Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Aplikasi Populer iPhone dan Android Ada di Windows Phone

Anom Penulis

Beberapa waktu lalu, saya sempat membaca di Reddit kalau aplikasi populer teratas di App Store iOS ternyata juga ada di Windows Phone. Iseng-iseng, saya pun melihatnya. Ternyata benar. Dasar selo, saya juga iseng main ke Google PlayStore. Eh, ternyata tidak jauh beda. Ada juga.

Lalu maksudnya apa ada artikel ini? Nggak sih. Bukan apa-apa. Saya mau bergosip saja. Mencoba merasakan sikap ibu-ibu di kompleks yang lagi arisan. 😀

popculture.id

Salah satu hal yang sering disebut saat berbincang masalah market share Windows Phone adalah app gap. Bahwa jumlah aplikasi resmi di Windows Phone masih jauh dibandingkan di platform tetangga. Itu ditengarai menjadi salah satu penyebab masih kecilnya market share Windows Phone.

Salah satu contoh paling jelas adalah aplikasi SnapChat. Salah satu aplikasi paling populer ini belum punya versi Windows Phone secara resmi. Bisa dibaca di berbagai forum atau blog, disebutkan kalau SnapChat kurang berminat. Repotnya, mereka juga sedang getol menyikat semua aplikasi pihak ketiga di semua platform, bahkan sampai penggunanya. 6snap buatan Rudy Huyn adalah salah satu yang kemudian ditarik dari bursa.

Tapi kalau mau membahas soal aplikasi, market share, active user, dll… duh, bisa panjang dan tak berkesudahan. Kita kembali ke gosip aplikasi teratas saja.

Nah, di iTunes Chart, aplikasi gratis teratas adalah Trivia Crack. Diikuti oleh Facebook Messenger, Facebook, Instagram, dan YouTube. Silakan lihat dari link yang terdapat di masing-masing nama aplikasi tersebut. Maka versi Windows Phone dari aplikasi tersebut bisa terlihat.

Memang, ada catatan kecil untuk Instagram dan YouTube. Aplikasi Instagram Windows Phone masih memiliki embel-embel BETA, dan tertinggal cukup jauh untuk fiturnya dari aplikasi di platform tetangga. Sejauh ini belum ada gosip lain soal update-nya. Di sisi lain, ada 6tag buatan Rudy Huyn yang tidak kalah hebat dari aplikasi resmi Instagram.

Untuk YouTube, hehehe… Ini kayaknya sudah nggak perlu dibahas. Gunakan saja aplikasi pihak ketiganya. Windows Phone punya aplikasi yang hebat kok. Ada MetroTube, MyTube, dan TubeCast. Selain ketiga nama itu juga masih ada beberapa nama lain. Silakan pilih sendiri mana yang sesuai dengan cita rasa kalian.

Kalau di Google PlayStore, ahaaa… The Great BBM ada di nomer satu. Seperti di iTunes Chart, kemudian diikuti oleh Messenger dan Facebook. Baru ada APUS Launcher, dan UC Browser. Selain APUS Launcher, semua juga sudah ada di bursa Windows Phone.

Oya, saya sengaja melihatnya di masing-masing lapak aplikasi dengan bahasa Inggris. Tepatnya aplikasi populer yang gratis. Ya, biar sama. Di bursa Windows Phone sendiri posisi teratas untuk aplikasi gratis adalah OneDrive. Posisi kedua dan ketiga sama dengan lapak tetangga.

Sedikit kembali ke masalah beda jumlah aplikasi, sering kita mendengar bahwa aplikasi utama atau populer sudah ada di Windows Phone. Namun, untuk region tertentu, aplikasi lokal-lah yang berbicara. Terutama yang berhubungan dengan layanan yang ada di negara tersebut, seperti bank, kurir, belanja, dll. Contoh yang sudah ada untuk aplikasi perbankan adalah BCA, Mandiri, dan BRI. Pertanyaannya, apakah aplikasi lain sejenis sudah tersedia?

Ah, tapi pertanyaan itu akan membawa kita kembali pada perdebatan soal (investasi) pembuatan aplikasi. Apakah penggunanya sudah banyak atau belum. Bisa juga sebenarnya penggunanya sudah banyak, tapi pihak layanan tersebut tidak mengetahuinya. Banyak yang bilang, kalau belum ada, coba minta dengan sopan. Kalau mereka tahu penggunanya banyak, tentunya pembuatan aplikasi bisa terjadi.

Bagaimana tahun 2015? Apakah beda aplikasi resmi akan semakin sempit? Mungkin harus menunggu sampai Windows 10 stabil dulu baru bisa mendapat jawabannya.

Yah, saya mau main Trivia Crack dulu. Barusan ada notifikasi dari penantang. BTW, jangan serius-serius bacanya, kesehatanmu lho… 😀

XOXO

Penulis
  1. Enggaklah ms, koyok ngene wae mempeng men (baca: serius bgt). Dipikir karo Goyang itik…

  2. Klo saya sih sebenarnya gak mempermasalahkan Banyak/Sedikitnya aplikasi tapi yg lebih penting yaitu Kualitas dr aplikasi itu sendiri yg usefull. Buat apa banyak klo cuma “nyampah” ???

    #dipikir karo goyang itik

  3. App gap?
    selama pake Windows Phone 8 keluaran pertama yaitu 820 masih nyaman2 saja, terus tambah lagi 930 ya masih nyaman2 saja, yang bikin gap itu kemarin cuma karena BBM belum hadir di Windows Phone. tergantung user itu sendiri aktivitasnya apa? kalo pekerja kayak saya susah banget mainin smartphone padahal banyak game + aplikasi yang di install tp jarang banget cuma di pake telponan sama BBM & Whatsapp, tapi kalo jumlah aplikasi & game udah hampir sama dengan App Store & Play Store ya gak ada salahnya kan?
    pake Windows phone 8 itu nyaman, stabil dan jadi ngikutin perkembangannya sampe sekarang. *Maaf jd ikutan curhat arisan ibu2

  4. menurut gw sendiri, mendingan aplikasi2 yg ada di wp bis tertata rapi dan berkualitas. kan sayang, banyak aplikasi percuma kalau aplikasinya “ngehe” semua. memang aplikasi andro dan ios, sebagian besar ada di wp, tapi banyak yg ketinggalan ketimbang os tetangga. wp seperti di-anaktiri-kan oleh para developers

  5. menurut gue sih.. yg paling oke aplikasi backup di WP.sayang nya msh scra online..coba bisa backup ke SD card… wlu gonta ganti lumia aplikasi dalem nya ttp sama…

  6. Ohh, Microsoft kapan Cortana nya sambangi indonesia. Dulu katanya cortana akan hadir tp mana?? Yang ada cuma versi english itu jg mesti ubah region jd nya repooottt, padahal app cortana itu yg saat yg ditunggu, bukan bbm (mungkin ke susahan kale ya) buat app cortana indonesia kan kita byk ragam bahasa..haha..

  7. Findship (update lokasi kapal) yg ditunggu akhirnya muncul di WePe sayang beribu kali sayang tampilannya msh kurang dibanding tampilan di OS favoritnya para cabe2an (robot lumutan), btw is enough for me…

  8. Alhamdulillah-nya, semua aplikasi yg gw perluin udah ada di store. Ga perlu games, soalnya ga begitu suka dipermainkan (#eh), aplikasi chat juga udah cukup WA & Line. Banking pun udah ada BCA dan BRI. Maka nikmat Tuhan yg mana lagi yg kamu dustakan? :v

  9. salah tempat mas, minta ke developer sana, 2015 masih aja komen beginian

  10. sorry gan oot. kalo paket internet pake xl biasanya pake paket apa?
    saya pake yg unlimitead kok lemot banget, pdahal sya di jkrta. share dong pengalamannya!

  11. Akun Snapchat ane di locked gara gara pake aplikasi pihak ketiga….

    Ada yang ngalamin juga?

  12. klo ane pake paket super ngebut gan..
    ada yg 30 rb n 55 rb..
    biasa ane pake yg 55 rb..
    ngacir gan internet na d jakarta l920..

  13. caranya *123*2*7# nanti ada pilihannya, yg 30rb kuota 5GB 00-12 wib 500MB 12-00 wib, yg 55rb kuota 11GB 00-12 wib 1GB 12-00 wib

  14. selama pake Windows, cuma game COC aja yang gak ada. makanya aku masih pake moto G sebagai hp ke 2.

  15. Tiru-meniru itu biasa di dunia teknologi. Windows Phone juga banyak meniru kok. Contohnya windows notification yang mirip Android, Gesture yang mirip Samsung, Live Folder juga mirip Android, dan lain-lain. Nanti di WP10 pasti semakin banyak yang mirip Android.

  16. kpan gan ad artikel cortana mau masuk indo gan,,,kyaknya lm ad gan,,,tpi g tau jg denk…

  17. iya gua juga ngalamin kok, itu klo nerima snap dri org jadi gak bsa, dan always error -__-, jdi prcuma aja mnding di uninstall

  18. pengguna lumia 520 ada masalah ga pada aplikasi bekas BBM.. ?? masak pin ganti sendiri

  19. hhhh,,,,g tau ternyata nie orang,,,,
    microsoft g niru,,,,android yg make teknologi microsoft,…bayar jg kgak,.,,maling tu,,,

  20. Masyaallah ….benar2x terlalu..sangat betul sekali tuuuh. Pengguna WP abal2x kali ya

  21. ane pake tablet advan gan. hahaha ga bisa ninggalin wp. walaupun kesel kalo mau masuk bbm lama banget -_-

  22. bener banget. cm kurang dapat perhatian untuk perbaikan di WP. masih banyak bug di aplikasi2 populer tersebut.

  23. kuantitas nomor dua, yang penting kualitas dari app yg tersedia, di market tetangga bnyk app yg ga terlalu berguna koq.

    o iya, saya lbh suka pakai aplikasi 6tag ketimbang instagram official.

  24. setujulah .. cortana versi indonesia, lebih keren drpd bbm, bbm lelet … mending WA atau telegram

  25. maaf, sejak dua hari-an ini, kok L720 saya ndak bisa dowmload aplikasi dari store ya?

  26. Yang jelas ane mupeng beetalk…..dan game tembak2an petualangan layaknya DUKE NUKEM favorite….klo yg ni 50rebu ane beli….dasar EA game tuh….pdahal ane dah quote ke pengembang game ori nya dan ke mikocok via email…eh…mlah yg muncul versi 1/2D huft…..

Yuk komen

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    %d blogger menyukai ini: