Praktisnya Aplikasi Penggaris Virtual untuk Mengukur Jarak di iPhone

aplikasi mengukur jarak di iphone

Mungkin kamu sering perlu mengukur sesuatu tapi sedang tidak membawa penggaris. Nah, untungnya ada aplikasi “penggaris virtual” yang memungkinkan kamu mengukur jarak menggunakan iPhone.

Saya sebut sebagai penggaris virtual, karena aplikasi Measure (pengukur) ini memanfaatkan teknologi augmented reality (AR). Jadi aplikasi akan mengenali titik atau batas dari sebuah obyek melalui kamera dan menampilkan garis bantu di layar agar kamu bisa mendapatkan ukuran tersebut. Teknologi yang sama yang bisa menampilkan Ultraman dalam ukuran sebenarnya.

Aplikasi Measure ini hadir secara bawaan di iPhone. Menariknya, Google justru belum lama ini mematikan aplikasi serupa miliknya di Android dan menawarkan aplikasi dari pihak lain.

Jadi, bagaimana kita bisa mengukur sesuatu dengan iPhone?

Mengukur Jarak

  1. Letakkan titik tengah panduan di layar pada lokasi awal bidang yang akan kamu ukur.
  2. Tekan tombol +.
  3. Geser iPhone sampai titik panduan berada di ujung lainnya. Akan terlihat garis terbentang di antara dua titik itu.
  4. Tekan tombol + kembali.
  5. Layar akan menampilkan jarak antara dua titik tersebut.
mengukur jarak dengan aplikasi penggaris AR di iPhone

Mengukur Bidang

Aplikasi “penggaris” di iPhone ini juga bisa mengenali bidang. Dalam arti ukuran panjang dan lebar. Namun prosesnya berbeda dengan pengukuran di atas.

Sejauh yang saya coba, aplikasi ini secara otomatis mengenali bidang yang tertangkap kamera. Sayangnya, pengukuran ini membutuhkan cahaya yang lebih terang dan bidang yang lebih jelas garisnya. Kadang aplikasi tidak mampu mengenali kotak yang ada.

Kalau aplikasi mengenali bidang, maka akan muncul kotak panduan di layar. Untuk menangkap ukurannya, kamu tinggal menekan tombol +. Sekali lagi, sayangnya, bentuk bidang kadang kurang akurat.

mengukur panjang dan lebar bidang di iphone

Simpan Ukuran

Nah, asiknya, kamu juga bisa menyimpan gambar beserta tampilan ukuran itu. Yang perlu kamu lakukan adalah menekan tombol lingkaran di sisi kanan layar. Nanti gambar akan tersimpan dan kamu bisa melihatnya pada aplikasi Photos di iPhone.

Ini tentu akan memudahkan kamu mengirim ukuran benda pada teman yang membutuhkan. Tinggal buka aplikasi, ukur, simpan, dan kirim ke temanmu itu.

Yah, memang saat ini aplikasi yang menjadi “penggaris virtual” di iPhone ini belum seakurat penggaris sebenarnya. Tapi untuk keadaan darurat, aplikasi ini bisa jadi penyelamat.

%d blogger menyukai ini: