Aplikasi SMS Bisa Seperti WhatsApp. Tapi Siapa Yang Pakai?

aplikasi sms google message

Sudah lama handphone hadir di kehidupan kita. Tapi fungsi aplikasi SMS atau aplikasi Pesan semakin tergusur oleh aplikasi chatting seperti WhatsApp. Apakah SMS tidak akan berubah?

Permasalahan yang membuat orang lebih memilih aplikasi seperti WhatsApp adalah biaya dan fitur. Untuk berbalas SMS biayanya bisa lebih tinggi dari berbalas pesan di WhatsApp (di negara tertentu, termasuk Indonesia). Selain itu, aplikasi chatting juga punya fitur lebih lengkap.

Sebagai contoh, kita bisa mengirim berbagai pesan media, seperti foto, suara, dan video di WhatsApp. Selain itu kita juga bisa mengirim lokasi lewat WhatsApp atau dokumen lain. Tapi pernahkah kamu cek aplikasi Pesan?

Oke, bolehlah kita cuek dengan aplikasi SMS. Tapi masak sih tidak ada perkembangan berarti di teknologi pesan ini? Yah, terutama di Android. iOS dengan iMessage kelihatannya sudah lebih maju sedikit. Mari kita lihat.

Teknologi RCS Menggantikan SMS

google jibe rcs

Ternyata teknologi yang membuat SMS seperti WhatsApp sudah ada. Istilahnya RCS (Rich Communication Service). Pengembangan teknologi ini berada di bawah GSMA (Asosiasi GSM).

Pada tahun 2007 teknologi ini mulai berkembang dan pada tahun 2008 resmi mendapat pengawasan dari GSMA (Asosiasi GSM dunia). Pada tahun 2016, RCS resmi memiliki universal profile. Profil ini terhubung dengan provider, manufaktur handphone, dan akun di sistem operasi (Google dan Microsoft).

ilustrasi RCS aplikasi sms

Sebagai langkah lanjut dari SMS, RCS juga mendukung standar pesan seperti aplikasi chatting. Fitur itu meliputi: Teks biasa, percakapan grup, mengirim pesan suara, transfer berkas, informasi media sosial, IP voice call, video call, dan berbagi lokasi.

Singkat kata, seperti WhatsApp. Tapi apakah pengguna Android sudah bisa menikmatinya?

Perkembangan Aplikasi Pesan Android

Pada tahun 2015, Google membeli perusahaan layanan RCS Jibe. Lalu pada tahun 2017, Google mengumumkan kalau sistem RCS Google Jibe sudah mendukung lebih dari 27 provider dan 11 manufaktur (OEM) di dunia. Saat ini aplikasi Pesan Android (Android Message) sudah mendukung teknologi ini.

Kalau kamu buka aplikasi SMS alias aplikasi Pesan, kamu bisa melihat tombol +. Di sana terdapat banyak fitur seperti di WhatsApp. Mungkin tidak semua merk menggunakan aplikasi Pesan Google, tapi teknologi itu tetap ada.

aplikasi pesan android

Sebagai contoh, Samsung memilih mengembangkan layanan RCS sendiri. Samsung sudah mengumumkannya pada tahun 2017. Huawei, di sisi lain, memilih bekerja sama dengan Google. Huawei mengumumkan kalau aplikasi Pesan Android akan dipakai di jajaran handphone-nya.

Begitu pun dari sisi provider. Saat ini sudah ada lebih dari 47 provider. Yang menarik, provider Indonesia pun sudah mendukungnya. Daftar lengkapnya memang harus diunduh dari GSMA. Tapi kalau kamu lihat halaman Wikipedia soal RCS, kamu bisa melihat nama seperti Axiata, Indosat Ooredoo, dan Telkomsel.

Masih Belum Kompetitif

Oke, berarti dari sisi fitur sudah bisa kita anggap seimbang. Tapi pada kenyataannya, tetap saja lebih banyak yang menggunakan aplikasi chatting lain.

Sejauh yang saya alami, proses pengiriman pesan multimedia memang masih belum senyaman aplikasi chatting. Ya, penampilan aplikasi Pesan sih keren. Namun kalau kamu lihat (di gambar), mengirim stiker animasi GIF masih “terhitung” MMS. Kalau saya tidak salah memperhatikan — saya melakukan cek dengan aplikasi dari provider — harga pengiriman pun masih lumayan.

Akhirnya memang kembali ke masalah duit. Mana yang lebih murah. Kalau kamu membeli paket yang punya bonus SMS/MMS, tentu bisa dengan mudah menggunakannya. Kalau tidak, biayanya cukup lumayan.

Kelihatannya, walau sudah mendapat perkembangan yang signifikan, aplikasi SMS (yah, akhirnya tetap memakai istilah ini) harus mengaku kalah pada aplikasi chatting lain. Paling tidak saat ini. Google sendiri mulai mengintegrasikan aplikasi Pesan dengan aplikasi lain seperti Google Duo untuk video call. Jadi kita lihat saja perkembangan selanjutnya bagaimana.

%d blogger menyukai ini: