Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Aplikasi Populer iPhone dan Android Ada di Windows Phone

Anom Penulis

Beberapa waktu lalu, saya sempat membaca di Reddit kalau aplikasi populer teratas di App Store iOS ternyata juga ada di Windows Phone. Iseng-iseng, saya pun melihatnya. Ternyata benar. Dasar selo, saya juga iseng main ke Google PlayStore. Eh, ternyata tidak jauh beda. Ada juga.

Lalu maksudnya apa ada artikel ini? Nggak sih. Bukan apa-apa. Saya mau bergosip saja. Mencoba merasakan sikap ibu-ibu di kompleks yang lagi arisan. 😀

Salah satu hal yang sering disebut saat berbincang masalah market share Windows Phone adalah app gap. Bahwa jumlah aplikasi resmi di Windows Phone masih jauh dibandingkan di platform tetangga. Itu ditengarai menjadi salah satu penyebab masih kecilnya market share Windows Phone.

Salah satu contoh paling jelas adalah aplikasi SnapChat. Salah satu aplikasi paling populer ini belum punya versi Windows Phone secara resmi. Bisa dibaca di berbagai forum atau blog, disebutkan kalau SnapChat kurang berminat. Repotnya, mereka juga sedang getol menyikat semua aplikasi pihak ketiga di semua platform, bahkan sampai penggunanya. 6snap buatan Rudy Huyn adalah salah satu yang kemudian ditarik dari bursa.

Tapi kalau mau membahas soal aplikasi, market share, active user, dll… duh, bisa panjang dan tak berkesudahan. Kita kembali ke gosip aplikasi teratas saja.

Nah, di iTunes Chart, aplikasi gratis teratas adalah Trivia Crack. Diikuti oleh Facebook Messenger, Facebook, Instagram, dan YouTube. Silakan lihat dari link yang terdapat di masing-masing nama aplikasi tersebut. Maka versi Windows Phone dari aplikasi tersebut bisa terlihat.

Memang, ada catatan kecil untuk Instagram dan YouTube. Aplikasi Instagram Windows Phone masih memiliki embel-embel BETA, dan tertinggal cukup jauh untuk fiturnya dari aplikasi di platform tetangga. Sejauh ini belum ada gosip lain soal update-nya. Di sisi lain, ada 6tag buatan Rudy Huyn yang tidak kalah hebat dari aplikasi resmi Instagram.

Untuk YouTube, hehehe… Ini kayaknya sudah nggak perlu dibahas. Gunakan saja aplikasi pihak ketiganya. Windows Phone punya aplikasi yang hebat kok. Ada MetroTube, MyTube, dan TubeCast. Selain ketiga nama itu juga masih ada beberapa nama lain. Silakan pilih sendiri mana yang sesuai dengan cita rasa kalian.

Kalau di Google PlayStore, ahaaa… The Great BBM ada di nomer satu. Seperti di iTunes Chart, kemudian diikuti oleh Messenger dan Facebook. Baru ada APUS Launcher, dan UC Browser. Selain APUS Launcher, semua juga sudah ada di bursa Windows Phone.

Oya, saya sengaja melihatnya di masing-masing lapak aplikasi dengan bahasa Inggris. Tepatnya aplikasi populer yang gratis. Ya, biar sama. Di bursa Windows Phone sendiri posisi teratas untuk aplikasi gratis adalah OneDrive. Posisi kedua dan ketiga sama dengan lapak tetangga.

Sedikit kembali ke masalah beda jumlah aplikasi, sering kita mendengar bahwa aplikasi utama atau populer sudah ada di Windows Phone. Namun, untuk region tertentu, aplikasi lokal-lah yang berbicara. Terutama yang berhubungan dengan layanan yang ada di negara tersebut, seperti bank, kurir, belanja, dll. Contoh yang sudah ada untuk aplikasi perbankan adalah BCA, Mandiri, dan BRI. Pertanyaannya, apakah aplikasi lain sejenis sudah tersedia?

Ah, tapi pertanyaan itu akan membawa kita kembali pada perdebatan soal (investasi) pembuatan aplikasi. Apakah penggunanya sudah banyak atau belum. Bisa juga sebenarnya penggunanya sudah banyak, tapi pihak layanan tersebut tidak mengetahuinya. Banyak yang bilang, kalau belum ada, coba minta dengan sopan. Kalau mereka tahu penggunanya banyak, tentunya pembuatan aplikasi bisa terjadi.

Bagaimana tahun 2015? Apakah beda aplikasi resmi akan semakin sempit? Mungkin harus menunggu sampai Windows 10 stabil dulu baru bisa mendapat jawabannya.

Yah, saya mau main Trivia Crack dulu. Barusan ada notifikasi dari penantang. BTW, jangan serius-serius bacanya, kesehatanmu lho… 😀

XOXO