Aplikasi Speed Test nPerf Menyajikan Informasi Lengkap

speed test nperf

Bicara soal speed test, aplikasi yang paling dikenal adalah buatan Ookla. Namun aplikasi speed test nPerf tidak kalah hebat. Aplikasi ini menyediakan lebih dari sekedar piranti untuk cek koneksi saja.

Malah, speed test sebenarnya hanya merupakan salah satu tes saja. nPerf menyajikan full test yang meliputi: Speed test (bitrate speed dan latency), browsing test, dan streaming test. Selain itu, nPerf juga menyediakan tool untuk melihat peta jangkauan dan kecepatan koneksi dari provider yang tersedia.

Aplikasi ini mendukung tes untuk berbagai koneksi, baik data seluler maupun Wimax, WiFi, dan Ethernet. nPerf juga mampu melakukan tes untuk koneksi sampai 1 GB/s.


BACA: Mengenal Lebih Jauh Soal Speed Test Internet


tampilan aplikasi speed test nperf

Speed test dilakukan seperti biasanya. Untuk browsing test, nPerf akan membuka beberapa website seperti Google, Facebook, Yahoo, dan Kaskus. Sedangkan untuk streaming test, nPerf akan memainkan video dengan kualitas 240p, 360p, dan 720p.

Yang menarik adalah melihat peta jangkauan dan kualitas kecepatan koneksi provider. Di sini kita bisa melihat apakah koneksi di tempat kita berada itu 2G, 3G, 4G, atau malah lebih. Ada daftar provider yang terlacak dan bisa dipilih di aplikasi ini. Kita juga bisa membandingkan skor hasil tes kita dengan tes provider lain pada umumnya.

coverage area ISP nperf


BACA: 4 Aplikasi Speed Test Terbaik untuk Android


Sejauh yang saya coba, hasil tes kelihatannya cukup akurat. Aplikasinya juga berjalan lancar dan mudah digunakan. Yang jelas, informasinya yang banyak sangat membantu, terutama kalau kalian sering menggunakan internet.

Aplikasi speed test nPerf tersedia untuk berbagai platform; iOS, Android, Windows 10 Mobile dan Windows Phone 8.1. Aplikasi ini juga tersedia untuk browser. Semuanya bisa digunakan secara gratis.

Kembali lagi, pada umumnya orang menggunakan layanan Ookla sebagai aplikasi speed test. Toh, tidak ada salahnya mencoba aplikasi atau layanan lain sebagai perbandingan. Dengan begitu, kita bisa melihat bagaimana kualitas kecepatan koneksi kita secara lebih menyeluruh. Bukankah begitu, bukan?

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

DOWNLOAD UNTUK WINDOWS

KUNJUNGI SITUS RESMI

Ada komentar?