Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Aplikasi Notes Apple Lebih Powerful Dari Yang Kita Bayangkan

Anom Penulis

Kita sering melihat artikel seperti aplikasi catatan terbaik di berbagai website. Tapi kalau kamu punya iPhone atau Mac, sebenarnya aplikasi Notes bawaan Apple sudah memberikan banyak fitur menarik. Untuk kebutuhan praktis, aplikasi ini tidak kalah powerful.

Yah, apa sih yang kita cari dari aplikasi catatan? Bisa mencatat tentunya. Lalu apa lagi? Membuat daftar? Membuat tabel? Mengatur format tulisan? Mengelompokkan catatan dalam folder atau tag? Hal itu bisa kita lakukan dengan aplikasi Notes.

popculture.id

Fitur Seru Aplikasi Notes

Jadi, kali ini saya mau mengulas sedikit soal berbagai fitur aplikasi Notes bawaan Apple yang ada di iPhone atau Mac.

aplikasi notes apple iphone

Ubah Tampilan Catatan: Daftar atau Galeri

Kamu bisa mengubah tampilan daftar catatan di aplikasi Notes sesuai kesukaanmu. Entah itu tampil dalam bentuk daftar atau dalam bentuk galeri.


Format Teks, Tabel, Gambar, dll

Aplikasi Notes memiliki pilihan setelan format teks yang cukup lengkap. Mulai dari membuat tulisan tebal, miring, garis bawah, menjadi sub-judul, mengatur perataan, dll. Selain itu kamu juga bisa membuat tabel dan daftar yang bisa kamu centang.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan gambar, baik dari galeri atau dari kamera, juga menandai bagian catatan. Jadi fitur untuk membuat catatan cukup lengkap dan bisa memenuhi hampir semua kebutuhan standar.


Menambah Tag dengan Mudah

Salah satu fitur beguna lain adalah menambahkan tag dalam catatan. Hal ini bermanfaat agar kamu bisa melihat catatan dengan topik sama atau mengelompokkannya berdasar tag (dengan Smart Filter).

Cara menambahkan tag di Notes juga mudah. Kamu tinggal mengetik #topik setelah judul. Maka tag itu akan segera ditambahkan.

Kalau kamu sudah pernah membuat tag sebelumnya, maka aplikasi akan memberikan saran ketika kamu mengetik tanda #.


Mengelompokkan Catatan

Di aplikasi Notes bawaan Apple, kamu bisa mengelompokkan berbagai catatan atau tulisan yang kamu buat. Kamu bisa membuat folder sendiri atau memanfaatkan Smart Folder.

Smart Folder bisa mengumpulkan berbagai catatan dengan aturan yang kamu buat. Misalnya memiliki tag yang sama, tanggal yang sama, catatan yang dibagi dengan teman, dll.

Bahkan aplikasi Notes dari Apple ini juga bisa menampilkan dan membuat catatan untuk akun lain. Hanya saja, lampiran di catatan (seperti gambar) tidak didukung untuk cross platform dan akan terhapus.


Kolaborasi

Yap, di era digital ini (apalagi setelah era pandemi), hampir semua hal bisa dilakukan berkolaborasi secara online. Apple Notes pun begitu.

Kamu bisa mengundang teman untuk mengedit bersama catatan yang kalian buat. Selain itu, kamu juga bisa berbagi folder dengan temanmu itu. Jadi kalau ada aktivitas yang kalian lakukan bersama, catatan bersama akan bisa membantu.


Nah, seperti kamu lihat, fitur aplikasi Notes buatan Apple ini cukup lengkap kan? Selain itu, tampilan dan penggunaannya pun mudah. Jadi mungkin sebenarnya kamu tidak perlu mencari aplikasi lain untuk membuat catatan atau untuk menulis.

    %d blogger menyukai ini: