SaferPass: Aplikasi Password Manager Untuk PC dan Smartphone

Apikasi password manager makin populer. Jika kita sebelumnya mengenal aplikasi seperti LastPass atau EnPass, kali ini saya ingin berbagi pengalaman menggunakan aplikasi SaferPass yang telah saya coba kurang lebih satu minggu.

Saya pengguna aplikasi password manager sejak dua tahun lalu, bahkan saya rela untuk berlangganan fitur premium dari salah satu layanan yang saya sebut di atas. Bagi saya, aplikasi tersebut sangat memudahkan, karena kita tidak perlu lagi mengingat banyak password untuk banyak akun.

Kita juga tak perlu khawatir dengan mudahnya password kita ditebak oleh orang lain. Dengan aplikasi password manager, kita bisa generate password yang kita sendiri bahkan tidak bisa mengingatnya. Haha!

Kembali ke review SaferPass

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi password manager seperti LastPass. Mulai dari user interface ataupun user experience, saya tidak merasakan perbedaan yang cukup berarti. Jadi bila kalian adalah pengguna LastPass dan ingin mencoba menggunakan SaferPass, kalian tidak akan kebingungan.

Sedikit nilai positif dari SaferPass adalah, tampilan saat menambahkan akun lebih bersih dan mudah, layaknya mengisi formulir registrasi Twitter atau Facebook. Tidak ribet!

form SaferPass
aplikasi password manager

Fitur-fitur menarik

Saat saya mencoba aplikasi SaferPass, saya menemukan beberapa fitur menarik. Pertama, SaferPass memiliki fitur Secure Me. Fitur ini berfungsi untuk melakukan remote logout dari semua device yang terpasang SaferPass. Kita bisa mematikan sinkronisasi akun SaferPass dengan gadget yang dipilih.

Selain itu, kamu juga bisa menghapus¬†history¬†atau¬†cache browser¬†dari jarak jauh. Ya, jadi kalian ga perlu khawaitr kalau tiba-tiba orang lain membuka¬†browser¬†mu dan menemukan¬†history¬†web ‘lucu-lucu’ yang sering kalian akses.

Secure Me
Secure Me

Fitur menarik kedua adalah Secure Note. Fitur ini memberikan jaminan keamanan untuk catatan-catatan rahasia yang kalian tulis. Misal password wifi, no paspor atau catatan-catatan lain.

Fitur ketiga adalah Security Report. Di aplikasi password manager lain sebenarnya juga memiliki fitur ini, namun SaferPass mampu menampilkan informasi dengan cukup jelas dan sederhana, sehingga mudah untuk dipahami.

Review SaferPass
Security Report

Fitur keempat, yang jarang dimiliki oleh aplikasi sejenis adalah Credit Card Management dan Credit Card Sharing. Fitur ini berguna buat kalian yang sering berbelanja online tapi hanya memiliki satu kartu kredit saja.

Untuk menambah keamanan, SaferPass juga menyediakan fitur Two-factor authentication.

Bagi pengguna LastPass ataupun layanan sejenis, dan ingin mencoba migrasi ke SaferPass, kalian bisa menggunakan fitur Import/Ekspor data, sehingga tidak perlu lagi repot-repot menambahkan manual satu-per-satu.

SaferPass menawarkan dua versi layanan, yaitu gratis dan berbayar. Kalian bisa melihat tabel berikut untuk mengetahui perbedaannya.

Premium vs Free

SaferPass tersedia untuk ekstensi browser Chrome, aplikasi Android dan iOS. Jadi buat kalian pengguna FireFox atau browser lainnya, ekstensi ini belum tersedia.

Tertarik untuk mencoba aplikasi password manager ini? langsung saja download melalui tombol berikut:

[junkie-button url=”https://saferpass.net/installextension” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download SaferPass [/junkie-button]

[wp-review id=”44242″]

%d blogger menyukai ini: