Diskon VPN terbaik: Klik di sini

3 Aplikasi Untuk Menulis Naskah Film Gratis

Film terbaru

Kamu sedang belajar membuat film? Tentunya kamu ingin menulis skenario film sesuai standar. Nah, berikut ini beberapa aplikasi untuk menulis naskah film yang gratis.

Mengetik dengan aplikasi pengolah kata seperti MS Word juga tidak salah. Tapi toh skenario memiliki format tersendiri yang unik. Format ini menghadirkan semua informasi terkait di dalam film (lokasi, waktu, deskripsi aksi, tokoh, dialog, dll) dan berhubungan dengan perkiraan durasi film.

Aplikasi untuk menulis naskah film biasanya sudah siap dengan format seperti itu. Apalagi aplikasi profesional (yang komersial). Biasanya sudah lengkap dengan catatan pendukung untuk tiap elemen dan sistem kartu untuk mempermudah mengatur adegan.

Bagaimana dengan yang gratis? Yuk kita lihat.

1. Trelby

aplikasi menulis naskah film trelby

Trelby merupakan aplikasi untuk menulis skenario yang luar biasa. Aplikasi ini lengkap. Kamu bisa menulis naskah (screenplay) langsung dengan format standar, laporan untuk elemen film (adegan, lokasi, tokoh, dan dialog), perbandingan versi skenario, impor-ekspor format, memilih tampilan, dll.

Trelby bisa kamu pakai secara gratis. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Linux.

Lihat Trelby

2. Highland 2

aplikasi naskah film untuk mac highland

Highland 2 merupakan aplikasi menulis naskah film yang tidak kalah lengkap. Selain mendukung format skenario, aplikasi ini juga punya fitur navigasi (menampilkan bagian penting), menampilkan aset (berkas terkait dengan dokumen), template, tema aplikasi, dll. Aplikasi ini juga mendukung format penulisan standar seperti markdown dan fountain.

Aplikasi Highland 2 bisa kamu gunakan secara gratis, dan tersedia untuk macOS.

Lihat Highland 2

3. WriterDuet

aplikasi skenario writerduet

WriterDuet merupakan aplikasi penulis naskah film online. Dengan aplikasi ini kamu tidak hanya bisa menulis skenario sesuai format standar, memanfaatkan sistem kartu untuk mengatur adegan, melakukan revisi, kamu juga bisa berkolaborasi dengan teman secara langsung (real time). Oya, aplikasi ini juga mendukung impor dan ekspor berkas dengan berbagai format.

WriterDuet bisa kamu gunakan melalui berbagai browser secara gratis dengan batasan sampai 3 naskah. Kalau kamu ingin fitur lebih, kamu bisa berlangganan versi komersial.

Lihat WriterDuet

More Stories
Realme 3 Baterai Awet Dengan Performa Canggih