OFTV Jadi Aplikasi OnlyFans Bebas Konten NSFW

Anom Penulis

Mungkin sebagian besar kita tahu kalau OnlyFans terkenal sebagai tempat untuk konten dewasa alias NSFW. Namun OnlyFans nampaknya ingin move on dari citra itu dengan mendorong aplikasi OFTV ke publik.

Inti dari layanan OnlyFans sebenarnya adalah bagaimana seorang pengguna menghargai kreator dengan membeli konten yang mereka sediakan. Tapi memang selama ini mayoritas konten yang ada di OnlyFans adalah konten dewasa.

Begitulah OnlyFans meluncurkan OFTV sebagai wadah bagi konten yang lebih aman. Bos OnlyFans, Tim Stokely, menyatakan pada Bloomberg kalau “Tidak ada konten dewasa di ONTV. Karena tidak menyertakan monetasi dan tidak mempengaruhi pendapatan para kreator, aplikasi bisa tersedia di bursa aplikasi.”

Selama ini konten OnlyFans hanya tersedia lewat situs web karena Google Play Store dan Apple App Store tidak mengijinkan aplikasi hadir di sana. Jadi sebagai wadah kreator non NSFW, OnlyFans menyediakan aplikasi OFTV sebagai tempat tontonan. Sementara monetasi tetap berada di OnlyFans.

Dengan begitu, OnlyFans bergerak menjadi layanan monetasi langsung yang lebih umum seperti Patreon.

Bloomberg menyebutkan kalau aplikasi OFTV sudah beredar sejak Januari 2021. Namun mereka baru mempromosikan aplikasi ini untuk pemirsa umum dalam minggu ini.

Di dalam aplikasi kini sudah ada lebih dari 800 video. Salah satunya adalah tayangan serial “Unlocked” yang berisi wawancara dengan kreator populer, seperti Bella Thorne, Holly Madison, dan — ahem! — Mia Khalifa.

Tentu usaha merangkul content creator yang lebih luas ini merupakan tantangan tersendiri. Walau OnlyFans adalah raksasa konten NSFW, untuk konten umum terdapat banyak wadah lain, seperti YouTube, Instagram, dan TikTok.

Di sisi lain, OnlyFans menawarkan sistem monetasi langsung. The Verge menyebutkan kalau sampai bulan Desember 2020, 85 juta kreator di OnlyFans berhasil meraih total nilai penjualan $2 milyar di tahun itu (OnlyFans mengambil 20% senilai sekitar $400 juta).

Berhasilkah aplikasi OFTV dari OnlyFans ini menarik lebih banyak content creator umum? Berhasilkah OnlyFans bersaing dengan media tayangan lain? Akan menarik melihat perkembangannya.

    %d blogger menyukai ini: