homescreen ini hadir dengan sentuhannya sendiri.

Alih-alih cuma mengirim foto selfie ke ponsel teman, pengguna juga bisa mengirim video dan gambar ke orang lain lewat widget. Bahkan salah satu fitur widget di aplikasi juga memungkinkan penggunanya untuk ‘berduet’ foto dan video. Satu lagi, aplikasi medsos berbasis widget Homescreen ini juga menyediakan arsip foto, sehingga pengguna bisa melihat kembali kenangan mereka.

    %d blogger menyukai ini: