Diskon VPN terbaik: Klik di sini

5 Aplikasi Online Untuk Membuat Infografis dengan Mudah

foto: Visme/Getapp

Jaman sekarang mencari aplikasi online apa saja sangat mudah. Salah satunya untuk infografis. Nah, kali ini kami mengumpulkan beberapa aplikasi online untuk membuat infografis dengan mudah.

Salah satu keuntungan memakai aplikasi online adalah kamu tidak perlu memasangnya di komputer. Cukup akses lewat browser dan masuk dengan akun milikmu. Kerugiannya tentu saja membutuhkan koneksi internet.

Apa itu Infografis?

Infografis adalah sebuah kumpulan gambar yang menampilkan informasi, data, atau statistik. Gambar ini bisa berupa ilustrasi, diagram, skema, dll.

Membaca informasi atau data bisa membosankan. Dengan visualisasi gambar, informasi dan data tersebut bisa lebih menarik dan mudah dipahami.

Contoh infografis (gambar: The Guardian)

Dulu, membuat infografis membutuhkan kemampuan desain dan menggunakan program desain tertentu, seperti Adobe Illustrator atau CorelDraw. Namun, saat ini sudah banyak aplikasi yang membantumu membuatnya.

Yang perlu kamu lakukan tinggal mengatur data dan apa yang ingin kamu informasikan, mencari gambar yang sesuai, lalu menyusun diagram, skema, dll sesuai kebutuhan.

Aplikasi untuk Membuat Infografis

1. Piktochart

Piktochart menawarkan proses membuat infografis atau presentasi dengan mudah. Kamu tinggal memilih template yang sesuai dan menyuntingnya sesuai keperluanmu.

Kalau mau, kamu juga bisa membuat diagram yang interaktif dengan ikon yang dianimasikan. Selain itu, Poktochart juga menyediakan banyak elemen desain, seperti memilih font, warna, dll. Prosesnya menggunakan drag n drop.

Fitur Piktochart akan lebih banyak ketika kamu menjadi pengguna PRO (berlangganan). Walau begitu, kamu tetap bisa memakainya secara gratis dengan keterbatasan tertentu. Misalnya hanya bisa mengunduh dalam bentuk gambar JPG dan PNG.

Coba Piktochart

2. Visme

Visme menyediakan berbagai macam peralatan dan obyek. Kamu bisa memilih template yang tersedia, bisa memilih obyek gambar, bisa memilih jenis huruf, dll.

Salah satu keunikan Visme adalah kemampuannya menerjemahkan data ke dalam bentuk gambar, seperti peta, skema, diagram, dll. Selain itu, Visme juga bisa menerapkan animasi ke infografis yang kamu buat.

Aplikasi Visme ini bisa kamu pakai gratis, namun dengan fitur terbatas (tidak bisa interaktif). Kalau kamu memang ingin menggunakannya secara profesional, kamu bisa naik kelas jadi pengguna premium.

Coba Visme

3. Venngage

Venngage merupakan salah satu aplikasi yang fokus pada pembuatan infografis dan presentasi (walau ada juga lainnya). Sama seperti yang lain, aplikasi ini juga menawarkan penggunaan template. Jadi prosesnya lebih mudah.

Walau begitu, Vengage juga memiliki banyak pilihan diagram, ikon, gambar, warna, dan huruf. Kamu bisa mengatur tampilan sesuai keinginanmu. Termasuk ukuran masing-masing obyek.

Venngage bisa kamu gunakan secara gratis. Namun kamu hanya bisa membuat sampai 5 infografis saja. Kalau mau, kamu bisa upgrade ke versi PRO.

Coba Venngage

4. Canva

Canva mungkin lebih terkenal untuk membuat gambar-gambar keren atau quote di media sosial. Tapi fungsi yang sama ini juga bisa kamu pakai sebagai infografis.

Selain bisa memilih template, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai koleksi gambar, ikon, ilustrasi, dll di aplikasi ini. Tentunya kamu juga bisa memilih jenis huruf dan warna.

Canva juga bisa kamu pakai secara gratis. Namun, kalau mau, kamu bisa naik ke kelas Pro untuk memakai fitur yang lebih canggih.

Coba Canva

5. Snappa

Snappa mungkin lebih mengarah pada aplikasi desain grafis umum. Yah, peralatan desain dan edit gambar yang ada memang lumayan banyak.

Tapi jangan takut. Aplikasi ini juga menyediakan template berlimpah. Termasuk infografis. Jadi kalau kamu mau mencoba aplikasi ini, tinggal pilih template dan sunting sesuai kebutuhan.

Bahkan untuk pengguna gratis, Snappa menyediakan template dan bahan seperti foto dan gambar grafis yang banyak. Namun keterbatasannya ada di jumlah download. Hanya 3 unduhan per bulan. Yah, tidak ada salahnya mencoba.

Coba Snappa

More Stories
4 Kota Canggih di Dunia yang Terbangkalai dan Berhantu