Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Aplikasi MiChat, Solusi Buat Kamu yang Kesepian

ikon aplikasi michat

Jangan bilang kalian tidak tahu MiChat. Terutama kalian para laki-laki hidung belang. Aplikasi MiChat ini terkenal mampu memberikan teman dengan sekejap. Hmm.. Kok bisa?

Fitur-fitur yang ada di dalamnya berhasil menarik sebuah komunitas besar, terutama mereka yang bergerak di dunia malam. Masih penasaran?

popculture.id

Jadi begini, yang membuat aplikasi ini menarik bagi saya adalah tidak kurangnya filter atau pembatas SARA. Walhasil, Night Walker pun melihat sebuah peluang besar, yang pada akhirnya muncullah berbagai tipe wanita & waria berjargon “Open BO”.

Lantas, sebenarnya fitur-fitur aplikasi MiChat apa aja sih? Dari mana mereka dapat peluang tersebut?

Fitur-Fitur Aplikasi MiChat

Sebetulnya fitur yang ada di aplikasi MiChat mengingatkan saya dengan WeChat, bisa dibilang sangat bagus dan lengkap. Apa yang kalian butuhkan ada di MiChat. Tidak hanya untuk chatting dan pamer-pamer, MiChat bahkan dilengkapi dengan fitur-fitur keren lainnya.

Pertama-tama yuk kita kosongkan pikiran dulu, biar bisa lihat fitur-fiturnya secara obyektif.

Trending Chat

Kalau ini sih fitur biasa alias sudah umum, ya kurang lebih seperti group chat lah, wadah untuk membahas tentang sebuah topik. Bisa komunikasi sama teman satu group dan menambahkan orang lain biar makin rame.

Berbagi Status

Ini juga sama masih umum, seperti yang sudah ada pada sosmed lain, fitur buat pamer-pamer sesama rekan. Pamer apa? Semacam dokumentasi foto-foto yang enak dipandang, atau dagangan juga bisa.

Message Tree

Kemudian message tree, cocok dengan namanya, ini adalah sebuah pohon besar berisikan daun-daun yang siap kamu petik kapan saja. Daun ini berisi sebuah pesan, bisa teks atau suara.

Cara kerjanya, buat sebuah pesan bisa berupa teks atau suara, taruh di daun pohon itu. Kemudian user lain akan mengambil pesanmu secara acak.

Sebaliknya, kamu bisa ambil daun sepuasnya dan baca pesan mereka. Jika tidak cocok, kamu bisa letakkan kembali, tapi jika cocok… ciye ciye…

Jadi, ini semacam fitur buat kamu yang lagi gabut pengen kenalan atau ngobrol random sama orang random.

People Match

Fitur ini semacam fasilitas buat kamu yang kurang pergaulan. Teman yang terbatas mungkin jadi problem buat dapetin pasangan. Nah, orang yang kamu temukan di sini yakni mereka yang secara sengaja membuka diri untuk perjodohan. Kuy gas..!

Cara kerjanya tidak jauh beda dengan aplikasi dating pada umumnya. Masuk ke kolom, swipe kanan bila suka dan swipe kiri bila tidak suka.

People Nearby

Dan inilah biang keroknya, berkat fitur people nearby, menjadikan MiChat jadi cukup dikenal.

Dengan people nearby kamu bisa menemukan teman berdasarkan lokasi kamu singgah. Tentu saja kamu bisa pilih-pilih mana yang akan diajak ngobrol.

Fitur ini sangat masuk akal jika tujuanmu adalah ketemuan. Karena bisa jadi teman ngobrol yang kamu temukan adalah orang yang sekarang ada di sampingmu.

Cara kerjanya cukup gampang, aktifkan GPS dulu, filter jenis kelaminnya, dan scroll..

Penggunaan dan Penyalahgunaan MiChat (People Nearby)

Daya tarik MiChat tidak lain adalah dari fitur People Nearby, yang belum didukung dengan filter SARA yang ketat. Saya tidak bilang tidak di filter loh. Sebenarnya sudah ada pembatasan tapi kurang cukup bisa mengikis SARA.

Meski begitu, saya pribadi mengapresiasi aplikasi karena dengan varian fiturnya, sangat berpotensi untuk digunakan berbagai hal, mulai dari:

Jualan Online

Sinkronasi dengan GPS sangat memungkinkan cepatnya transaksi, di samping mudah ditemukan, jaraknya pun dekat. Jadi tinggal upload, scroll, cocok, ketemuan..

Saya juga sudah menemukan beberapa orang yang meng-upload produknya dan bisa saya lihat di people nearby, mulai dari jualan ban bekas, jasa pijat, hingga jualan miras.

Prostitusi

Sebenarnya bisa saja saya masukkan ini ke jualan online, tapi karena jual jasa yang ini identik dengan hal negatif, maka sengaja saya pisahkan.

Yang bikin miris adalah mayoritas yang terpajang di people nearby adalah wanita-wanita seksi yang bertuliskan Open BO, Cash di Kamar, Terima Panggilan, Pijat+, dan lain-lain.

Perkembangan teknologi seperti MiChat akhirnya dijadikan wadah baru buat para pelaku prostitusi, bahkan malah dikuasai prostitusi. Kalau tidak percaya, kamu boleh cek, asal jangan ikutan jajan ya.

Penipuan

Penipuan ini memang meresahkan, karena bisa terjadi di mana saja, termasuk di aplikasi ini. Logikanya sih di MiChat penipu tidak bisa berkutik, karena jaraknya yang sangat mungkin dijangkau. Tapi lagi-lagi yang namanya orang, masih ada saja yang tertipu dengan DP palsu.

Kesimpulan & Komentar

Secara umum aplikasi MiChat sangat saya rekomendasikan karena memiliki fitur yang lengkap. Tapi setelah melihat realitanya, bisa-bisa saya akan melarang untuk install aplikasi ini.

Terpaksa sebenarnya, pasalnya stigma masyarakat sudah tidak lagi terbendung. Bayangkan ketika kamu install, kontakmu tersinkron, maka ghibah dan fitnah adalah kelanjutannya.

Bagi yang sudah berumah tangga, install aplikasi MiChat juga berpotensi menimbulkan kesalah pahaman, atau rasa was was pasangan. Bagaimana tidak, bayangkan jika pas pasanganmu di luar rumah, iseng-iseng scroll, eh ada yang bening pasang harga. Hmm…

    %d blogger menyukai ini: