Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rekomendasi Aplikasi Olahraga Senam Terbaik untuk Ibu Hamil

Indri Penulis

Siapa bilang ibu hamil nggak boleh senam? Cobain aplikasi senam untuk ibu hamil berikut ini yuk, biar Bunda tetap sehat dan bugar selama hamil.

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa wanita hamil ‘tidak boleh kecapekan.’ Dengan mindset seperti itu, ada sebagian ibu hamil yang justru malah sangat jarang beraktivitas. Bahkan untuk olahraga pun ada yang tidak pernah.

Di sisi lain, ada juga sebagian ibu hamil yang mau olahraga tapi merasa bingung. Ada yang bertanya-tanya, sebenarnya senam hamil boleh dilakukan di usia kehamilan berapa? Dilansir dari Halodoc, olahraga ibu hamil sebaiknya dilakukan setelah trimester pertama yakni saat menginjak usia 12 minggu atau 3 bulan.

Bolehkah senam hamil setiap hari? Ternyata hal ini kurang pas. Masih dari Halodoc, senam hamil sebaiknya dilakukan selama 30 menit setiap 3 kali seminggu. Dengan begitu tenaga Bunda tidak akan terlalu terkuras, dan janin dalam kandungan tetap aman.

Lalu apa saja gerakan senam ibu hamil? Bunda tenang saja. Dalam ulasan ini saya akan memberikan rekomendasi aplikasi olahraga senam untuk ibu hamil. Aplikasi-aplikasi ini akan memberi Bunda panduan tentang bagaimana cara senam hamil sendiri di rumah. Yuk langsung saja!

Kegel Trainer

Sesuai namanya, Kegel Trainer adalah aplikasi yang akan memberikan materi senam ibu hamil. Kegel Trainer menyajikan berbagai gerakan senam kegel ibu hamil agar nanti mudah melahirkan.

Dengan sesi yang mudah diikuti dan pengingat harian, Kegel Trainer adalah cara senam yang bagus untuk memperkuat otot dasar panggul ibu hamil.

Kegel Trainer menyajikan beberapa sesi pelatihan mulai dari 30 detik sampai 3 menit. Jenis dan sesi latihan bisa disesuaikan dengan selera Bunda. Latihan juga bakal tambah asik karena aplikasi ini dibekali isyarat visual, audio atau getaran untuk memandu latihan.

Tone It Up: Workout & Fitness

Aktivitas olahraga jelas akan berbeda jika tubuh sudah mulai mengandung. Kalau sebelum mengandung aktivitas olahraga bisa dilakukan setiap hari, maka setelah badan berisi aktivitas olahraga mau tidak mau harus dikurangi intensitasnya.

Tone It Up akan membantu Bunda memanagemen waktu olahraga agar pas. Aplikasi ini menyajikan video latihan dari pelatihan kebugaran khusus ibu hamil. Menariknya aplikasi ini juga turut menyajikan panduan nutrisi, pelajak kebugaran dan juga motivasi latihan.

Prenatal Yoga | Down Dog

Mau tau gerakan senam yoga untuk ibu hamil? Berarti kamu perlu coba Prenatal Yoga | Down Dog. Prenatal Yoga | Down Dog memiliki rutinitas khusus untuk setiap trimester kehamilan. Jadi aplikasi ini akan menampilkan gambar senam yang disesuikan dengan berapa bulan usia kehamilan Bunda.

Prenatal Yoga | Down Dog juga menyajikan berbagai gerakan yoga khusus untuk meregangkan punggung bawah (cocok untuk meringankan pegal). Ada juga latihan khusus untuk memperkuat dasar panggul dan otot bagian bawah untuk melahirkan.

Pregnancy Exercise and Workout and Home

Pregnancy Exercise and Workout and Home menyajikan berbagai jenis workout khusus ibu hamil. Gerakan workout yang disajikan diklaim bisa menjaga kesehatan ibu hamil, dan menjaga kandungan agar kuat selama tahap kehamilan.

Aplikasi ini menampilkan berbagai animasi cantik, gambar serta deskripsi latihan yang seru. Dengan visual yang cantik, setiap gerakan latihan akan mudah diikuti.

Oke, itu dia beberapa rekomendasi aplikasi olahraga senam yang cocok untuk ibu hamil. Selain aplikasi di atas, Bunda juga bisa coba beberapa aplikasi kehamilan yang pernah saya rekomendasikan. Aplikasi-aplikasi tersebut akan membantu Bunda memantau kehamilan, memilih jenis makanan yang nutrisinya sesuai dengan ibu hamil, dll.