Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Aplikasi Pengukur Suhu Laptop dan PC Windows Terbaik

Indri Penulis

Overheating menyebabkan masalah serius buat komputer. Kamu bisa pakai aplikasi pengukur suhu untuk pantau temperatur PC dan laptop Windows.

Suhu panas memang dapat mendatangkan malapetaka pada komputer, terutama laptop. Kasing yang ketat ditambah penumpukan debu bisa menyebabkan sirkulasi udara menjadi buruk. Tanpa adanya sirkulasi yang baik, panas yang dihasilkan oleh laptop / PC tidak akan punya tempat untuk pergi.

Mengabaikan masalah suhu panas adalah salah satu hal yang bisa menghancurkan laptop / PC. Pasalnya suhu yang terlalu panas bisa merusak kinerja komponen komputer / laptop terutama hard drive.

Untuk mencegah suhu panas menggerogoti kinerja perangkatmu, alangkah baiknya untuk melakukan pemantauan suhu secara berkala. Kamu nggak perlu khawatir, kali ini saya akan rekomendasikan beberapa aplikasi pengukur suhu terbaik yang bisa kamu pada PC atau laptop Windows.

CrystalDiskInfo

Kalau masalah suhu di laptop disebabkan hard drive yang terlalu panas, kamu bisa pakai aplikasi CrystalDiskInfo. Aplikasi ini dirancang khusus untuk mengelola kesehatan HDD dan SSD.

Dengan tampilan yang mudah dipakai, kamu nggak bakal kesulitan mengoperasikan aplikasi ini. Kamu juga bisa mengetahui suhu terkini dari hard drive laptop / PC dalam sekejap.

Aplikasi ini punya beberapa fitur penting yakni memantau suhu semua sistem HDD dan SSD, Health Status untuk memperkirakan kesehatan setiap drive, melakukan diagnostik mendalam untuk semua nilai read/write drive value, dll.

Core Temp

Core Temp adalah monitor suhu laptop yang cepat, akurat dan fleksibel. Tapi satu hal yang perlu kamu tahu, aplikasi ini dibekali dengan bundleware. Tapi nggak perlu khawatir, kamu bisa mengindarinya dengan menghapus tanda centang di samping label bundleware kok.

Untuk fiturnya aplikasi ini dibekali ikon system tray yang bekerja secara real-time, dan kamu bisa memilih sensor mana yang akan ditampilkan di system tray. Aplikasi ini juga akan memberi perlindungan panas berlebih dan memberi tahu kamu kalau suhu laptop / pc naik, melacak detil perangkat keras yang membuat suhu panas, dan ia juga bisa memeriksa pembaruan BIOS serta driver.

HWiNFO

HWiNFO adalah alat diagnostik ringan yang memberikan informasi perangkat keras secara mendalam, serta sebagai sistem pemantauan suhu secara real-time. Nggak cuma itu, aplikasi ini juga selalu mendapatkan pembaruan sekitar 1 – 2 bulan sekali, jadi fiturnya dijamin selalu up to date.

Aplikasi ini menyajikan fitur ikon system tray dengan informasi secara real-time. Ada pula laporan untuk CPU, RAM, HDD, SSD, baterai, dll. HWiNFO memungkinkan kamu untuk melakukan pemantauan jarak jauh dari data sensor lho.