3 Aplikasi Pengingat Minum Obat untuk Smartphone Android

Halo Urban People, beberapa diantara kalian pasti pernah sakit. Sakit sendiri merupakan salah satu hal yang sama sekali tidak bisa diprediksi maupun dihindari setiap orang. Tapi, supaya bisa cepat sembuh, maka orang yang sakit harus minum obat bukan?

Sebenarnya tidak masalah sih jika obat yang kalian minum itu hanya satu jenis. Tapi beda cerita kalau obat yang kalian minum banyak jenisnya. Bahkan karena sangat banyak, kalian tidak jarang meminumnya dengan dosis yang berbeda-beda.

Untuk membantu kalian mengingat jenis, dosis dan waktu untuk minum obat, kalian bisa memanfaatkan smartphone sebagai pengingat minum obat yang tepat.

Disini kami akan bagikan ke kalian 3 aplikasi pengingat minum obat. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kalian nanti bisa secara teratur minum obat. Dan tentunya dengan dosis yang benar.

Inilah ketiga aplikasi pengingat minum obat yang bisa kalian coba.

Med Minder

Ini merupakan sebuah aplikasi Android yang mempunyai tampilan sederhana dan minimalis. Satu-satunya kelemahan dari aplikasi ini adalah banyaknya iklan yang ada di dalamnya.

Biasanya iklan berada di bagian atas tampilan aplikasi. Tapi menurut kami itu bukan suatu masalah besar karena sama sekali tidak akan bisa mengurangi fungsi dari aplikasi satu ini.

Sementara itu cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Kalian nanti tinggal menuliskan nama obat yang harus diminum bersama dengan dosis dan juga waktu meminumnya.

Jika memang obat yang harus diminum cukup banyak, kalian bisa masukkan semuanya ke aplikasi ini. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan keterangan tertentu pada masing-masing obat. Misalnya seperti berapa obat yang nanti harus diminum sekaligus, kemudian waktu meminumnya sebelum atau sesudah makan, dll.

Dan kalau kalian sudah mengatur semuanya, otomatis Med Minder akan mengaktifkan alarm saat waktu minum obat sudah tiba. Tapi sayangnya, aplikasi ini hanya menyediakan satu nada alarm saja.

DOWNLOAD

DOWNLOAD

AnyTimer Pill Reminder

Aplikasi ini dibuat oleh Azuzi. Mempunyai 2 cara pengukur waktu untuk mengingatkan. Yaitu Interval Timer dan juga Times of Day Timer guys.

Interval Timer mempunyai fungsi untuk mengatur waktu minum obat berdasarkan dengan jangka waktu kalian minum obat satu ke obat lainnya.

Sedangkan untuk Times of Day Timer ini berfungsi untuk mengingatkan kalian minum obat berdasarkan jam biasa pada umumnya. Misalnya, jam 6 kalian harus minum obat. Nanti jam 12 minum obat lagi. Kemudian jam  malam minum obat lagi. Seperti itu.

Sementara itu untuk mengatur variasi alarm pada aplikasi ini, kalian tinggal pilih. Kalian mau alarm aktif sambil lampu LED menyala, atau ditambah dengan suara getar, atau cukup seperti alarm biasa pada umumnya. Tidak hanya itu saja, kalian nanti juga bisa mensortir obat yang akan diminum berdasarkan dengan nama, waktu dibuat, maupun waktu minumnya.

Walaupun aplikasi ini dibuat sebagai pengingat minum obat, tapi masih bisa kalian gunakan untuk keperluan yang lain. Misalnya saja untuk mengingatkan akan tugas sekolah, kerjaan, atau lain sebagainya.

DOWNLOAD (APKPURE)

[irp posts=”53925″ name=”4 Aplikasi Diabetes Terbaik”]

Med Helper

Aplikasi terakhir yang akan kami bahas sebenarnya mempunyai fitur yang jauh lebih bagus dibandingkan sebelumnya. Yang menjadi fitur unggulan dari aplikasi ini adalah, bisa menyimpan alarm pengingat yang dapat digunakan oleh lebih dari satu orang. Jadi kalian nanti bisa berbagi alarm.

Bukan hanya kalian saja yang bisa menggunakannya. Tapi pengingat ini bisa menyimpan data pengingat dari seluruh anggota keluarga. Menarik bukan?

Didalam aplikasi ini, terdapat beberapa menu guys. Beberapa diantaranya adalah:

Schedule. Semua jadwal minum obat yang ada di dalam menu ini sudah sesuai dengan resep dari dokter.

Preferences. Fungsi ini bisa kalian gunakan untuk mengatur nada alarm yang ada.

Take as Needed. Biasanya ini digunakan untuk mengingatkan obat yang tidak harus diminum secara teratur, atau di waktu-waktu tertentu saja.

Med Log. Catatan mengenai jumlah obat yang selama ini telah kalian minum.

Prescription. Menu untuk mengatur jenis obat yang akan kalian minum lengkap beserta dosisnya.

Notes. Catatan yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan informasi penting. Misalnya seperti alergi yang kalian punya, atau yang lainnya.

Penyakit yang datang itu kehendak Tuhan. Tapi manusia tetap harus punya kemauan dan usaha untuk sembuh. Jadi kalau kalian diberi obat oleh dokter, diminum teratur sesuai dosis agar cepat sembuh.

Jadi itu 3 rekomendasi aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk pengingat minum obat. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan selalu.

    %d blogger menyukai ini: