5 Rekomendasi Aplikasi Rename File PC

Sumber Gambar: Sodagar Komputer

Mengganti nama file dalam sebuah komputer memang mudah. Namun bila file yang harus diganti nama berjumlah banyak, hal tersebut tentu menjadi sangat merepotkan.

Terkadang ketika pengguna komputer browsing di internet, mereka akan menemukan beberapa file seperti dokumen dan gambar yang harus diganti namanya.

Agar proses rename semakin mudah, berikut telah kami rangkum beberapa aplikasi penggantian nama file untuk kalian. Beberapa aplikasi rename file tersebut antara lain:

Bulk Rename Utility

Sumber Gambar : Litigation Support Guru

Ini merupakan aplikasi pengganti nama yang sangat mudah digunakan. Bulk Rename Utility mempunyai tampilan yang bagus. Selain itu, aplikasi ini sangat sederhana dan fungsional.

Bulk Rename Utility dapat menambah tanggal otomatis pada nama file. Aplikasi ini juga mampu menambah awalan atau akhiran (prefix dan suffix).

Aplikasi Bulk Rename Utility juga dapat memindai atau menyalin file ke lokasi lain, mendukung tag EFIX, mendukung tag ID3 v1, serta menyediakan file yang bisa dikustom.

Bulk Rename Utility telah mempunyai lisensi gratis, baik itu untuk penggunaan pribadi maupun kepentingan pendidikan.

Download

Advanced Renamer

Sumber Gambar : Advanced Renamer

Software ini mempunyai tampilan yang cukup menarik, ditambah beberapa metode penggantian nama beberapa file maupun folder.

Selain itu, Advanced Renamer mempunyai pratinjau gambar dan file bantuan yang bagus. Aplikasi ini juga mendukung daftar perubahan file.

Selain mudah digunakan, Advanced Renamer telah menyediakan lisensi gratis bagi pengguna. Itulah mengapa aplikasi ini banyak dipilih orang untuk mengganti nama file. Sayangnya Advanced Renamer hanya mendukung sedikit tag EXIF dan ID3.

Download

BACA JUGA
5 Tips Andalan Agar Komputermu Terhindar dari Serangan Virus Menyeramkan

Metamorphose 2

Sumber Gambar : YouTube

Aplikasi Metamorphose 2 sangat bagus untuk mengganti nama file. Namun banyak pengguna yang menganggap jika aplikasi ini lebih rumit, dibanding aplikasi renamer lainnya.

Walaupun begitu, fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini memang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Metamorphose 2 bisa mengganti nama file dan folder secara bersamaan, membatalkan operasi apapun, serta dapat membaca metadata seperti tag EXIF dan ID3.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga mempunyai kemampuan untuk mengubah nama panjang, serta mengubah hurul kapital dengan beberapa metode. Uniknya, Metamorphose 2 telah mempunyai dukungan multibahasa dan platform yang bagus.

Download

Rename Master

Sumber Gambar : Softpedia

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengubah nama dokumen, gambar maupun file lain secara efektif.

Rename Master mendukung EXIF, ID3 tag, scripting, serta ekspresi reguler. Selain itu, aplikasi ini dapat melakukan penomoran angka secara otomatis.

Rename Master juga dapat melakukan pratinjau otomatis. Hal ini akan memudahkan pengguna, pada saat mereka ingin melihat hasil perubahan nama.

Terdapat pula opsi untuk mengganti nama dengan menggunakan scan subfolder. Aplikasi didukung dengan nama file Unicode, dan pengguna tidak perlu melakukan instalasi untuk menggunakannya.

Download

File Renamer Basic

Sumber Gambar : YouTube

Aplikasi bisa digunakan untuk mengganti nama beberapa file maupun folder. Didesain dengan tampilan yang memukau, menjadikan pengguna tidak bosan saat menggunakannya.

File Renamer Basic mendukung ekspresi reguler, EXIF, ID3 v1 dan ID3 v2. Selain itu, aplikasi ini bisa menyimpan profil maupun tugas yang diulang, mengganti nama daftar dan juga mengedit tag.

Terdapat fitur Help yang akan membantu pengguna saat mencoba aplikasi ini. Pengguna juga dimanjakan dengan lisensi gratis dari aplikasi. Namun karena lisensi gratis, maka fitur di dalamnya juga terbatas.

Yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah, tidak adanya fitur Sub Folder, Undo dan Log. Selain itu pada versi gratis, tidak ada pula informasi penggunaan ekspresi reguler.

Download

Ada komentar?