Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Aplikasi Streaming Quibi: Informasi Yang Perlu Kamu Tahu

aplikasi quibi
Anom Penulis

Layanan streaming film Quibi berusaha menawarkan jenis tayangan baru melalui aplikasi di perangkat yang kita pegang sehari-hari, yaitu smartphone. Seperti apa aplikasi Quibi ini?

Quibi dibuat oleh Jeffrey Katzenberg. Ia adalah seorang produser ternama yang sudah menghasilkan berbagai film populer. Film-film yang ia produksi di antaranya adalah The Little Mermaid dan Beauty and the Beast. Selain itu ia juga menjadi ujung tombak DreamWorks Animation.

popculture.id

Menarik bukan? Nah, mari kita lihat lebih jauh.

Apa itu Quibi?

Quibi merupakan aplikasi streaming di smartphone dengan sistem berlangganan (seperti Netflix). Namanya berasal dari kata “Quick” dan “Bites”, yang mewakili karakteristik tontonan di dalam aplikasi.

Apa beda Quibi dengan layanan streaming lain?

Tiap film di Quibi rata-rata memiliki total durasi sekitar 2-2.5 jam, namun hadir dalam beberapa edisode video pendek yang berdurasi sekitar 7-10 menit. Jadi seperti mini seri. Namun tidak menutup kemungkinan ada sekuel untuk film bersangkutan, atau hadirnya sistem musim (season) seperti serial.

Lalu, fitur khas dari Quibi adalah format tayangannya. Film di aplikasi ini bisa kamu tonton baik dalam format vertikal atau horizontal. Fokus tayangan tetap akan hadir di depan mata. Quibi menyebut fitur ini dengannama “turnstyle“.

nonton film quibi vertikal horizontal
fitur “turnstyle”

Lalu, Quibi juga merencanakan konten yang lebih bersifat interaktif, seperti Bandersnatch di Netflix. Salah satu film yang sedang direncanakan adalah film horor dari Steven Spielberg yang hanya bisa ditonton waktu malam menyesuaikan wilayah penonton.

Apa saja jenis tontonan di Quibi?

Quibi berencana menghadirkan berbagai genre tontonan baik yang berdasar skenario atau tidak, seperti: Drama, komedi, reality show, dokumenter, berita, dll.

Saat ini, tayangan di Quibi terbagi dalam 3 kategori besar, yaitu: Film dengan skenario (scripted) yang bisa disebut sebagai “film yang hadir dalam bab-bab”, tanpa skenario (unscripted, seperti reality show, dokumenter, dll), dan tayangan yang disebut “Daily Essentials” yang berupa video pendek tentang berita atau gaya hidup.

Ketersediaan, Harga, dan Langganan Quibi

Sayangnya, saat artikel ini ditulis, aplikasi Quibi belum tersedia untuk wilayah Indonesia, baik untuk Android (Play Store) maupun untuk iOS (App Store). Kalau kamu pengguna Android, kamu bisa coba memasang dengan APK tersebut melalui bursa aplikasi selain Play Store.

quibi belum tersedia
aplikasi belum tersedia

Karena saya memakai Android, saya coba install Quibi dengan APK dan berhasil. Di dalam, terdapat informasi harga langganan Quibi, yaitu Rp129.505,65/bulan ($7.99/month). Tersedia masa uji coba gratis selama 90 hari setelah mendaftar, setelah itu baru ada biaya berlangganan.

Pembayaran dilakukan melalui Play Store. Jadi metode pembayaran juga mengikuti yang tersedia di Play Store. Saat ini, metode pembayaran melalui pulsa (provide) belum tersedia.

harga langganan quibi indonesiaItulah beberapa informasi mengenai aplikasi dan layanan streaming Quibi. Artikel ini akan kami perbarui apabila terdapat informasi yang lebih baru.

    %d blogger menyukai ini: