4 Aplikasi Pengenal Tanaman Terbaik, Cocok Banget Buat Penggila Tanaman!

Indri Penulis

Mau cari tahu soal nama dan jenis tanaman yang ada di depanmu? Pakai beberapa aplikasi pengenal tanaman terbaik berikut ini saja.

Kamu pernah nggak, pas lagi jalan-jalan di luar rumah, tiba-tiba melihat bunga bagus tapi nggak tahu nama/jenisnya. Mau dibawa pulang buat ditanam di rumah, tapi bingung cara budidayanya gara-gara nggak tahu nama bunganya.

Tenang. Sekarang zaman sudah canggih. Dengan bermodalkan smartphone kamu sudah bisa tahu nama, jenis dan cara budidaya bunga/tanaman yang nggak diketahui namanya. Kamu tinggal pakai aplikasi pengenal tanaman saja. Aplikasi tersebut akan membantumu mengidentifikasi nama bunga/tanaman, cara budidaya, dan bahkan ada juga yang bisa mengetes kesehatan tanaman lho.

Kebetulan kali ini saya telah merangkum beberapa aplikasi pengenal tanaman terbaik. Mungkin kamu bisa mencoba salah satu dari mereka.

PictureThis

PictureThis adalah aplikasi pengidentifikasi tanaman yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar. PictureThis adalah salah satu aplikasi pengidentifikasi tanaman dan bunga, yang paling banyak diunduh oleh pecinta tanaman.

Aplikasi ini mudah dipakai, mudah dinavigasikan, dan mampu menampilkan hasil pencarian dengan sangat baik. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi berbagai jenis bunga dan tanaman, langsung dari foto yang diambil dari kamera ponsel.

Dengan mengaktifkan Locations Service di aplikasi ini, PictureThis akan ‘menunjukkan tanaman yang kamu identifikasi, dan membantumu menemukan bunga terdekat.’ Bunga/tanaman tersebut lalu akan disematkan dalam peta PictureThis. Kamu juga bisa melihat tanaman terdekat yang diidentifikasi oleh pengguna lain.

Satu lagi yang menarik, aplikasi ini juga menyediakan komunitas penggemar tanaman. Kamu bisa menyukai dan mengomentasi gambar milik orang lain, atau membagikan gambar bunga/tanamanmu ke pengguna PictureThis lainnya.

Plant Identification ++

Plant Identification ++ adalah aplikasi pengidentifikasi tanaman yang tersedia dalam versi gratis dan premium. Tapi tenang, versi gratisan aplikasi ini punya cara kerja cukup oke kok. Apalagi kalau kamu cuma ingin mengidentifikasi tanaman dengan cepat dan mudah.

Saat kamu membuka aplikasi, ambil gambar tanaman langsung dari kamera/galeri ponsel. Setelah kamu mengambil foto, Plant Identification ++ akan mencari database dan menampilkan hasil analisanya.

Kalau kamu berlangganan versi premium, kamu akan dibekali kemampuan untuk mendapatkan alat identifikasi dan penilaian kesehatan ‘tanpa batas’ untuk tanamanmu. Jadi selain mengetahui jenis tanaman, kamu juga bisa sekaligus mengetahui kondisi kesehatan tanaman tersebut.

NatureID

Seperti aplikasi lainnya, NatureID memungkinkan kamu mengidentifikasi berbagai jenis bunga/tanaman di sekitarmu. Tapi sayangnya aplikasi ini ‘agak maksa’ buat kamu berlangganan paket premium. Di awal pemakaian, kamu punya waktu 3 hari uji coba gratis. Setelah itu kamu dianjurkan untuk mengambil paket premium. Tapi kalau nggak mau, kamu bisa melanjutkan paket gratisan dalam waktu terbatas.

Walau aplikasi ini kesannya ‘maksa,’ tapi hasil pencarian yang ditampilkan NatureID boleh diacungi jempol. Saat kamu mengidentifikasi tanaman dengan gambar, NatureID akan menampilkan hasil identifikasi lewat ID Card yang berisi nama tanaman, taksonomi-nya, daftar subspesies, teknik budidaya dan fungsi praktis tanaman, informasi tambahan seperti simbolisme dan mistos tanaman di masyarakat.

Google Lens

Google Lens tersedia sebagai aplikasi mandiri untuk pengguna Android. Sementara untuk pemilik iPhone, Google Lens dibundel sebagai bagian dari aplikasi Google Photos.

Aplikasi mandiri Google Lens jelas yang paling mudah dipakai (daripada yang dibundel sama Google Photos). Saat kamu membuka aplikasi, seluruh layar ponselmu otomatis akan menjadi lensa kamera.

Selanjutnya arahkan kamera ke tanaman/bunga yang mau kamu identifikassi, lalu ketuk tombol rana besar untuk mencari. Setelah itu Google Lens akan menampilkan hasil pencarian lengkap dengan foto, daftar konten terkait, dan gambar serupa.

    %d blogger menyukai ini: