4 Aplikasi Prototype Gratis Terbaik Untuk Proses Desain Lebih Mudah

Desain UI/UX tanpa coding!

aplikasi prototype
Anom Penulis

Kamu tertarik menjadi desainer UI/UX untuk website atau aplikasi? Kalau iya, kamu layak mencoba aplikasi prototype gratis ini, sehingga proses desain yang kamu lakukan berjalan lebih mudah.

Merancang website atau aplikasi memiliki tantangan tersendiri. Misalnya menjaga agar semua elemen desain konsisten, bisa melihat hubungan antar halaman, juga interaksi pengguna. Tantangan ini akan sulit diselesaikan dengan aplikasi desain “biasa” seperti Photoshop atau Illustrator.

Untungnya, saat ini sudah ada aplikasi desain khusus untuk merancang UI/UX. Sehingga kamu tidak perlu membuat proses interaksi yang rumit itu. Jadi, kamu bisa membuat desain tampilan aplikasi dan mencobanya, bahkan tanpa coding.

Nah, mari kita lihat aplikasi prototype gratis apa saja yang pantas kamu coba.

Figma

Figma adalah aplikasi untuk desain tampilan antarmuka yang paling populer. Tidak heran, fitur Figma memang menarik. Mulai dari membuat konsep sampai menjadi prototype bisa kamu lakukan. Bahkan Figma juga mendukung kerja kolaborasi.

aplikasi prototype figma

Aplikasi Figma tersedia secara online, sehingga kamu bisa mengerjakan proyek di mana saja dan kapan saja tanpa proses install. Aplikasi ini juga bisa kamu pakai gratis dengan batasan tertentu. Jika ingin, kamu bisa memakai versi komersial dengan harga langganan mulai $12/bulan.

Justinmind

Justinmind merupakan aplikasi desain UI/UX yang tidak kalah menarik. Aplikasi ini menyediakan peralatan desain lengkap, termasuk target perangkat yang kamu inginkan. Desain aplikasi iPhone atau Android maupun website mudah kamu lakukan.

aplikasi protorype justinmind

Aplikasi ini bisa kamu pakai secara online di situs web maupun kamu download. Justinmind juga punya aplikasi untuk Android dan iPhone agar kamu bisa melihat simulasi prototype secara langsung. Aplikasi ini bisa kamu pakai secara gratis dan tersedia pula versi komersialnya (mulai $9/bulan).

InVision

InVision juga merupakan aplikasi yang banyak dipakai untuk membuat desain UI/UX. Kamu bisa merancang tampilan untuk berbagai perangkat, lengkap dengan interaksi dan transisi aplikasi. Mendapat umpan balik untuk hasil desainmu pun bukan masalah.

InVision sebenarnya memiliki beberapa produk. Selain untuk membuat prototype, adapula aplikasi InVision Studio untuk Windows dan Mac. Kamu bisa memakai aplikasi ini secara gratis dengan batasan tertentu, dan bisa upgrade ke versi Pro (mulai dari $8/bulan) bila membutuhkannya.

Marvel

Bukan, aplikasi ini bukan dari perusahaan komik dan tayangan superhero terkenal itu. Sama seperti aplikasi sebelumnya, dengan Marvel kamu bisa merancang tampilan antarmuka secara dinamis, tanpa code. Kamu juga bisa berkolaborasi dan mempresentasikan hasil desain dengan mudah.

aplikasi marvel

Aplikasi Marvel bisa kamu pakai secara gratis untuk 1 orang, 1 proyek, dan 1 tes pengguna. Kalau ingin lebih, kamu bisa berlangganan dengan harga mulai Rp110.000/bulan. Marvel juga memiliki aplikasi untuk Android dan iPhone.

Itulah beberapa aplikasi prototype gratis yang layak kamu coba. Silakan pilih yang paling sesuai dengan proses kreatifmu dan mulailah berkarya.

Selamat mencoba!

    %d blogger menyukai ini: